Jumat, 24 Oktober 2014
Memilih Ransel PDF Cetak Surel
Senin, 14 Maret 2011 01:14

Bagi Anda yangs erring be­pergian, tentu tak asing de­ngan ransel atau kerap disebut backpack atau rucksack ada­lah peranti utama bagi se­orang backpacker. Tanpa ben­da ini agak sulit bagi kita menampung barang kebu­tuhan selama jalan, kemping bahkan bila perlu bermalam di alam bebas. Ransel juga men­jadi pilihan utama karena kepraktisan, kemudahan dan kemampuan packing yang memadai.

· Memilih ransel ber dasar macam aktivitas apa yang ingin dilakukan. Perjalan se­hari, beberapa hari, jelajah kota atau expedisi.

· Buat gambaran atau daf­tar barang apa saja yang akan dibawa. Ini berkaitan dengan kapasitas backpack dan bentuk desain. Kapasitas ransel disebutkan dengan liter atau cubic inches (Amerika Utara).

· Ukuran ransel dihitung dari jarak tulang punggung tepat dibawah leher hingga titik diatas tulang pinggang. Setiap manufacturer ransel punya cara pengukuran sendiri dengan setting harnes pinggang/bahu yang berbeda. Jadi belum tentu ransel buatan luar negeri cocok untuk orang Indonesia yang cenderung bertubuh lebih kecil. Maka jangan terlalu berorientasi pada label.

· Di toko jangan ragu mencoba dengan barang di dalamnya, bila perlu pinjam tenda / sleeping bed sebagai beban.

· Lihat kantung-kantung tambahan di kanan kiri, atas dan bawah juga straps samping dan bawah. Masing-masing punya kegunaan dan fungsi. Kantung tambahan untuk tempat benda yang se ring kita pakai, dan straps untuk mengaitkan barang seperti sleeping bag, matras dan tripod/tongkat jalan.

· Beri ekstra perhatian jika kita membawa alat elektronik. Satu perlindungan saja (tas kecil) tidak cukup. Karena itu pilih yang punya raincover (pelindung/penutup ransel dari hujan).  (h/kjt)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: