Jumat, 26 Desember 2014
Solsel Peringati Hari Jadi ke-9 PDF Cetak Surel
Senin, 07 Januari 2013 03:18

SOLSEL, HALUAN Hari ini, Senin, 7 Januari 2013 Kabupaten Solok Selatan memperingati hari ulang tahun ke-9 yang dipusatkan di ibukota kabupaten di Padang Aro.

Untuk memeriahkan kegi­atan HUT, berbagai kegiatan sudah dilaksanakan. Mulai dari ekspedisi arung jeram di Kubang Gajah, jalan santai di Timbulun, lomba volley ball, pawai adat, makan bajamba, pameran SKPD, festival musik modern, pegelaran kesenian anak nagari, dan seminar.

Ketua Umum Panitia Pe­lak­sana Hari Ulang Tahun Kabupaten Solok Selatan ke-9, H Fachril Murad menye­butkan, HUT Kabupaten Solok Selatan diupayakan sekhidmatnya untuk disak­sikan oleh semua lapisan masyarakat. Rangkaian kegi­atan peringatan HUT akan berakhir pada Senin, 7 Janu­ari 2013.

Kilas Balik Pemekaran Kabupaten Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan merupakan hasil perjuangan panjang yang dimulai sejak tahun 1950-an yang ditandai dengan diadakannya Konfe­rensi Timbulun. Pada Konfe­rensi Timbulun saat itu digagas rencana pembentukan sebuah kabupaten dengan nama Kabupaten Sehilir Batang Hari yang memasukan wilayah Kecamatan Lembah Gumanti (Alahan Panjang), Pantai Cermin (Surian), Sungai Pagu (lama) dan Sangir (lama).

Perjuangan tersebut terca­pai setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2003. Pada 7 Januari 2004, diresmikanlah 24 kabu­paten baru di Indonesia. Untuk Sumatera Barat, ada tiga kabupaten baru, yaitu Kabupaten Solok Selatan, Dharmasraya, dan Pasaman Barat.

Tiga hari setelah dires­mikan, 10 Januari 2004, Gubernur Sumatera Barat, melantik Penjabat Bupati Solok Selatan, Drs. Aliman Salim.

Setahun kemudian, Gu­bernur Sumatera Barat, H Zainal Bakar melantik Mar­zuki Omar sebagai Penjabat Bupati Solok Selatan, untuk menggantikan Aliman Salim yang sudah habis masa jaba­tan­nya.

Kabupaten solok selatan terus menata dan menja­lankan roda pemerintah hingga terpilih bupati dan wakil bupati melalui pemili­han umum kepala daerah. Proses demokrasi perdana, terpilih pasangan Drs. Syaf­rizal J, M. Si, dengan Drs. Nurfirmanwansyah. Mereka dilantik, 20 Agustus 2005 oleh Gubernur Sumatera Barat di Pusat Kabupaten Solok Selatan di Padang Aro.

Pada pemilihan umum kepala daerah periode 2010-2015, terpilih pasangan Muzni Zakaria dan Abdul Rahman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok Selatan, yang dilantik pada 20 Agustus 2010 oleh Guber­nur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Sesuai dengan kondisi geografisnya, Alam Solok Selatan merupakan perpa­duan dari dataran rendah dan dataran tinggi yang dise­lingi sungai dan pegunungan, dengan kondisi hutan tropis yang masih asri. Kondisi alam demikian, menyimpan potensi pariwisata yang menjanjikan untuk dikembangkan. (h/col)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy