Rabu, 24 September 2014
Pensiun 13 Tak Boleh Dipotong PDF Cetak Surel
Selasa, 26 Juni 2012 01:22

DIBAYARKAN 2 JULI

PADANG, HALUAN—Kabar baik bagi pensiunan pegawai negeri sipil, TNI/Polri dan pejabat negara di Sumbar. PT Taspen Cabang Padang siap membayarkan pensiun ke-13 mulai 2 Juli, Senin depan.

Pensiun ke-13 ini utuh diterima setiap pensiunan sesuai dengan gaji pensiunnya. Pihak perbankan sebagai penyalur tidak boleh melakukan potongan, seandainya pensiun penerima punya kredit pinjaman di bank tersebut.

“Kecuali memang pensiun bersangkutan yang minta dipotong untuk angsuran pembayaran kreditnya, itu bisa-bisa saja. Ini sangat ditekankan, karena pensiun 13 ini utuh diterima pensiun. Bahkan pada Juli ini, pensiun menerima 2 gaji pensiun, yakni pensiun bulan Juli dan pensiun ke-13,” kata Kepala Cabang Taspen Padang, Mohamad Jufri kepada Haluan, Senin (25/6). “Kalau pensiun bulan Juli dipotong terkait perjanjian pembayaran angsuran pinjaman setiap bulan, boleh-bolah saja. Tapi kalau pensiun ke-13 ikut juga dipotong, ini tidak boleh,” tegas Jufri lagi.

Penerima pensiun ke-13 di Sumbar berjumlah 67.068 pensiunan dengan nilai total mencapai Rp123,647 miliar. Jumlah itu terdiri dari  40.232 pensiunan di wilayah kerja Taspen Cabang Padang dengan nilai Rp74.617 miliar lebih. Kemudian di Taspen Cabang Bukittinggi sebanyak  26.836 pensiunan dengan nilai Rp49.029 miliar lebih.

“Pembayaran pensiun ke-13 ini dibayarkan serentak pada kantor bayar pensiun seperti di kantor Pos dan bank-bank yang bekerjasama. Kecuali bagi pensiunan PNS Eks. Departemen Perhubungan di PT KAI akan diatur dalam petunjuk pelaksana tersendiri,” ujar  M. Jufri didampingi Humas Taspen Padang, Alex TR.

Pensiun ke-13 dibayarkan sesuai PP no.57/2012 tentang pemberian gaji/pensiun ke-13 tahun anggaran 2012. Pensiun ke-13 hanya memuat jumlah penerimaan pensiun tanpa tunjangan beras dan tanpa potongan, kecuali potongan pajak penghasilan (PPh). Bagi pegawai negeri, pejabat negara dan penerima pensiun/tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan berupa gaji dengan pensiun, maka gaji/pensiun ke-13 hanya diberikan untuk salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan. (h/vid)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy