Kamis, 24 April 2014
PERCANTIK TAMAN DENGAN POT TANAMAN PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Haluan   
Minggu, 04 Desember 2011 00:00

KALAU mau jujur, pot saat ini bukan hanya sekadar wadah untuk tanaman. Bila disusun secara apik, pot-pot tersebut akan menghadirkan suasana taman yang berbeda. Taman di kebun, di halaman rumah, atau bahkan sekadar digantung di teras rumah.

Sudah sejak lama pot atau wadah tanaman menjadi bagian dari seni taman dan interior rumah. Umumnya setiap ke­luar­ga akan memilih gaya yang berbeda dalam menata pot-pot tanaman mereka. Hampir setiap rumah dan kebun akan menyajikan berbagai penga­turan yang menarik ketika menata wadah tanaman mere­ka, di kebun, di teras, atau di sudut-sudut rumah. Bahkan, jika pot digantung pun, penyu­sunannya tetap memperhatikan nilai artistik sehingga tetap enak dilihat.

Aloysius Pekerti, pemerhati dan pemilik kedai tanaman di bilangan Ragunan, Jakarta Selatan, mengatakan keba­nyakan teras rumah yang ada saat ini tidak lebih dari sebuah lempengan beton. Sementara itu, di sisi lain, ada juga mereka yang memiliki area kebun taman serta teras yang cukup luas. “Namun mereka memer­lu­kan sentuhan yang sedikit le­bih untuk mengubah suasana ta­man teras mereka menjadi se­buah taman teras yang asri,” ungkap Pekerti.

Harus diakui, penataan tanaman dan bunga-bunga dalam pot-pot yang cantik, apakah disusun sejajar, digan­tung, diletakkan di atas meja, di sudut ruangan, dan lain sebagainya, bisa mengubah suasana yakni menjadi sebuah taman teras yang menarik. Secara keseluruhan, juga mam­pu mengubah suasana dalam ru­mah dan memberikan rasa nya­man kepada pemiliknya atau siapa saja yang datang ke rumah tersebut.

Misalnya saja, lanjut Pekerti, ketika jajaran pot-pot penuh bunga aneka warna disusun berbaris sebelum Anda menuju pintu rumah. Berjalan di antaranya mungkin rasanya seperti melintasi sebuah gerbang bunga-bunga yang indah dan menjadi sambutan yang ceria bagi setiap tamu yang datang. Keluarga dan teman Anda juga akan menik­mati keselarasan dan keindahan ketika Anda cerdas menyusun pot-pot dan menata taman dan teras Anda.

Untuk menata dan mem­buat sebuah taman teras ada banyak hal yang harus diper­hatikan, termasuk bagaimana seni menata pot-pot tanaman sehingga menjadi pemandangan yang asri dan menyenangkan. Ketika pertama memikirkan untuk menyusun pot-pot, maka langkah awal adalah dengan memilih pot-pot yang akan disusun.

Penataan pot tanaman harus melihat ukuran pot, termasuk juga bagaimana memikirkan tempat terbaik untuk menyusun pot-pot tersebut. Misalnya, pilih pot dengan ukuran yang kecil, 4 - 6 inci, untuk diletak­kan di atas meja teras. Selain di atas meja taman atau meja teras, pot-pot ukuran kecil ini juga bisa disusun dengan menggantungnya di sudut-sudut teras, misalnya.

Lantas untuk pot dengan ukuran yang besar bisa ditem­patkan sebagai isi taman atau hanya sebagai interior saja. Pot besar yang unik dengan tana­man yang khusus bisa ditem­patkan di titik tempat menjadi pusat perhatian, baik di taman, di teras, atau di rumah Anda.

Menyusun pot tanaman juga harus memperhatikan intensitas cuaca di teras atau di ruang-ruang di rumah. Misalnya angin yang kuat atau sinar Matahari yang panas. Ini akan berdam­pak pada penyusunan pot-pot ju­ga, terutama pada jenis ta­naman yang ada dalam pot tersebut, termasuk bahan yang digunakan untuk pot. Untuk tanaman yang memerlukan intensitas cuaca yang lebih banyak atau sedikit, dibutuhkan perlakuan khusus, sedangkan untuk bahan pot yang bisa pudar karena terpaan cuaca, angin, hujan, dan lain sebagai­nya juga harus diperhatikan.

Selebihnya adalah dengan memperhatikan ukuran rua­ngan. Taman Anda akan men­jadi lebih menarik jika Anda menempatkan pot secara ber­variasi sesuai dengan ukuran pot atau wadah. “Hal ini bertujuan untuk memberikan tingkat yang berbeda bagi mata yang melihat. Jadi menciptakan tingkatan ini juga berlaku bagi pemilihan tanaman yang akan tumbuh ke arah ukuran yang berbeda,” ujar Pekerti.

Mengatur beberapa pot di sepanjang tepi kebun untuk membuat perbatasan akan membuat tampilan terasa lebih formal lantaran hanya meng­gunakan satu jenis tanaman dan wadah. Atau melengkapi sebuah taman pondok dengan meng­gunakan berbagai warna tana­man dan pot. Caranya bisa dengan menggantung, menem­patkan dalam kelompok, atau secara silang. Silakan ber­eksplorasi dengan pot-pot Anda atau Anda mungkin tertarik dengan cara lain untuk meng-upgrade teras dan taman Anda dengan menyusun pot secara lebih ekstrem.

Perhatikan Volume Wadah

Sebelum berpikir untuk menatanya, terlebih dahulu pikirkan pot-pot yang sesuai untuk setiap tanaman di kebun Anda. Pot sebagai wadah tanaman datang dalam ber­bagai gaya dan jenis.

Ketika memilih pot untuk wadah tanaman Anda, ada banyak aspek yang perlu diper­timbangkan, mulai dari ukuran tanaman, bahan pembuat pot, dan beberapa hal penting lainnya.

Pertama yang harus diper­hatikan adalah ukuran pot. Ukuran pot harus mem­per­hatikan jenis tanaman yang akan ditanam dalam pot tersebut. Da­lam banyak kasus, pot yang lebih besar, dalam hal ini dari segi luas maupun volumenya, umumnya akan jauh lebih baik, terutama untuk tanaman-tanaman yang tumbuh, seperti tanaman tomat dalam pot.

Ruang yang lebih lapang juga akan membantu memper­mu­­dah proses bagi tanaman un­tuk menyerap air dan pupuk serta untuk perkembangan akar tanaman. Ukuran pot juga harus memperhatikan jenis akar dari tanaman. Yang pasti, ukuran pot harus bisa meng­ako­modasi akar tanaman ter­sebut.

Kemudian adalah bahan dari pot. Penggunaan bahan untuk pot harus diperhatikan. Pilihan pada bahan pot ini akan berdampak pada frekuensi penyiraman tanaman Anda. Pot yang terbuat dari bahan berpori seperti tanah liat kering lebih cepat daripada yang terbuat dari plastik atau kayu sehingga Anda harus menyiram air bagi tanaman di dalamnya lebih sering, terutama di iklim panas atau berangin. Jika Anda lebih suka wadah kayu, pastikan mereka terbuat dari bahan tahan busuk seperti cedar atau redwood. Jika tidak, mereka tidak akan berlangsung lama.

Perlu diingat bahwa meng­gunakan bahan pengawet untuk kontainer kayu bukan ide yang baik untuk tanaman sayur mayur atau edibles lain karena bahan kimia dapat larut ke dalam tanah dan meme­ngaruhi pertumbuhan atau menim­bulkan gangguan bagi tanaman Anda.

Di samping itu, tidak peduli gaya atau jenis pot yang Anda pilih untuk tanaman Anda, maka Anda tidak dapat menga­baikan beberapa fitur kunci seperti drainase. Semua pot yang Anda gunakan sebaiknya memiliki lubang drainase. Jangan biarkan drainese yang tak bagus karena justru akan membusukkan akar tanaman Anda.

Tepis Energi Negatif

Menghadirkan tanaman dalam rumah memang bisa membuat rumah menjadi lebih asri. Namun, tak semua rumah memiliki lahan yang luas untuk bertanam. Menurut pegiat fengshui rumah dan taman, Merry Chan, menanam tana­man, apakah bunga, buah, maupun tanaman daun dalam pot, bisa menjadi solusinya. Namun, tak semua tanaman juga bisa ditanam sempurna dalam pot. Bagaimana memilih tanaman yang sesuai ditanam di pot sehingga Anda akan lebih mudah menatanya.

Pertama adalah tanaman hias bunga. Daya tarik tanaman hias bunga biasanya terletak pada warna, bentuk, maupun aromanya. “Dalam fengshui tanaman yang berbunga bisa untuk menepis energi negatif dalam bentuk pemandangan yang kurang sedap. Bunga memberikan tampilan warna yang ceria. Kehadiran bunga aneka warna bisa memberi kesegaran. Mata pun diman­jakan dengan pelihatan yang indah. Semua ini bisa mem­berikan pemandangan yang positif ke dalam rumah Anda,” ujar Merry.

Kedua adalah tanaman hias daun. Daya tarik dari tanaman hias daun ini biasanya terletak pada bentuk daun dan warna­nya. Seperti bayam hias, bro­meliad, adam hawa, dan sejum­lah tanaman hias daun yang biasa dijumpai. Terkadang tanaman hias daun ini memi­liki bunga, namun sangat kecil.

Selama ini, menanam tana­man dalam pot biasanya dilaku­kan secara tunggal. Artinya satu pot satu jenis tanaman. Namun, jika memang Anda ingin mena­nam beberapa tanaman dalam satu pot, rasanya juga tidak ada masalah selama Anda pintar mengombinasikan tanaman-tanaman hias tersebut dan memilih pot yang cantik serta menyusunnya di tempat yang sempurna. Tidak ada salahnya mencoba.***

 

Comments (1)Add Comment
0
re
written by string, Maret 08, 2013
Different people in the world get the loan from various creditors, just because it is easy.

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: