Rabu, 22 Oktober 2014
Harga Emas Kembali Turun PDF Cetak Surel
Selasa, 03 Juli 2012 01:03

PADANG, HALUAN — Jelang masuknya bulan suci ramadhan, harga emas, baik yang 22 karat, 24 karat bahkan emas putih yang diminati kaum muda, mengalami penurunan. Hal tersebut berdasarkan pantauan Haluan di Pasar Raya Padang, Senin (2/7).

Namun meski harga turun, aktifitas jual beli emas juga masih terbilang sepi. “Penjualan masih sepi, biasanya menjelang Lebaran banyak yang beli emas untuk pulang kampung,” ujar Iskandar, salah seorang pedagang emas di Pasar Raya Padang.

Harga emas 24 karat kini Rp480.000 per gram, emas 22 karat Rp 410.000 per gram. Rata-rata harga emas turun hingga Rp 10.000 pergram di banding harga dua bulan lalu, tapi tetap saja aktivitas jual beli belum mengalami perubahan yang signifikan.

Aktivitas penjualan dan pembelian biasa­nya mulai ramai menjelang Lebaran dan sebagian besar orang melakukan aktifitas pembelian. “Kalau mau lebaran orang banyak yang cari emas untuk dibawa pulang ke kampung halamannya,” tambah Iskandar lagi.

Dia menjelaskan penurunan harga emas itu tidak begitu mencolok yaitu bervariasi antara Rp5000 - Rp10.000 per gramnya. Harga ini terus berubah-ubah setiap harinya. Menjelang sore harga bisa stabil pada harga awal atau tetap pada harga setelah mengalami perubahan, terangnya.

Rendahnya daya beli masyarakat terhadap emas belakangan ini salah satunya dipicu akan kebutuhan menjelang memasuki bulan suci ramadhan. Hal ini terus terjadi setiap tahunnya. Arif, karyawan toko Emas Murni mengakui bahwa saat ini, meskipun harga emas sudah turun, daya beli masyarakat masih rendah dibandingkan dua bulan lalu.

“Untuk sekarang banyak yang jual, terutama perhiasan, hal ini disebabkan saat ini akan memasuki ramadhan, sehingga kebutuhan rumah tangga akan mulai tinggi, jadi mereka sengaja menjual,” kata Arif lagi.

Menurut Arif, setiap pengunjung yang ingin menjual perhiasan di tokonya, sudah diberitahu tentang kondisi harga emas yang melorot. Namun, hal ini tidak mengurangi niat beberapa pelanggannya untuk mela­kukan penjualan.

“Saya sendiri update terus pergerakan harga emas tiap hari, dan kalau ada yang mau jual suka saya kasih tahu, tapi hari ini ada beberapa yang tetap jual,” jelasnya.

Untuk saat ini, dikatakannya, harga jual emas 24 karat turun dibandingkan minggu lalu. Jika minggu lalu emas berada di harga Rp 1,2 juta, minggu ini, emas turun menjadi Rp 1,1 juta per emasnya.

Senada dengan yang dikatakan Arif dari toko Emas Murni, Eri, pedagang emas dari Toko Emas Wahyu Pasar Raya Padang juga mengata­kan bahwa turunnya harga emas saat ini ternyata belum berimbas kepada peningkatan pembelian emas di toko emas. Pasalnya, penurunan harga emas ini dibarengi akan masuknya bulan suci Ramadan.

“Jelang idul Fitri jumlah masyarakat yang akan membeli emas dipastikan meningkat,” pungkasnya. (hel)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy