Selasa, 29 Juli 2014
Terminal Payakumbuh Dipindahkan PDF Cetak Surel
Rabu, 11 Juli 2012 02:36

TAK BERFUNGSI MAKSIMAL

PAYAKUMBUH, HALUAN — Terminal bus yang saat ini berada di kawasan Koto nan Ampek, Kota Payakumbuh, tidak lagi mendukung transportasi di Kota Payakumbuh.

Buktinya, telah beberapa tahun terakhir terminal tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.  Tak terlihat  lagi bus , baik Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) atau pun Ang­kutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan angkot  yang pernah mera­maikan terminal Kota Paya­kumbuh beberapa tahun yang lalu. Hanya ada beberapa bus tua terparkir di sudut  terminal tersebut.

Terminal yang dibangun di era tahun 80-an tersebut, telah beberapa kali di perbaiki  dan pemeliharan yang dilakukan pemerintah kota Payakumbuh. Tetapi hal tersebut tidak bisa menarik kendaraan umum  untuk singgah di terminal  tersebut.

Untuk itu, Pemerintah Kota Payakumbuh berencana akan membangun terminal baru di kawasan Jalan Lingkar. Seperti yang diungkapkan Adrian, Kadis Perhubungan Kota Payakumbuh, kepada Haluan, Senin (9/7) di kantor Perhubungan Payakumbuh.

“Terminal yang dibangun diera 80-an ini, tidak lagi mendukung transportasi kendaraan umum yang melintasi kota Payakumbuh. Hal tersebut disebabkan lokasi terminal tidak strategis lagi apabila dipertahankan sebagai terminal, di kota Payakumbuh.

Untuk itu, pemerintah beren­cana memindahkan terminal  ke kawasan jalan lingkar, karena kawasan tersebut  lebih ramai di lewati kendaraan, baik bus ataupun kendaraan lainnya. Tetapi pemerintah akan menen­tukan  lokasi yang tepat untuk pembangunan tersebut ,”ungkap Kadis perhubungan tersebut.

Adrian menambahkan, termi­nal yang ada saat ini, akan dijadikan sebagai pasar satelit masyarakat Kota Payakumbuh. (h/cw-ddg)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy