Sabtu, 19 April 2014
Kerajinan Bunga Kantong Plastik Menjamur PDF Cetak Surel
Sabtu, 26 May 2012 02:10

Di beberapa ruas jalan Kota Sawahlunto, penjualan kerajinan bunga kantong plastik mudah ditemui.  Modal kecil dan musiman.

SAWAHLUNTO, HALUAN—Bisnis kerajinan bunga kantong plastik mulai menjamur di Sawahlunto. Tidak hanya di rumah dan di pasar, penjualan kerajinan bunga kantong plastik juga dapat ditemui dengan mudah di beberapa ruas jalan Kota Sawahlunto.

Lisnawati salah satunya. Wanita 38 tahun itu, sejak sebulan terakhir dengan yakin mengembangkan usaha kerajinan bunga plastik. Selain untuk mengisi waktu kosongnya, warga Pondok Kapur Muara Kelaban itu, dengan semangat menggelar dagangannya di ruas Muara Kelaban menuju pusat Kota Sawahlunto tersebut.

“Kalau dulu, kami meman­fa­atkan pinggir jalan ini untuk ber­dagang durian. Tetapi, saat ini du­rian tidak sedang musim. Ma­kanya kami beralih dengan menjual kerajinan bunga plastik ini,” terang ibu tiga anak tersebut, ketika ditemui Haluan, Kamis (24/5).

Wati mengatakan, bunga yang terbuat dari kantong plastik tersebut memang bukan dari plastik bekas. Wati membelinya secara khusus di Bukittinggi, dengan harga Rp30 ribu untuk 25 lembar kantong plastik.

Untuk mendapatkan satu pot bunga, Wati membutuhkan sedi­kit­nya tiga kantong plastik. Kantong plastik tadi digunting sesuai bentuk bunga yang diingin­kan. Usai digunting, untuk membuat pinggir bunga lebih kuat, dipanaskan sedikit dengan api.

Tidak hanya sampai di situ, kalaupun bunga telah siap, Wati juga harus menyiapkan batang bunga, daun dan pot. Setidaknya untuk bunga dengan harga Rp50 ribu, Wati menghabiskan biaya sebesar Rp30 ribu.

Sebelumnya Wati mencoba menggunakan kantong plastik bekas, untuk memperkecil biaya operasional. Sayangnya, kantong plastik bekas tidak sekuat kantong plastik yang dipesannya di Bukittinggi.

Meskipun hanya bisa meme­tik untung yang terbilang tipis, istri Suherman tersebut sangat yakin kerajinan yang tengah dikembangkannya itu mendapat reskon pasar yang cukup positif.

“Rata-rata ada penjualan satu pot dalam sehari. Paling banyak dua pot, setidaknya dapat membantu suami dalam meme­nuhi kebutuhan sehari-hari,” terang Wati yang mengaku suaminya bekerja serabutan tersebut.

Walau masih dalam hitungan satu bulan, Wati mengaku per­kem­bangan usaha kerajinan bunga kantong plastiknya memili­ki prosfek cerah. Awalnya, dengan modal sekitar Rp200 ribu, Wati hanya bisa membuat beberapa pot saja.

Namun, saat ini bunga yang dipajang dalam potnya sudah terbilang banyak. Setidaknya dalam hitungan kasar, bunga yang akan dijual Wati sudah memiliki nilai Rp500 ribu. Angka itu pun, sudah dikurangi Wati, dengan hasil penjualan yang digunakannya untuk memenuhi kebutuhan dapur.

“Ya, ketika ada penjualan saya juga harus menggunakan uangnya untuk keperluan dapur, sisanya akan dibelikan bahan-bahan kebutuhan kerajinan bunga kantong plastik dan perlengkapannya,” terang Wati.

Tidak hanya Wati yang mem­buat dan berjualan kerajinan bunga kantong plastik di kawa­san Muara Kelaban – Sawah­lunto. kerajinan bunga kantong plastik juga ditekuni Yarnis. Yarnis juga membuat dan mema­jang langsung hasil kerajinan bunga kantong plastiknya. Yarnis mengaku, membuat kerajinan bunga kantong plastik pada malam hari. Sedangkan siangnya, langsung dipajang untuk dijual.

Meski memiliki dagangan yang sama, baik Yarnis maupun Wati tidak membuat persaingan yang mencolok. Harga yang mereka tawarkan relatif sama, satu sama lain. “Untuk harga tidak bisa dibuat terlalu murah, sebab untungnya sangat tipis,” ujar Yarnis.

Selain Wati dan Yarnis, kerajinan bunga kantong plastik juga ditekuni Yeri, Rasna dan beberapa pengerajin lainnya. Rumah menjadi tempat pajangan bagi para pengerajin tersebut. “Hasil kerajinan yang saya buat hanya dipajang di rumah. Jika ada tamu yang berminat, dan harga yang ditawarkan cocok, saya akan lepas,” terang Yeri. (h/dil)

Comments (2)Add Comment
0
jawa tengah
written by string, Mei 27, 2013
mksih yeachh atas krjinan bunga kntongnya...
dri moment ini sya ingin mmbuat lbih bnyak lgi hasta krya dri
bahan bekas ....
tpi buat sya ini kuran cukup
lebih baik ditmbahkan gambar bunga agar klihatan bgaimana
bntuk bunga trsbut/.....
0
comment
written by string, Juni 05, 2012
this is very nicesmilies/wink.gif

Write comment

busy