Jumat, 25 April 2014
PU Bangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu PDF Cetak Surel
Selasa, 28 May 2013 02:14

AGAM, HALUAN— Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Agam, terus mengembangkan loka­si­tempat pembuangan sam­­pah terpadu (TPST) gu­na mengatasi pro­duk­si sampah masya­ra­kat­yang terus me­ning­kat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Agam, Yunaldi ST, Senin (27/5) di Lubuk Basung mengatakan, Sesuai dengan Ren­cana Pembangunan Jangka Me­nengah (RPJM) maka Tahun 2013 ini DPU telah melakukan survey ke beberapa lokasi TPST di Kecamatan Palupuh, antara lain Nagari Pasia laweh dan Pagadih.

Ia menjelaskan, pada tahun 2013 ini, Kabupaten Agam men­dapatkan dana APBN untuk pembuatan Dokumen DED Tem­pat pengolahan Sampah Terpadu (TPST) sejumlah Rp500 Ju­ta.­ Kelengkapannya akan didukung dengan dokumen Amdal dan dokumen perencanaan pengadaan TPST. “Setelah dokumen lengkap kita ajukan proposal pembangunan TPST di wilayah yang rencananya di Kecamatan Palupuh,” katanya.

Menurutnya, jika tempat pe­nampungan dan pengelolaan terpadu di Palupuh selesai diha­rapkan menampung sampah untuk wilayah Kabupaten wilayah Agam timur dan Kota Bukittinggi.

Selain itu, pihaknya juga akan membuka TPST Sungai Jariang Lubuk Basung dengan Luas 5,2 Ha, saat ini dalam proses pem­bangunan selesai akhir 2013 dengan dana APBN Rp12 Miliyar.

Pembangunan TPST Sungai Jariang Lubuk Basung prosesnya dimulai Pada bulan Juli tahun 2011. Dengan melakukan menga­ju­kan proposal ke pusat untuk pem­bangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), kemu­dian diusulkan ke Bagian Perta­nahan Sekretariat Daerah Kabu­paten Agam untuk pembebasan lahan. “Pada tahun 2011 juga telah dibuat Dokumen UKL/UPL Pem­bangunan TPST dan Dokumen Review DED Pembangunan TPST. Keseluruhan dokumen selesai Desember 2011,” ungkapnya.

Pembangunan TPST sudan direncanakan dengan ma­tang,­dengan Pertimbangan Tempat Pembuangan Akhir Sampah berlo­kasi di Manggis Kenagarian Lubuk Basung Kecamatan masih digunakan dengan luas 0,7 Ha masih berstatus lahan sewa.

“TPA ini bertahan sampai sekarang diharapkan menunggu beroperasinya TPST Sungai Jariang Lubuk Basung dapat selesai dibangun tahun Anggaran 2013,” ungkapnya. (h/yat)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy