Sabtu, 25 Oktober 2014
35 Sanggar Disediakan Anggaran PDF Cetak Surel
Kamis, 21 Maret 2013 02:37

PADANG, HALUAN — Tahun ini, Balai Peles­tarian Nilai Budaya (BPNB), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi kesem­patan kepada 35 sanggar seni dan budaya di Sumatera Barat, untuk mendapatkan bantuan dari lembaga tersebut.

Bantuan yang diberikan berupa pengadaan peralatan, pengadaan kostum, perbaikan sanggar, dan pengadaan pera­latan lainnya. Pengelola sang­gar hanya diminta mengaju­kan proposal ke BPNB untuk mendapatkan bantuan itu.

“Kami akan bantu fasili­tasi. Nanti setelah proposal dikirim, ada penilaian oleh tim pusat yang akan menge­cek ke lokasi sanggar. Baru dana bantuan dicairkan dari Kementerian langsung ke rekening pengusul,” kata Kepala BNPB Padang, Nurma­tias di kantor Haluan kema­rin (20/3).

Dia mengatakan selama ini belum banyak sanggar yang mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan tersebut. “Yang sudah kami bantu itu, 9 sanggar dari seluruh Sumbar. Nilai ban­tuannya Rp150 juta masing-masing sanggar,” katanya.

Selain bantuan kegiatan dan perbaikan sanggar, Nur­matias mengatakan BPNB juga mene­rima tenaga pamong untuk membantu kegiatan pendataan dan pelestarian budaya lokal. Pamong-pamong tersebut akan difasilitasi peralatan kerja, dan penem­patan di daerah. “Informasi lengkapnya silakan nanti datang ke kantor BPNB,” ujarnya.

Disambut Penanggung­jawab Minggu Haluan, David Ramadian, Nurmatias menje­laskan program-program yang akan dijalankan lembaganya. Salah satu yang paling menon­jol adalah program revitalisasi kesenian langka di Sumbar. Mengambil tema Baretong di Hari Tarang, dia menyebut kegiatan itu dilaksanakan setahun penuh.

“Tepatnya setiap dua ming­gu ada penampilan kese­nian langka dari berbagai daerah di Sumbar. Sehingga ini memacu tumbuhnya kecin­taan masyarakat terhadap kebudayaan lokal,” jelasnya.

Kegiatan tersebut katanya bertujuan untuk memperta­han­kan budaya dan kesenian tradisional masyarakat yang mulai tidak dilirik lagi oleh generasi muda. Selama kegia­tan, seluruh sanggar kesenian di Sumbar, dan pelaku-pelaku kesenian diikutsertakan. Pelaksanaan kegiatan sendiri baru dimulai pada 13 April 2013, hingga 4 Januari 2014. (h/cw-sal)

Comments (4)Add Comment
0
...
written by string, September 16, 2014
pa bisa sanggar seni Ranazafa bengkulu,provinsi bengkulu mengajukan proposal bantuan dan pegelaran
0
...
written by string, September 16, 2014
pa bisa sanggar seni budaya dari propinsi bengkulu mengajukan proposal bantuan dan pegelaran
0
bantuan
written by string, September 16, 2014
pa bisa sanggar seni budaya dari bengkulu mengajukan proposal pegelaran ataupun bantuan
0
serjana
written by string, Maret 23, 2013
apa bisa sanggar seni budaya dari sulawesi selatan mengajukan proposal

Write comment

busy