Rabu, 03 September 2014
Sampah Tiap Kelurahan Bertarif Rp192 Juta PDF Cetak Surel
Rabu, 22 Februari 2012 02:02

BUKITTINGGI, HALUAN — Lima kepala pemerintahan kabupaten dan kota di Sumbar, Bukittinggi, Agam, 50 Kota, Tanah Datar dan Padangpanjang kembali memperkuat jalinan kerjasama dengan Kota Payakumbuh.

Untuk menetapkan tempat pembuangan akhir sampah atau TPA Regional di kawasan Paya­kumbuh, yang telah diapungkan pada 7 Desember 2009 lalu.

Selama ini, nota kesepahaman yang telah dibuat baru sekedar administratif. Nota kesepa­haman tersebut masih bersifat umum, sehingga dibutuhkan item perjanjian yang konkrit, agar pemanfaatan TPA Regional dapat terealisasi dengan mak­simal.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Bukittinggi, Supad­ria kepada Haluan mengatakan, secara umum kerjasama yang akan dijalankan tak menyim­pang dari masalah pengelolaan sampah, sedangkan untuk pemi­lahan diserahkan pada pihak kedua atau kabupaten dan kota yang akan bekerjasama.

Menindaklanjuti pemilahan sampah yang termasuk pada bagian kerjasama, menurut Supadria yang juga selaku mantan Kadis Pasar ini, pihak­nya telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendu­kung, seperti kerjasama dengan kantor ling­kungan hidup yang memberikan bantuan dua unit truk pengangkut sampah, terma­suk pengadaan tujuh unit becak motor yang dianggarkan dalam APBD se­besar Rp192.500.000,-, untuk mem­­­­ban­­tu pengumpulan sam­pah pada setiap kelurahan.

Sementara itu untuk penge­lolaan sampah pada lokasi keramaian seperti pasar, tempat wisata dan terminal, juga diupa­yakan kerjasama dengan pihak perbankan dan BMUN, dengan target pengelolaan sampah di Kota Bukittinggi dapat berjalan secara optimal.(h/jon)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: