Sabtu, 25 Oktober 2014
Tong Setan, Antraksi Menantang Maut PDF Cetak Surel
Kamis, 20 Juni 2013 02:25

Permainan yang satu ini membutuhkan kemauan, teknik dan nyali.  Kalau hanya modal nekad saja tidak akan pernah berhasil. Itulah penakluk akrobat, tong setan sering juga disebut atraksi menantang maut.

Kenapa dibilang menantang maut?

Karena aktraksi ini tidak menjalankan sesuatu pada tempatnya. Seperti motor berjalan di jalan yang datar begitu juga dengan mobil. Tetapi atraksi yang satu ini berjalan di dinding tong yang besar dengan menggunakan motor se­hingga kelihatan miring dan berpu­tar dengan cepat.

Dengan berjalan di dinding tong itulah atraksi tong setan itu dimulai. Keahlian ini tidak semua orang yang bisa memerankannya, tidak juga orang yang hobi main motor cross, namun, yang mengen­darainya harus orang yang sudah ahli.

Salah satu atraksi maut ini berasal dari Kediri. Atraksi Maut Tong Edan Taman Ria Fair yang saat ini sedang menunjukkan atrak­sinya di Padang Fair GOR Haji Agus Salim Padang. Tiga orang pemain tong edan ini semuanya sudah mahir dan mendalami per­mai­nan edan ini sudah bertahun-tahun sehingga pengalaman demi pengalaman sudah mereka dapat­kan.

Mereka terdiri dari Edo  Brastia, Aloy dan Joko Blantis. Mereka memerankan atraksi maut ini dengan bertaruh nyawa. Karena kalau salah teknik maka bisa-bisa motor yang dikendarai  menimpa kaki atau tangan bisa patah.

Namun, mereka bertiga mencari teknik yang jitu supaya atraksi mereka tidak mencelakakan nyawa mereka sendiri. Menurut Edo, yang berasal dari Jogja ini, dia mem­butuhkan waktu mendalami atraksi tong setan tersebut selama 5-6 bulan belajar. Setelah itu baru dibolehkan menunjukkan atraksinya kepada penonton.

“Belajarnya butuh waktu selama 5 sampai 6 bulan saja. Setelah dirasa cukup baru menunjukkan atraksi yang kita miliki kepada penonton. Selama waktu belajar memang tangan lecet, bahu terkilir serta cedera ringan lainnya kami alami. Tetapi selama atraksi belum ada yang cedera,”tutur Edo.

Karena menurut Edo, kalau menujukkan atraksi hal pertama yang harus dilakukan adalah fokus kepada tujuan. Yaitu harus bisa menaklukkan dinding tong setan selama mungkin dan jangan sampai cedera dan fokus.

“Perlu ketenangan dalam me­­me­rankan atraksi ini, karena kalau salah bisa-bisa penonton yang kena. Seorang yang me­mainkan atraksi maut ini sudah memperhitungkan seberapa tinggi dia melompat untuk mengambil sawerannya,”tutur Edo.

Tong maut yang ketinggiannya mencapai 4 meter tersebut di atasnya disesaki oleh penonton yang menyaksikan atraksi tersebut sehingga seorang atraksi maut itu harus bisa mengendalikan mo­tornya, karena kalau salah bisa-bisa penonton kena hamtam.

Saweran merupakan salah satu khasnya dari tong setan ini, sehing­ga pemain atraksi ini berusaha meraih saweran tersebut dengan keluar dari tong.

Joko Blantis yang paling senior antara ketiga pemain tong setan ini mengatakan, bagi yang belum tahu atraksi di lapangan akan diberikan trik-trik yang jitu.”Ini merupakan atraksi maut, dan nyawa tantangannya sehingga diselipkan kata-kata maut pada atraksi tersebut. Karena benar-benar berbahaya bagi yang tidak propesional,”ulas Joko Blantis.

Yang paling penting menurut Joko Blantis adalah kecepatan, keseimbangan, tahan  pusing dan modal nekat karena kalau salah satu antara yang empat tersebut tidak ada maka atraksi tersebut tidak akan maksimal.

“Semisalnya kita tidak tahan pusing, maka stir motor yang dikendarai bisa lepas dari tangan. Kalaupun kecepatan dan keseim­banagn tidak kita perkirakan maka tong yang berbentuk bulat meling­kar itu tidak akan bisa dikeli­lingi,”papar Joko Blantis lagi.

Selain itu, keberanian sangat perlu karena kalau rasa takut terus menghantui maka semua atraksi tersebut tidak akan berhasil. Sebab, rasa takut yang ada di dalam pikiran bisa menghilangkan keseim­bangan. (h/cw-oos)

Comments (1)Add Comment
0
Tanya Tong Setan
written by string, Juni 12, 2014
Halo,
bisa bantu saya untuk kontak Tong Setan (Santo) ini engga..
nama perkumpulan, nama pengurus, nomor telepon, atau alamat.
saya mau bikin projek tentang Tong Setan.
tolong banget saya dibantu ya.

Nama saya Salman,
nomor HP: 08567333083

Write comment

busy