Jumat, 29 Agustus 2014
Tingkat Kepatuhan Pajak Rendah PDF Cetak Surel
Selasa, 26 Februari 2013 01:25

DJP SUMBAR DAN JAMBI

PADANG, HALUAN— Tingkat kepatuhan Wajib Pajak (WP) Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumbar dan Jambi tahun 2012 adalah 68,29 persen, berada dibawah rata-rata nasional yaitu 85,23 persen.

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumbar dan Jambi, Nana Sumarna, Senin (26/2) mengharapkan masya­rakat Wajib Pajak segera menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tepat waktu.

“Sesuai dengan batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang akan berakhir tanggal 31 Maret 2013 ini, Wajib Pajak agar segera menyam­paikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tepat waktu,” katanya.

Dalam rangka mening­katkan kepatuhan penyam­paian SPT maka akan diada­kan Pekan Panutan Penyam­paian SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi Tahun Pajak 2012 oleh Gubernur Sumbar dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumatera Barat (FKPD).

Kegiatan tersebut akan diadakan mulai pukul 10.00 WIB di lingkungan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Prata­ma Padang jalan Bagindo Aziz Chan No. 26 Padang pada Senin, 4 Maret men­datang.

“Pekan Panutan Penyam­paian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi oleh Gubernur Sumbar dan FKPD serta masyawarakat Wajib Pajak diharapkan akan menggugah para Wajib Pajak untuk ikut patuh dan segera menyam­paikan SPT Tahunan PPh OP di KPP atau KP2KP atau Drop Box di tempat-tempat strategis lainnya,” tambahnya.

Untuk mendapatkan For­mulir SPT Tahunan, masya­rakat Wajib Pajak dapat mengunduh melalui situs www.pajak.go.id atau meng­ambil sendiri di Kantor Pela­yanan Pajak (KPP) atau Kan­tor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP­2KP) terdekat atau di Mobil Pajak Keliling/ Pojok Pajak yang berlokasi di tempat-tempat strategis.

SPT Tahunan yang sudah di isi dengan benar, lengkap dan jelas serta di tanda tangani dapat disampaikan melalui berbagai cara yaitu secara langsung ke KPP/KP2KP atau Pojok Pajak, Drop Box atau Mobil Pajak. Selain itu juga bisa melalui Kantor Pos, Perusahaan Ekspedisi/Kurir atau melalui e-Filing.

Khusus bagi pegawai Kan­wil Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi telah terlebih dahulu menyam­paikan SPT Tahunan PPh OP mereka, paling lambat tanggal 22 Februari 2013.

Diingatkan kepada Wajib Pajak yang mengisi SPT agar mengisi terlebih dahulu formu­lir lampiran baru kemudian induknya. Disetiap lembar jangan lupa mengisi identitas seperti nama, NPWP dan tahun pajaknya.

Tidak lupa juga membu­buhkan tanda tangan, karena jika tidak SPT yang dila­porkan dianggap tidak sah.

Jika ada kurang bayar maka kekurangan tersebut harus dibayar paling lambat sebelum SPT dilaporkan. Pembayaran dapat dila­kukan di kantor pos atau Bank.(h/ita)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: