Minggu, 31 Agustus 2014
Penyelesaian Tapal Batas ‘PR’ Mendesak PDF Cetak Surel
Sabtu, 14 Januari 2012 02:43

KAN TALAGO GUNUNG DIKUKUHKAN

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebelas pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talago Gunung Kota Sawahlunto, periode 2011 – 2016 dikukuhkan. Penyelesaian tapal batas antara Talago Gunung dengan Sabarambang Kabupaten Solok menjadi pekerjaan rumah yang mendesak, yang mesti disele­saikan para pengurus yang akan bekerja hingga lima tahun ke depan tersebut.

Meski masalah tapal batas sudah menjadi masalah yang tidak berkesudahan, namun pengurus KAN Talago Gunung yang kini diketuai Syamsul Bahri Dt Rajo Mudo, tetap mengedepankan pendekatan persuasif, dalam mencari jalan tengah menyele­saikan masalah tersebut.

“Kami akan mancari bandu nan batumbuk, atok nan bajaik. Dalam artian dalam menyele­saikan masalah tapal batas ini, dilakukan dengan mempererat hati dunsanak kedua belah naga­ri,” ujar Syamsul Bahri kepada Haluan, Jumat (13/1).

Syamsul mengatakan, sebe­nar­nya baik Talago Gunung Sawahlunto dengan Seberambang Kabupaten Solok, memiliki garis keturunan yang sama, masih dalam satu garis keturunan. Namun, secara administrasi pemerintahan harus terpisah.

Syamsul yang didampingi sekretarisnya Syaifullah Khatib Sinarom, mengatakan, selain itu pihaknya juga berupaya mela­kukan pengembangan adat dan budaya terhadap anak kemenakan. Baik melalui pelatihan maupun dengan cara lainnya.

Ketua LKAAM Sawahlunto Adi Muaris Khatib Kayo usai mengukuhkan KAN Talago Gu­nung, Kamis (12/1), mengatakan meminta pengurus untuk dapat mengembangkan potensi adat yang telah ada, untuk dapat diman­faatkan sebaik-baiknya demi anak kemenakan.

“Selain membina anak keme­nakan, KAN juga harus mampu memanfaatkan potensi adat yang ada, untuk dimanfaatkan dan dikembangkan demi kesejah­teraan anak kemenakan,” ujar Adi Muaris.

Ketua DPRD Sawahlunto, yang turut hadir dalam pengukuhan mengatakan, peran pemangku adat sangat ditunggu dalam menyelesaikan setiap masalah yang terkait dengan adat. (h/dil)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy