Jumat, 22 Agustus 2014
Gubernuran Dilengkapi Kebun Binatang PDF Cetak Surel
Sabtu, 23 Juni 2012 02:32

PADANG, HALUAN—Gubernur Sumbar Irwan Prayitno m­enye­diakan halaman samping Guber­nuran Sumbar sebagai kebun binatang khususnya rusa. Saat ini, terdapat empat rusa yang dilepas di lahan seluasr setengah hektar itu. Rencananya rusa yang akan dipelihara sebanyak 10 ekor. Masyarakat luas dapat meman­faatkannya sebagai tempat rekreasi.

Sedangkan halaman belakang kediaman resmi gubernur ini juga dihuni 10 ekor ayam kukuak balenggek. Disamping itu, juga terdapat berbagai usaha pro­duktif lainnya seperti kolam ikan lele terpal, dan kebun buah naga.

“Saya memang merencanakan halaman samping gubernuran ini sebagai kebun binatang khusus rusa. Lokasi ini kita buka untuk umum sehingga masyarakat dapat berwisata kemari melihat dari dekat hewan-hewan yang dipelihara,” tutur Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di­dam­pingi Kepala Dinas Peternakan Sumbar Edwardi saat melepas 3 ekor rusa, Kamis (21/6).

Rusa yang dipelihara jenis rusa tutul betina 1 ekor dan 3 ekor rusa jenis timor masing-masing 2 jantan dan 1 betina. Rusa yang didatangkan dari Kebun Binatang Kandi, Sawah­lunto ini merupakan hewan yang dilindungi, sehingga pe­nang­karannya membutuhkan perizinan tertentu.

Dalam waktu dekat, akan di­datangkan lagi 5 ekor rusa jenis sambar dari Kabupaten Limapuluh Kota. Kebun binatang rusa ini diharapkan menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Padang. Untuk perawatan dan pe­me­liha­raannya, Irwan menyerahkan kepada petugas khusus. Se­dangkan kese­hatan hewan di­tangani langsung Dinas Peter­nakan Sumbar.

Dikatakan, tempat rekreasi tidak melulu panorama alam. Beberapa waktu lalu usai gempa 2009, lokasi bencana menjadi salah satu tempat tujuan wisata. Karena di Padang belum ada kebun binatang, maka kawasan gubernuran Sumbar ini dapat jadi pilihan, tidak harus jauh-jauh ke Bukittinggi atau ke Sawahlunto.

Menurut Edwardi, rusa ter­masuk jenis hewan yang mudah perkembangbiakannya. Po­pu­lasinya cepat bertambah. Bila kini dilepas 10 ekor, maka dalam waktu setahun atau 2 tahun maka kawasan ini akan penuh dengan rusa. (h/vie)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: