Sabtu, 23 Agustus 2014
Trend Warna Cat Rumah 2012 PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Haluan   
Minggu, 24 Juni 2012 01:07

Tren rumah minimalis tak lepas dari pilihan warna rumah. Oleh sebab itu pula, tren minimalis juga diikuti tren warna cat yang disukai.

Seperti halnya musim ini, tren warna cat 2012 lebih banyak didominasi warna merah dan dikombinasikan dengan warna lainnya.

Warna merah adalah trend warna cat rumah 2012 yang diluncurkan oleh Dulux ber­sama AxzoNobel. Menurutnya, warna merah akan menjadi primadona dalam desain rumah eksterior maupun interior, karena warna merah menggambarkan optimisme, hasrat, kesenangan serta energi. Merah adalah warna yang menarik oleh sebagian besar manusia, membuat hal apapun jika berwarna merah akan selalu menarik per­hatian (Pendapat Jeremy Rowe, managing director dari Axzo­Nobel Decorative Paint).

Dalam Konferensi Pers “Peluncuran Tren Warna Co­lour Future 20123  yang diadakan oleh Dulux di Jakar­ta beberapa waktu lalu, Je­remy mengatakan “Warna merah adalah istimewa di dunia karenanya banyak digu­nakan untuk kegiatan sim­bolis. Warna merah selalu identik dengan perayaan hari raya, hari besar dan kebe­runtungan di beberapa negara. Merah juga ada dalam darah, bunga-bunga, jantung manusia dan menggambarkan pemi­kiran yang baru tiada batas.”

Namun secara keselu­ruhan trend warna rumah 2012 sebagai berikut :

Merah

Merah menjadi tren warna utama untuk tahun 2012. Merah yang akan menjadi tren adalah merah yang bernuansa orange dan teracota sehingga tampil lebih alami namun tetap cantik. Warna merah ini juga diharapkan menjadi simbol bagi tahun yang lebih baik (kemakmuran) serta lebih menantang di tahun 2012.

Orange

Orange tahun ini juga akan berkesan lebih natural dengan sentuhan warna tanahnya. Warna orange dapat membuat suasana rumah menjadi lebih cerah tanpa terlalu panas. Gunakan warna orange seba­gai aksen pada salah satu dinding favorit anda.

Kuning

Warna kuning tahun ini akan lebih gelap kehijauan seperti warna curry. Warna kuning untuk tahun 2012 akan lebih hangat dan natural sehingga akan sangat sesuai jika digunakan bersama war­na-warna netral seperti krem dan coklat.

Hijau

Warna hijau akan menjadi lebih gelap dan bernuansa alami seperti lumut. Warna hijau ini tidak hanya memberi suasana segar tapi juga akan memberi kesan hangat pada rumah anda. Warna hijau lumut ini akan manis untuk digunakan sebagai warna aksen pada ruang keluarga anda.

Biru

Bagi anda penggemar biru, trend warna biru tahun 2012 akan gelap, anggun dan klasik. Warna biru ini juga akan berkesan natural dengan kesan warna pudar. Warna biru tahun ini sangat sesuai jika dipadankan dengan kayu tua yang natural serta benda-benda antik lainnya.

Ungu

Bagi penggemar warna ungu, sama seperti biru, warna ungu tahun 2012 akan lebih gelap serta bernuansa pudar. Nuansa kecoklatan juga ma­sih hadir seperti tahun lalu. Warna ungu tahun ini akan memberikan kesan misterius namun romantis pada saat yangbersamaan.

Netral (hangat)

Warna netral yang cen­derung hangat adalah warna-warna seperti krem, beige dan khaki. Untuk tren tahun 2012 warna yang akan menjadi ‘hip’ adalah warna khaki. Warna khaki ini sangat sesuai untuk digunakan sebagai warna dasar /utama pada rumah. Warna ini memberikan ke­hangatan serta dapat dengan mudah menyatu dengan war­na-warna lain.

Netral (dingin)

Warna netral yang cen­derung dingin adalah warna-warna gradasi abu-abu. Saat ini gaya rumah minimalis memang sedang menjadi tren sehingga pilihan warna keabu-abuan sangat umum digu­nakan. Jika anda khawatir rumah terlalu terasa dingin, anda bisa menggabungkan warna abu-abu dengan mate­rial kayu sehingga suasana akan menjadi lebih hangat.

Tips

Jika ingi menggunakan palet-palet warna yang men­colok, ada baiknya diharmo­nisasikan bersama warna netral atau warna terang lainnya yang lebih tenang.

Janganlah takut bereks­perimen dengan warna serta jika perlu mintalah bantuan konsultan arsitek rumah atau desainer interior dalam men­dapatkan ide kombinasi dan mood yang tepat. (h/*)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy