Selasa, 23 September 2014
CPNS Sumbar 2012 Diusulkan 930 Orang PDF Cetak Surel
Rabu, 02 May 2012 02:07

PADANG, HALUAN — Usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2012 di lingkungan Pem­prov Sumbar sudah disampaikan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jumlah usulan pene­rimaan mencapai 930 orang, ma­sing-masing untuk tenaga kese­hatan 544 orang, tenaga teknis 368 orang serta tenaga kependidikan 18 orang.

Namun jumlah usulan itu belum final karena tim dari Kemen­trian PAN dan Reformasi Birokrasi akan melakukan verfikasi kembali ke lapangan, untuk menentukan kebutuhan daerah ini sesungguhnya. Untuk itu waktu penerimaannya juga belum dapat dipastikan, yang jelas usulan itu untuk pe­nerimaan tahun ini.

Gubernur Sumbar Ir­wan Prayitno yang di­konfirmasi Haluan Sela­sa (1/5), di Padang, mem­benarkannya. Su­rat usu­lan formasi CPNS Sumbar 2012 sudah ditandatanganinya dan lang­sung dibawa BKD Sumbar ke Menteri PAN dan RB. Sumbar memang membu­tuh­kan tambahan PNS, terutama untuk tenaga teknis, kesehatan dan guru.

“Saya sudah tandatangani usulan formasi CPNS itu. Jumlah yang diusulkan sekitar 930 orang untuk mengisi formasi tenaga kesehatan, tenaga teknis dan tenaga kependidikan,” kata Irwan.

Sekdaprov Sum­bar Ali Asmar yang dihu­bungi terpisah me­ngung­kapkan, usu­lan ter­sebut se­kaligus la­poran ke Ke­men­trian PAN dan RB bahwa Sumbar mem­butuhkan tambahan PNS. Namun usulan yang disam­paikan itu belum final karena belum tentu disetujui seluruhnya oleh kementrian. “Guna menentukan jatah Sum­bar, nanti kita akan rapat di Jakarta membahasnya berapa betul kebutuhan kita, dan kemudian timpusat akan turun pula ke lapangan,” terang Ali.

Dikatakan, moratorium pene­rimaan PNS selama ini secara tidak langsung berampak bagi kecukupan jumlah pegawai. Sebab jumlah mereka yang pensiun setiap tahun itu juga banyak. Pada 2011 saja, PNS yang pensiun sekitar 291 orang. Tak jauh berbeda angka PNS pensiun pada 2012.

Sementara itu, Kabid Formasi dan Pengadaan BKD Sumbar, Yusri­zal mengatakan, bahwa dirinya saat itu tengah berada di Kemen­trian PAN dan RB. Surat Gubernur Sumbar tentang usulan formasi penerimaan CPNS tahun 2012 baru saja diaju­kan. Pihak Kementrian berjanji segera akan menin­dak­lanjutinya.

Usulan yang diajukan sebanyak 930 orang, untuk mengisi formasi tenaga teknis 368 orang, tenaga kesehatan 544 orang dan guru 18 orang. Tenaga kependidikan ini untuk mengisi kekurangan guru di SMU 1 Sumbar. Kualifikasi pendi­dikan yang dibutuhkan mulai dari D3, S1 dan S2.

Seperti diberitakan sebelumnya, pe­luang penerimaan CPNS tahun ini diberikan pemerintah pusat khu­sus bagi daerah yang belanja pega­wainya dibawah 50 persen dan telah menyelesaikan penghitungan kebu­tuhan PNS di daerahnya. Pemprov Sumbar sendiri belanja pegawainya termasuk di bawah 50 persen. Belanja pegawai hanya 21,5 persen.

Kepala BKD SUmbar Jayadis­man menyebutkan, penerimaan CPNS kali ini tidak dikaitkan dengan banyaknya PNS pensiun melainkan berdasarkan analisa beban kerja dan analisa jabatan yang dibutuhkan. Sebab jumlah PNS itu cukup banyak, tetapi kompetensi yang dibutuhkan yang kurang.

“Kita akan buka penerimaan CPNS tahun ini. Peluang itu pun diberikan Kementrian PAN khusus bagi daerah yang belanja pega­wainya di bawah 50 persen dan telah menyelesaikan penghitungan kebutuhan PNS,” katanya.

Dari data yang diperoleh Ha­luan di DPKD Sumbar, sejumlah daerah lainnya juga berpeluang menerima CPNS tahun ini karena belanja pegawainya di bawah 50 persen, diantaranya Solsel (36 persen), Mentawai (22 persen), Kota Solok (45 persen), Padang Panjang (42 persen), Swahlunto (41 persen), Dharmasraya (42 persen).

Sementara Pasman Barat  dan Sijunjung belanja pegawainya 50 persen. Daerah lainnya, belanja pegawai bervariasi, namun di atas 50 persen seperti,Kabupaten Pa­dang Pariaman mencapai 63 persen, Agam (64 persen), Pesisir Selatan (61 persen), Kabupaten Solok (63 persen), Tanah Datar (61 persen) dan Kabupaten Limapuluh Kota (60 persen). Sedangkan daerah lainnya berada pada kisaran 41 persen sampai 51 persen, kecuali Mentawai anggaran belanja pega­wainya hanya 22 persen. (h/vie)

Comments (17)Add Comment
 1 2 > 
0
...
written by string, Januari 29, 2013
Pabrik OTOMOTIVE (astra-group) : Bth Staf Adm/Oprt Produksi/PPIC/Accounting/IT/Logistik dan Finance. Pend: SMA,SMK,STM,D1,D3,S1 segala Jurusan. Segra Daftarkan diri Anda. Baca selengkapnya di: www.megakarir.tk atau www.kariertop.tk
0
teknisi listrik
written by string, Oktober 20, 2012
ass,,, tolong pak info cpns untuk tenaga listrik tamatan stm (smk) terimah kasih,
0
...
written by string, Oktober 20, 2012
ass,,,, tolong info cpns untuk tenaga teknisi listrik tamatan stm (smk) terima kasih,,, smilies/smiley.gifsmilies/smiley.gifsmilies/smiley.gif
0
...
written by string, Oktober 20, 2012
ass... tolong info cpns untuk teknisi listrik tamatan stm (smk) terimah kasih,,,
0
...
written by string, September 26, 2012
Mohon info yang lebih lengkapnya ya pak,.
Mohon info nya yang nyata dan jangan dikarang2,.
0
cpns 2012 sumbar
written by string, September 23, 2012
ass,,mhn info kapan buka pendftran dan formasi apa saja yg buka,,daerahnya dmn mksh wasslmsmilies/smiley.gifsmilies/smiley.gif
0
...
written by string, Juli 09, 2012
info jelasna kapan terbitna................
0
...
written by string, Juli 03, 2012
mohon info kpn pelaksaan tes dan formasi yang dibutuhkan.
trim's....
smilies/cheesy.gif
0
...
written by string, Juni 28, 2012
tlong di kasih info tentang bagian2 jurusan yg dbutuhkan di pendidikan n info kapan dlaksanakan serta syarat2
teriama kasih
0
info cpns
written by string, Juni 28, 2012
Mohon info lebih lanjut kapan pendaftarannya akan di mulai.
Terima kasih.
 1 2 > 

Write comment
You can add your comment here

busy