Kamis, 02 Oktober 2014
2013, SMA/SMK Terima DAK PDF Cetak Surel
Sabtu, 01 Desember 2012 04:06

PADANG, HALUAN — Ada kabar gembira untuk SMA dan SMK negeri maupun swasta di Padang. Tahun 2013, sekolah lanjutan atas ini mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan sebelumnya, DAK hanya untuk sekolah setingkat SD dan SMP saja.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Padang, Jelta Masril kepada Haluan, Jumat (30/11) kemarin menjelaskan, selama ini SMA dan SMK hanya  mendapatkan bantuan dana block grant (bantuan langsung)  dan bantuan khu­sus dari APBD Kota Padang. Namun rincian bantuan yang akan diterima SMA/SMK  tersebut, saat ini belum diputuskan.

Bantuan DAK bagi SMA dan SMK di Kota Padang ini, diharapkan dapat memper­baiki mutu pendidikan. Ban­tuan tersebut terdiri dari bantuan fisik dan peningkatan mutu melalui alat-alat pembelajaran.

Terkait bantuan DAK yang diterima SMP, dalam dua tahun terakhir ini menga­lami peningkatan penerima bantuan untuk fisik dari 17 sekolah menjadi 23 sekolah. Hal ini dikarenakan masih banyak sekolah yang rusak akibat gempa, yang harus dibantu.

“Berdasarkan data Penge­lola DAK SMP, tahun 2011 sebanyak 17 sekolah menda­pat­kan bantuan fisik dan 30 sekolah mendapatkan ban­tuan alat-alat pembelajaran. Untuk bantuan fisik sekolah tersebut dikucurkan sebesar Rp3,385 miliar,” kata Jelta.

Sedangkan pada tahun 2012, sebanyak 23 sekolah mendapatkan bantuan fisik dan 18 sekolah mendapatkan bantuan alat-alat pembelaja­ran. Untuk bantuan fisik, diberikan bantuan sebanyak Rp3,780 miliar. Sedangkan alat-alat pembelajaran sebe­sar Rp976 juta.

Bantuan fisik ini meliputi rehab berat, sedang, dan ruang kelas baru (RKB), ruang belajar lain seperti labor IPA, IPS, dan bahasa, termasuk  ruang perpustakaan. Sedang­kan bantuan alat-alat pembe­lajaran meliputi peralatan labor IPA, Matematika, IPS, kesenian, penjaskes, sarana TIK, dan lainnya.

Bantuan fisik untuk SMP pada tahun 2012, hanya  meliputi bantuan rehab fisik berat. Sedangkan alat-alat pembelajaran meliputi pera­latan labor bahasa IPA, IPS dan bahasa.

“Ini merupakan keinginan sekolah yang ingin sekolahnya yang rusak akibat gempa segera dibantu,” jelas Jelta tentang bantuan DAK yang hanya diberikan dalam bentuk rehab fisik berat. (h/cw-eni)

Comments (1)Add Comment
0
semoga percepatan peningkatan mutu dapat terwujud
written by string, Desember 01, 2012
SMA/SMK sudah saatnya terima bantuan DAK, hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang akan memberlakukan pendidikan menengah universala (PMU) di tahun 2013 ini, kami sangat berharap sasarannya lebih focus pada peningkatan dan pengembangan pendidikan vokasi atau sekolah kejuruan. Padang sebagai kota destinasi pariwisata tentunya lebih fokus pada peningkatan sumber daya manusia pariwisata, pendidikan vokasi bidang pariwisata adalah SMK kelompok pariwisata, yang tentunya akan mendidik dan melatih tenaga-tenaga kerja bidang pariwisata. untuk peningkatan akses dan pemerataan pendidikan bidang pariwisata alangkah bijaknya jika sekolah kejuruan kelompok pariwisata ini menjadi prioritas dalam pemberian DAK Kota Padang.

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: