Minggu, 21 Desember 2014
Unand dan 4 PTS Buka Jalur Mandiri PDF Cetak Surel
Sabtu, 07 Juli 2012 02:48

ALTERNATIF BAGI TAK LULUS SNMPTN

Universitas Andalas berkolaborasi dengan empat perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat akan melaksanakan ujian masuk bersama mandiri. Alternatif bagi yang tak lulus SNMPTN.

PADANG, HALUAN — Ujian masuk bersama mandiri (UMBM) yang diikuti oleh Universitas Andalas dan empat Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  lainnya di Sumatera Barat, akan digelar 18 Juli mendatang. Empat PTS terse­but adalah Universitas Bung Hatta (UBH), Universitas Mu­hammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Institut Teknologi Padang (ITP), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dharma Andalas. Untuk pendaftaran YMBM di­mulai 9-13 Juli secara online.

Dalam pelaksanaan UMBM kali ini, untuk peserta IPA dan IPS dapat memilih empat pilihan program studi (prodi) yang dita­warkan. Namun dua di antaranya harus berasal dari Universitas Andalas (Unand). Sedangkan untuk peserta IPC, memiliki 5 pilihan. Tiga pilihan di antaranya juga harus berasal dari Unand.

Pelaksanaan UMBM ini meru­pa­kan pertama kalinya dilakukan di Sumatera Barat. Menurut Rektor Unand Werry Darta Taifur,  ini ber­tujuan untuk meningkatkan kua­litas pendidikan di Sumatera Barat.

“Tidak lagi peningkatan mutu masing-masing perguruan tinggi,” ujar Werry Darta Taifur kepada Haluan Jumat (6/7) sewaktu Laun­ching Kemitraan Unand de­ngan PTS di Sumatera Barat, di ruang senat rektorat  Universitas Andalas.

Ia menambahkan, jika PTS tidak ikut meningkatkan mutu pendidikan, tentunya yang akan rugi adalah Sumatera Barat. Selain itu, UMBM ini merupakan salah satu cara meringankan beban masya­rakat. Biasanya calon mahasiswa akan mengikuti tes masuk bebe­rapa kali di beberapa perguruan tinggi yang berbeda.

“Namun sekarang lebih efisien. Cukup dengan satu kali tes, bisa menempuh 5 tempat,” ujarnya.

Menurut Ketua STIE Dharma Andalas Sri Daryanti Zen, pihaknya sama sekali tidak takut dengan persaingan seperti ini.

“Karena sekarang kita lebih mengutamakan kualitas input yang masuk,” ujarnya.

Biasanya, pendaftar yang da­tang ke STIE adalah yang tidak diterima di Unand. Namun sekarang kualitas mereka sama dengan kualitas yang masuk ke Unand.

Menurut Rektor Universitas Bung Hatta, Hafrizal Syandri, ada 19 program studi yang disediakan UBH untuk UMBM ini. Beberapa prodi tersebut ada yang sama dengan Unand dan ada juga yang berbeda. Ke-19 prodi tersebut sudah memiliki akreditasi A dan B.

Sementara untuk Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, hanya mengirimkan 1 prodi, yaitu Ilmu Hukum yang berada di Bu­kittinggi dengan daya tampung 80 orang. Sedangkan mentara untuk Insitut Teknologi Padang, hanya terdapat satu prodi yang diikut­sertakan yaitu Teknik Elektro, dengan daya tampung 124 orang. Untuk STIE Dharma Andalas, juga mengi­kutser­takan prodi S1 Manaje­men dengan daya tampung 300 orang.

Dalam penentuan prodi yang bisa diajukan ke UMBM ini, terdapat beberapa kriteria. Di antaranya, minimum sudah memi­lki akreditasi B dan jenjang strata satu.

Untuk kerja sama ke depannya, diharapkan dapat terwujud elektronic library dan teleconference dengan berbagai universitas.  Pengumuman UMBM ini,  bisa dilihat pada 22 Juli mendatang melalui website Unand.

Hari Ini Pengumuman SNMPTN

Sementara itu, pengumuman  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumum­kan hari ini, Sabtu (7/6).

Unand menyediakan bangku kuliah untuk 4.940 mahasiswa baru. Universitas tertua di luar Pulau Jawa ini menyediakan 11 fakultas dan 39 jurusan. Sedangkan UNP menyediakan 2.559 kursi kuliah.

Unand sediakan 3.211 kursi untuk jalur SNMPTN, dan 1.729 untuk jalur undangan dan mandiri.

UNP menerima 2.559 maha­siswa baru melalui jalur undangan dan ujian tulis SNMPTN. Untuk SNMPTN, UNP menyediakan 1.833 kursi dan jalur undangan 404 kursi. Sisa kursi akan dipenuhi melalui Bidik Misi. Disediakan tujuh fakultas dan 47 jurusan. (h/cw-eni)

Comments (2)Add Comment
0
...
written by string, Juli 22, 2012
pengumuman UMBM Unand cara melihat'a ge mn yaa ???
smilies/wink.gif
mohon d balac ya ...
0
tanya
written by string, Juli 08, 2012
tapi kok unand gak mencantumkan daftar prodi nya??

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: