Selasa, 29 Juli 2014
Mengenal Table Manner PDF Cetak Surel
Kamis, 24 May 2012 01:33

Pada prinsipnya table manner (etika jamuan makan) harus diketahui oleh semua orang karena ini merupakan tata cara bagaimana kita makan dalam jamuan resmi yang formal.

Pentingnya tabel manner adalah untuk memahami sopan santun yang berlaku dalam suatu perjamuan makan serta untuk mengetahui tata cara nasional dan internasional serta etika bersantap secara bersama.

Prilaku kita akan men­cer­min­kan siapakah diri kita diha­dapan orang lain. Ketika kita paham bagaimana etika jamuan makan maka akan meningkat­kan kepercayaan diri kita. Intinya table manner merupakan bagai­mana kita mengetahui tata cara yang benar dalam jamuan makan

Table manner terdiri dari cara duduk, cara menggunakan serbet,  cara berbicara, cara menggunakan alat makan, aturan umum penyajian, serta menu yang disajikan.  “Kebanyakan prinsip table manner dilakukan untuk acara resmi seperti acara di kantor gubernuran, acara di lembaga kepemerintahan, acara kepresidenan, tapi kalau diluar negeri acara untuk kerajaan. “Di Indonesia penerapan table manner memang dirasa masih agak kurang, makanya kami dari basko premier hotel ingin memperkenalkan  penerapan tatacara makan yang baik bagi siswa- siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan di setiap sajian yang kami hidangkan,” ujar Deni Lycosan Manajer restoran Hotel Basko.

Untuk pelatihan bagi siswa siswi SMK, tahapan pe­nge­nalan table manner dilakukan dengan tahapan awal yaitu pengenalan fasilitas hotel, dan dilanjutkan dengan tata cara table manner. “Pelatihan ini biasanya dimulai dari pengenalan fasilitas hotel dikarenakan pada prinsipnya anak-anak SMK merupakan calon-calon pengganti kami dan mereka harus tau dan beri­majinasi apa yang ada di hotel dan cara kerja hotel berbintang. Dilanjutkan dengan pengenalan dan praktek table manner agar mereka lebih pa­ham,” ujar deni saat diwawancara Haluan Rabu (23/5).

Pada awalnya table manner berawal di Prancis. Kala itu  di istana kerajaan Prancis ketika masa pemerintahan Raja Louis XIV yang sangat terkenal sering mengadakan jamuan makan malam baik bagi dirinya sendiri maupun untuk menghormati orang-orang berpangkat lainnya. Table manner ada untuk mema­hami sopan santun yang berlaku dalam suatu perjamuan makan. Sopan santun dari peserta jamuan makan, tidak dapat terlepas aturan-aturan berlaku yang ada di negara-negara Eropa. (h/cw-dra)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: