Minggu, 26 Oktober 2014
300 Meter Jalan Berlumpur PDF Cetak Surel
Senin, 20 Februari 2012 00:57

KUANTAN HILIR,HALUAN - “Mau diper­baiki jalan kami ya pak, tolonglah pak jalan kami ini diperbaiki!” sapa seorang ibu ketika wartawan Haluan Riau menjepret jalan berlumpur di depan rumahnya.

Yusniwati, begitu nama warga Desa Pelukahan Kecamatan Kuantan Hilir itu. Menurutnya, kerusakan ruas jalan kabupaten yang masih tanah ini sudah hampir enam tahun. Kerusakan jalan diperparah akibat tingginya curah hujan beberapa pekan terakhir.

“Beginilah kalau musim hujan jalan kami pak. Kendaraan roda dua tidak bisa lewat. Kalau roda empat dan roda enam sering terpuruk. Setiap musim hujan, halaman rumah kami juga kena cipratan lumpur jalan saat dilewati kendaraan,” keluhnya.

Masyarakat sekitar yang menggunakan kendaraan roda dua harus berputar menempuh jalan semenisasi desa. “Jalan kaki saja kita sulit, apalagi mau pakai honda. Sering masyarakat melewati halaman rumah saya kalau mau lewat,” jelasnya.

Akses jalan ini tidak hanya menuju Desa Pelukahan, tapi juga menuju banyak desa di Seberang Kecamatan Kuantan Hilir termasuk ke sejumlah desa di Kecamatan Inuman dan Kecamatan Cerenti. “Jalan ini tembusnya bisa ke Cerenti, bisa juga ke Kecamatan Benai,” katanya.

Pantauan Haluan Riau di lapangan Sabtu (18/2) memang kondisi jalan memprihatinkan. Walaupun bisa dilewati mobil roda empat dan roda enam, mobil tersebut sering kandas dan terpuruk. Mobil itu terpaksa melalui jalan itu karena tidak ada lagi jalan alternaif lain.

Anggota DPRD Kuansing Aswadi yang juga putra daerah setempat yang dihubungi Haluan Riau, Sabtu (18/2) mendesak Dinas PU Bina Marga memperbaiki jalan kabupaten di Desa Pelukahan tersebut. “Kita mendesak jalan itu segera diperbaiki. Melalui Dinas PU Bina Marga Kuansing kita minta diprioritaskan dianggarkan perbaikan jalan itu,” tegas politisi PAN tersebut.

Aswardi mengatakan arus transportasi ke daerah seberang Kuantan Hilir, apalagi sejak sudah ada jembatan yang menghubungkan banyak desa di seberang Baserah. “Kita sangat berharap jalan akses satu-satunya ini segera diperbaiki. Bisa melalui dana swakelola agar secepatnya dilakukan perawatan jalan,” pungkasnya. (h/rob)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: