Sabtu, 01 November 2014
Pilkada Sawahlunto Dua Putaran PDF Cetak Surel
Jumat, 17 May 2013 02:43

ALIS DAN ERIMELDI BERSAING

Hasil sementara Pilkada Kota Sawahlunto belum ada pasangan yang memperoleh suara melebihi 30 persen. Pasangan Ali Yusuf-Ismed dan Erizal Ridwan-Emeldi bersaing ketat. Kemungkinan Pilkada ini akan berlangsung dua putaran.

SAWAHLUNTO, HALUAN — Meski masih menunggu hasil penghitungan dan penetapan di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sa­wahlunto, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) ‘Kota Arang’ untuk masa jabatan 2013-2018 diperkirakan harus me­masuki putaran kedua. Pasangan Ali Yusuf-Ismed dan Erizal Ridwan-Emeldi bersaing ketat dalam perolehan suara.

Hingga berita ini diturunkan, tim kampanye pasangan Erizal Ridwan – Emeldi yang berhasil merampungkan penghitungan, merilis tidak satupun pasangan yang berhasil mendulang suara melebihi 30 persen.

Tim Pemenangan Eri – Meldi merilis dari 31.683 surat suara sah, pasangan Ali Yusuf– Ismed mendapatkan 9.433 suara atau 29,77 persen, pasangan Irwan Husein – Dasrial Ery menangguk 3.787 suara atau 11,95 persen.

Pasangan Erizal Ridwan – Emeldi mendulang 9.257 suara atau 29,22 persen, sedangkan pasangan Taufik Syamsir – Nasirwan yang maju melalui jalur independen mengantongi 1.100 suara.

Terakhir, pasangan Fauzi Hasan – Deri Asta, yang diusung Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrasi Pembaharuan dengan nomor urut lima itu, mendapatkan 8.106 suara atau 25,58 persen.

Masih menggunakan data reka­pitulasi pasangan Erizal Ridwan – Emeldi, terlihat tingkat penye­baran suara yang beragam dari lima pasangan calon, pada empat keca­matan yang ada di Kota Sawahlunto.

Pasangan Ali Yusuf – Ismed terlihat mendominasi di Kecamatan Barangin dan Talawi. Dari 9.402 suara di Kecamatan Barangin, pasangan yang akrab disapa Alis tersebut mendulang 3.074 suara. Sedangkan di Talawi, pasangan tersebut mendapatkan 4.200 suara dari 9.961 suara.

Sementara itu, untuk kecama­tan Lembah Segar dan Silungkang didominasi pasangan Fauzi Hasan – Deri Asta. di Lembah Segar, Fauzi mengantongi 2.046 suara, sedang­kan di Silungkang menyabet 2.486 suara.

Meski mendominasi di dua kecamatan, pasangan Fauzi Hasan dan Deri Asta, tidak bisa masuk dalam putaran kedua. Pasalnya, pasangan yang akrab disapa Fader itu, harus menempati urutan ketiga, dengan perolehan 8.106 suara.

Sementara itu, pasangan Erizal Ridwan – Emeldi, meski tidak mendominasi di satu kecamatan pun, namun memiliki perolehan suara yang merata di setiap keca­matan yang ada.

Sehingga, dengan total 9.433 suara yang mereka kantongi, ber­dasarkan rekapitulasi yang dilaku­kan, dipastikan mereka berhak untuk mengikuti laga final di putaran kedua Pilkada Sawahlunto.

Sementara itu, rekapitulasi versi pasangan Fauzi Hasan – Deri Asta, perolehan suara sedikit berubah. Meski demikian tidak mengubah keadaan tetap dilaksa­nakannya Pilkada putaran kedua.

“Hasil rekapitulasi kami sedikit berbeda, namun tetap terjadi Pilkada putaran kedua,” ujar Epy Kusnadi, salah seorang tim kampa­nye pasangan Fauzi Hasan – Deri Asta kepada Haluan, memper­lihatkan hasil rekapnya.

Dalam rekapitulasi pasangan Fauzi Hasan – Deri Asta, Ali Yusuf – Ismed mengantongi 9.373 suara atau 29,92 persen. Sedangkan nomor urut dua, Irwan Husein – Dasrial Ery, memperoleh 3.801 suara atau 12,13 persen.

Pasangan Erizal Ridwan – Emeldi mendapatkan 9.059 suara atau 28,91 persen. Pasangan Taufik Syamsir – Nasirwan memperoleh 1.128 suara atau 3,6 persen. Sedangkan Fauzi Hasan – Deri Asta sendiri mengantongi 7.971 suara atau 25,44 persen.

Sementara itu, tim pasangan Ali Yusuf – Ismed, hingga berita ini diturunkan belum meram­pungkan perhitungan versinya. Tim pasangan tersebut, masih menunggu berkas dari setiap tempat pemungu­tan suara untuk direkapitulasi.

Wakil Ketua Pemenangan pasa­ngan Ali Yusuf – Ismed, Zainal Syamza mengatakan rekapitulasi yang dilakukan pihaknya belum rampung. Hasil penghitungan sementara belum bisa dirilis untuk konsumsi publik.

“Kami belum bisa merilis hasil rekapitulasi sementara. Berkemung­kinan, hasil rekap bisa dipublika­sikan Jumat,” ujar Zainal Syamza melalui telepon genggamnya.

Ketua KPU Sawahlunto, Mar­dha­tillah kepada Haluan menga­takan, pihaknya belum bisa mengu­mumkan kepada masyarakat hasil pelaksanaan Pilkada Sawahlunto. Pasalnya, KPU baru akan mela­kukan penghitungan suara pada 20 hingga 22 Mei mendatang.

“Kalau terjadi Pilkada putaran kedua, berkemungkinan akan dilakukan 25 Juli mendatang,” ujar Mardhatillah.

Angka Golput Capai 25 Persen

Dari hasil rekapitulasi dua tim pemenangan calon terlihat, surat suara yang sah berkisar pada angka 31.332 hingga 31.683 suara. Angka tersebut terbilang jauh dari data pemilih tetap (DCT) yang mencapai angka 42.786 pemilih.

Setidaknya lebih dari 11 ribu pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya, atau lebih dari 25 persen pemilih tidak menggunakan hak pilihnya. Angka tersebut, bisa dika­takan sebagai angka golput dalam Pilkada Sawahlunto putaran pertama.

Terkait perkiraan angka golput tersebut, Mardhatillah mengaku partisipasi pemilih sebesar 74 persen lebih itu, terbilang tinggi. Dibandingkan dengan beberapa Pilkada daerah lain di Indonesia, angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Sawahlunto tinggi.

“Angka 74 persen, terbilang partisipasi yang sangat tinggi jika dibandingkan dengn pelaksanaan pemilihan kepala daerah di bebe­rapa daerah lain,” tambahnya. (h/dil/hel)

Comments (1)Add Comment
0
...
written by string, Mei 17, 2013
mudahan siapapun yang menang bisa membawa perobahan kehidupan rakyat aamiin

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: