Sabtu, 25 Oktober 2014
Membina Aqidah dan Akhlak Anak Sejak Dini PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Haluan   
Minggu, 05 Juni 2011 02:01

TK USWATUN HASANAH PADANG

Suasana ceria sangat terasa, ketika Haluan memasuki halaman TK Uswatun Hasanah 2. Ya.. saat itu murid TK yang berlokasi di Komplek Tarok Indah Permai 1 Blok D.10 Kec. Kuranji Padang, sedang belajar bahasa Inggris. Mereka terlihat bersemangat dengan pelajaran tersebut. Bermain dengan abjad-abjad yang di eja dengan bahasa Inggris, anak-anak tersebut begitu senang.

TK Uswatun Hasanah 2 merupakan cabang dari TK Inti, yakni TK Uswatun Hasanah 1, yang berlokasi di Jl. Heler No.1 Dadok Tunggul HItam Padang. TK yang didirikan semenjak tahun 2004 lalu ini, berada di bawah naungan Yayasan pendidikan Uswatun Hasanah Padang, dengan ketua yayasan M. Anwar.

Pada tahun 2008, yayasan membuka cabang sekolah informal ini di kawasan Kuranji Padang, dan kepala TK-nya Missukarni.

Dengan menjalankan proses belajar, TK ini lebih menekankan pada pendidikan agama Islam, Berusaha membina aqidah dan akhlak pada anak semenjak usia dini. Sebagai lembaga pendidikan, kurikulumnya juga tetap berpedoman pada arahan dinas pendidikan.

Keterampilan berbahasa Inggris dan komputer, Drumband, menari, menyanyi, drama, sempoa, dan membaca cepat, merupakan materi ajaran yang prioritas.

Untuk pendidikan agama, mengacu pada metode Iqra', hafalan surat-surat pendek, Asmaul Husna, Doa'-doa, sejarah nabi, praktek wudhu dan shalat.

Menurut Kepala TK Uswatun Hasanah 1 Tunggul HItam, Helmi Yusra, S.Pd,  TK yang dipimpinnya mempunyai program khusus terkait pembelajaran agama, yakni setiap bulan Ramadahan anak-anak tetap diajak untuk bersekolah selama 15 hari.

"Anak-anak selama bulan puasa kami ajarkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan bulan puasa, mulai dari niat berpuasa dan berbuka, sunat puasa, dan kami juga ajak anak-anak berpuasa,. Sedangkan di hari biasa, pelajaran agama dilakukan tiap hari, setelah itu baru pelajaran umum yang sudah kami jadwalkan," tambahnya.

Tidak jauh berbeda disampaikan Kepala TK Uswatun Hasanah II Kuranji Missukarti. Menurutnya, yang penting dalam proses pembelajaran dini, melakukan komunikasi seefektif mungkin pada anak-anak. Sehingga setiap apa yang disampaikan, dapat dicerna atau dimengerti oleh anak-anak.

"Komunikasi yang dibangun bersama anak-anak, mestilah dapat dimengerti oleh anak," katanya.

Soal sarana dan prasarana pendukung,  tergolong cukup. Sekolah ini mempunyai gedung dan halaman bermain yang luas, yang memungkinkan anak-anak bisa menikmati segala bentuk sarana permainan atau Alat Peraga Edukatif (APE) yang disediakan. Selain itu, TK ini juga mempunyai Drumband untuk pengembangan kreatifitas seni anak didik.

Untuk asupan gizi, pihak sekolah juga menyediakan makanan untuk seluruh anak didik. Demi kelancaran dan keamanan anak-anak, sekolah juga menyediakan bus sekolah, untuk antar dan jemput anak didik.

Saat ini, tercatat sebanyak 30 orang anak didik di TK Uswatun Hasanah 2 Kuranji, dan sebanyak 70 orang di TK Uswatun Hasanah 1 Tunggul HItam. Sementara tenaga pengajar  berjumlah 12 orang, untuk dua TK dan itu sudah termasuk kepala TK.

Bagi anak-anak yang kurang mampu, Yayasan Pendidikan Uswatun Hasanah memberikan keringan biaya, dan ada juga yang digratiskan.

"Yayasan pernah mengadakan TK uswatun Hasanah Peduli, dimana calon siswa yang kurang mampu diberikan potongan uang masuk,"katanya.

TK Uswatun Hasanah  telah banyak meraih berbagai prestasi, dian­taranya JUara II Lomba Mewarnai se-kota Padang yang diada­kan di Imam Bonjol.(h/cw19)

Comments (3)Add Comment
0
dewasbobet
written by string, Januari 29, 2014
Posting yang sangat baik, dewasbobet
0
www.umy.ac.id
written by string, Maret 14, 2012
bermaanfaat sekali postingnya.....
0
www.ceptasik.co.cc
written by string, Oktober 23, 2011
pusat pulsa murah disini

Write comment

busy