Jumat, 25 Juli 2014
Korea Siap Investasi Rp2 T di Pekanbaru PDF Cetak Surel
Rabu, 30 Januari 2013 01:10

JAKARTA, HALUAN- Perusahaan swasta asal Korea, PT Beomhan Eng siap menanamkan investasi di Kota Pekanbaru senilai Rp 2 triliun dalam pembangunan infratruktur pengadaan air bersih.

Walikota Pekanbaru Fir­daus MT kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (29/1) menjelaskan,  pihak PT Beo­m­han Eng sudah melakukan pra studi kelayakan terhadap proyek tersebut dengan 2 alternatif pengambil sumber air, yaitu sungai Siak dan Kampar.

“Dari hasil pra studi kela­yakan yang sudah mereka lakukan,  keduanya posible dengan harga air berada di kisaran Rp 7000 per kubik,” jelas Firdaus MT didampingi  Kabag Humas Pemko Pekan­baru Azharisman usai per­temuan dengan pihak PT Beomhan Eng.

Mantan Kadis PU Riau tersebut menjelaskan, bentuk kerjasama dengan pihak swasta Korea itu dalam bentuk bangun operasi transfer (BOT). “BOT selama 30 tahun. Setelah 30 tahun akan di­serah­kan ke Pemko Pe­kan­baru,” jelasnya.

Firdaus menjelaskan, ben­tuk inventasi yang akan dila­kukan PT Beomhan ada­lah  membangun infrastruktur berupa pemasangan pipa,  instalasi pengolahan dan pem­bangunan tower pe­nam­pung air. “Dari tower ini baru dibeli oleh PDAM untuk dijual kembali ke konsumen,” jelas Firdaus.

Ditambahkan Firdaus MT, perusahaan pengolahan air minum ini ditargetkan bero­perasi tahun 2018 mendatang. Dengan nilai volume air bersih yang dihasilkan kurang lebih 118000 kubik per hari. “Jika ini terealisasikan maka kebu­tuhan akan air bersih di Pekanbaru sudah terpenuhi 50 persen,” kata Firdaus.

Pejabat yang hadir men­dampingi Wali Kota Firdaus MT. Di antanya, Kadis PU Kota Pekanbaru, Azmi, Dirut PDAM Pekanbaru Edwin Supradana, Kepala Bappeda Sofyan.

Sementara konsorsium dari perusahaan Korea, an­tara lain ; Hwang Jung Uk proyek maneger Beonhan Rng, Jong Seng Scop dari Seolin Acconting Corp se­bagai fi­nance maneger dan Ju Jong Sie dari CMER Corp sebagai Construction Ma­negent. (h/sam)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy