Jumat, 25 April 2014
Pembunuh Mandor PT BPP Ditangkap PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Juli 2012 02:31

Pasbar, Haluan — Setelah satu bulan penuh jadi buah bibir masyarakat di Air Bangis, teka-teki pembunuh  Rio (21), man­dor di perkebunan sawit PT Bakrie Pasaman Plantation (BPP), akhirnya terjawab.

Jajaran Polsek Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas,  Jumat (27/7), berhasil menang­kap tersangka WH  (19), di Simpang Bedengan, Keca­matan Luhak Nan Duo, Ka­bupaten Pasaman Barat.

Sebulan yang lalu, Jumat (29/6),  Rio yang dikenal sebagai warga Jorong Pasa Pokan, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), ditemukan warga Air Bangis di perkebunan sawit dalam kondisi menge­naskan. Bahkan Rio sempat diduga telah menjadi korban keganasan binatang buas.

Rupanya setelah satu bu­lan penuh, teka-teki itu akhir­nya terjawab, setelah jajaran Polsek Sungai Beremas, ber­hasil menangkap tersangka WH (19) di Simpang Bedeng, Keca­matan Luhak Nan Duo, Pasbar.

Kasus pembunuhan dan pencurian sepeda motor ini terjadi Jumat, 29 Juni lalu sekitar pukul 14.00 WIB di kebun plasma Divisi Sejah­tera, Jorong Siduampan, Keca­matan Koto Balingka. Motif­nya pencurian dan kekerasan.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP. Prabowo S melalui Kasu­bag Humas, AKP. Mud­dasir, ketika dikonfirmasi Haluan, Jumat (27/7) malam mem­benarkan penangkapan tersangka pembunuhan terse­but.

Tersangka WH sejak Ju­mat siang sudah diintai dan dibuntuti sejak dari Jorong Lubuk Gadang, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo. Kemudian sampai di Simpang Bedeng tersangka yang tengah membawa sepeda motor curian­nya, Jupiter MX warna hitam tanpa plat nomor, langsung dicegat petugas.

Dikatakan Muddasir, pe­nang­kapan tersangka dipim­pin Wakapolsek Sungai Bere­mas, Ipda. H. Sutarman bersama anggotanya Briptu Yasrizal dan sejumlah anggota lainnya.

Saat penangkapan, kata­nya, tersangka sempat mem­berikan perlawanan. Namun anggota Buser Polsek Sungai Beremas lebih sigap  menga­mankannya. Tak ayal, ter­sangka langsung digiring ke Mapolres Pasaman Barat untuk mempertanggung jawab­kan perbuatannya.

Sebelum jasadnya ditemu­kan membusuk oleh warga Air Bangis, seminggu sebelumnya Rio awalnya menghilang. Korban bekerja sebagai man­dor di Divisi Siduampan PT BPP, yang berlokasi di Keca­matan Parit Koto Balingka.

Jasad korban kemudian ditemukan oleh warga Air Bangis yang saat itu memang tengah mencari korban. Kor­ban ditemukan tepatnya usai salat Jumat (29/6). Masya­rakat yang tengah mencari Rio, mencium bau tak sedap di lokasi tempat korban ditemukan, yang jaraknya diperkirakan sekitar 5 kilo meter dari tempat Rio bekerja.

Berawal dari mencium bau tak sedap saat itu, kata Camat Sungai Beremas, Andri­naldi, sejumlah warga Air Bangis yang tengah men­cari korban mempercepat langkahnya keaarah bau menyengat itu. Hanya bebe­rapa menit setelah itu, warga yang tengah melakukan pencarian terperanjat melihat jasad korban berserakan di bawah pokok sawit di kebun milik salah seorang warga Sungai Aur.

Setelah korban ditemu­kan, warga diikuti jajaran Kepolisian Resort  Polsek Air Bangis, sempat membawa korban ke Puskesmas Parit Koto Balingka. Selanjutnya jasad korban dikembalikan pada pihak keluarga korban di Air Bangis. Dan pada hari Sabtu (30/6), jasad  korban akhirnya dimakamkan di Air Bangis. (h/nep)

Comments (1)Add Comment
0
...
written by string, September 29, 2012
Selamat untuk Polsek Sungai Beremas yang telah berhasil mengungkap kasus Pembunuhan yang sangat sadis yang selama ini sering di perbincangkan di Nagari Airbangis.

Write comment

busy