Senin, 01 September 2014
60 Jaringan Telkom Terputus PDF Cetak Surel
Rabu, 22 Februari 2012 02:02

SOLOK, HALUAN — Lima tiang jaringan kabel PT Telkom di Jorong Koto Gaek Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok tumbang, Ming­gu (19/02) dini hari lalu.

Sebanyak 60 saluran telepon ke rumah-rumah warga di Jorong Koto Gaek Talang dan dikawasan Kecamatan Gunung Talang  tak berfungsi.

Tidak berfungsinya  jaringan kabel PT Telkom tersebut, karena lima tiang telkom di Jorong Koto Gaek Nagari Talang tumbang, Minggu (19/02).

Tumbangnya 5 tiang kabel telkom tersebut bukanlah ulah angin ribut atau badai yang melanda kawasan Gunung Talang.

Melainkan akibat ulah seutas kabel jaringan telepon yang menjutai melar di tengah jalan. Kabel yang  menghubungkan Simpang 4 Talang ke Sungai Jernih, tersangkut bagian atas mobil truk milik warga yang melintas di jalur Koto Gaek-Sungai Jernih.

Karena tersangkut dan ter­tarik oleh bak atas truk, 5 tiang kabel telepon yang saling ber­hubungan satu dengan yang lainya ikut bertumbangan.

Selain menyebabkan 5 tiang kabel telepon itu tumbang, ada juga yang patah membengkok, kondisi tersebut juga menye­babkan jaringan arus listrik ke rumah sejumlah warga ikut terputus.

Bunyi tiang-tiang kabel tele­pon yang patah bertumbangan dini hari itu spontan membuat warga Koto Gaek berhambuan keluar rumah.

Ulah sebagian arus listrik ke rumah warga ada yang terputus, membuat situasi saat itu kian gelap gulita dan sedikit mencekam.

Pasalnya warga Koto Gaek disuguhkan pemandangan yang cukup mengerikan Minggu dini hari itu.

Dimana selain tiang-tiang kabel telepon yang bertumbangan ditengah jalan dan yang berada dipinggiran jalan, sejumlah batang pohon dihalaman rumah warga juga ada yang patah-patah akibat tertimpa tiang telepon dan kabel telepon.

" Masih untung arus listrik ke rumah warga langsung padam, dan tak menimbulkan percikan api atau musibah kebakaran ataupun morban lainya " tutur mak Oyon warga Balai Tangah Koto Gaek didampingi rekanya Pipin, Nus Satria dan Mak Si Jan kepada Haluan.

Pipin menambahkan, sebe­nar­nya sejak beberapa waktu lalu warga Koto Gaek, sudah pernah melaporkan masalah kabel Telkom yang menjuntai rendah itu ke petugas Telokm.

Tapi kata Pipin mungkin petugas Telkom tersebut lupa hingga akhirnya terjadilah peris­tiwa kabel telepon yang tersang­kut kendaraan warga itu.

Kendati demikian warga Koto Gaek yang selama ini memang ter­kenal kompak dalam segala ak­tifitas kegiatan berinisiatif meng­hubungi petugas PT Telkom dan petugas PLN di kayu Aro saat eristiwa tiang kabel telkom­itu bertumbangan.

Ulah peristiwa itu warga Koto Gaek nyaris begadang hingga Minggu pagi hari, dan bahu membahu dengan petugas PLN dan petugas Telkom, guna melakukan upaya perbaikan terhadap arus listrik yang rusak ke rumah warga.

" Dibutuhkan beberapa hari kedepan untuk memperbaiki 60 saluran telepon ke rumah warga yang rusak ulah kejadian itu " papar Purhandono petugas PT Telkom kepada Haluan.

Dikatakan Pur, ulah peris­tiwa itu membuat jaringan kabel Primer di Sentral Telepon milik Telkom di Gunung Talang menga­lami kerusakan dan PT Telkom­menga­lami kerugian ulah peris­tiwa itu.

" Namun demikian kerusakan sambungan saluiran telepon ke rumah warga tersebut secepat mungkin diperbiki " jelasnya. (ris)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy