Kamis, 02 Oktober 2014
Warga Dipasung Kembali Hidup Normal PDF Cetak Surel
Selasa, 21 Februari 2012 02:31

SETELAH DIRAWAT DI RSJ HB SAANIN PADANG

PAYAKUMBUH, Haluan — Setelah dimediasikan, lalu men­jalani pengobatan di Rumah Sakit Jiwa Prof Dr HB Saanin Padang, selama beberapa hari, Suprianto (33) warga Jorong Kampuang Aie Busuak Nagari Talang Maua Kecamatan Mungka Kabupaten Limapuluh Kota kini telah sem­buh. Suprianto yang sempat di­pasung sekitar 7 bulan ini sekarang dapat kembali menjalani hidup layaknya orang normal.

Anak Mariana (80) ini kini sudah dapat menjalani hidup seperti manusia normal lainnya. Ia tidak lagi dikerangkeng bahkan dipasung. Sebelumnya, penyakit depresi sang anak sungguh mence­maskan bagi keluarga. Sebelumnya, keluarga mengaku tidak tega, tetapi, sebab tak mampu mengen­dalikan Suprianto, dulu ia terpaksa dipasung. Bahkan dikurung di dalam sangkar besi.

“Kami khawatir dengan perila­ku Anto. Kami cemas jika ia bisa mengamuk dan mencelakai warga lainnya,” ujar keluarga waktu itu.

Perilaku Anto yang aneh, sebelum diobati di RS Jiwa, ia seringkali mengambil barang-barang tetangga. Mamaki siapa saja, termasuk ibu kandungnya. Kini, pria ini telah normal dan bekerja seperti orang kebanyakan.

Tujuh bulan lamanya, ayah tiga anak ini dirantai besi, dipasung dan dikerangkeng. Tak ada daya apa-apa, ibunya hanya tertunduk lesu melihat nasib anaknya ini. Semua kerangkengnya di tepi sungai, lalu dipindah ke samping rumah.

Hari ini, sejak beberapa hari lalu, semenjak kembali dari RS Jiwa di Padang, dinyatakan telah normal, Anto kini bekerja di bengkel las milik kakaknya. Ter­nyata, kekuatannya tidak berku­rang meski telah tujuh tahun di dalam kerangkeng. Ia mampu mengangkat besi berat.

Rokok

Kebiasaan merokok yang dilakoni Anto, sejak lama tak bisa berubah. Saat istirahat ia menge­pulkan asap rokoknya. Kondisi tubuhnya memang sudah baik. Tak ada bekas-bekas orang pasungan lagi.

Tubuhnya kini sudah sehat. Ia sudah gemuk kembali, tidak kurus sewaktu dikerangkeng dulu. Ke­rang­keng Anto yang dibuat sendiri oleh sang kakak yang punya bengkel las, kini telah dibongkar.

Suprianto telah normal kem­bali. Berkat diobati dan diserahkan penanganan ke lembaga yang tepat. Selamat datang kembali ke dunia normal, Anto! (h/dod)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: