Kamis, 24 April 2014
Harga Gula Mulai Turun PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Juni 2012 01:48

PADANG, HALUAN—Sete­lah bertahan sekira dua pekan di level Rp 640.000 per karung berkapasitas 50 kilogram, mulai Rabu (27/6) kemarin, harga gula di tingkat pengecer di Pasar Raya Padang dan sekitarnya turun menjadi Rp 610 ribu perkarungnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang Ujang (27) mengatakan, sebenarnya har­ga gula sudah mulai turun pada Selasa, 26 Juni kemarin. “Tapi pada umumnya baru menurunkan harga mulai Rabu kemaren. Sekarang per sak saya beli dari distributor Rp 610 ribu. Sebelumnya Rp 640 ribu per sak,” ungkapnya kepada Haluan, kemarin.

Turunnya harga gula, me­nu­rut Ujang, karena pasokan di Pasar Raya mulai mening­kat di banding hari-hari sebelumnya. Selain itu, sejum­lah pabrik gula sudah mulai mengeluarkan produksinya.

Hal senada juga dikemu­kakan Mimi, pedagang sem­bako di kawasan yang sama. “Bebe­rapa hari sebelumnya, saya ambil gula ke distributor per sak (karung ukuran 50 kilogram, red) sebesar Rp 640.000. Tadi pagi saya beli sudah turun menjadi Rp 610 ribu per sak,” ungkapnya sembari mengemas gula ke dalam plastik.

Mimi mengatakan, hari Rabu lalu ia masih menjual gula dengan harga Rp 14.000 per kilogram (kg). Mulai Kamis kemaren, ia sudah menurunkannya menjadi Rp 13.000 per kg. “Turun sekira Rp 1.000 per kg,” ujarnya.

Ia hanya mengatakan bahwa dari tingkat distributor harga sudah turun. “kami tingkat pengecer cuma bisa mengikuti harga dari pihak distributor saja, kalau harga gula dari distributor ini naik, kami juga akan ikut naik, namun sebaliknya, jika turun, pengecer juga akan ikut-ikutan turun,” terangnya.

Turunnya harga gula pasir ini membuat konsumen seperti ibu rumah tangga mulai ber­nafas lega. Seperti halnya yang diung­kapkan oleh Dede, 41, salah seorang warga di Kom­plek Wisma Indah. Menurut ibu 2 anak ini, penurunan harga sembako seperti gula pasir ini membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan harga ini akan kembali normal seperti sedia kala, tapi gula pasir turun harga ini cukup membawa angin segar bagi kami, kalangan ibu rumah tangga,” pungkasnya. (hel)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy