Jumat, 31 Oktober 2014
Tunjangan Anak Pensiun Sampai Usia 25 Tahun PDF Cetak Surel
Kamis, 01 Agustus 2013 01:35

JIKA MASIH SEKOLAH

PADANG, HALUAN – PT Taspen (Persero) tidak hanya pelaksana program pem­bayaran pensiun, namun juga memberikan tunjangan anak pensiun.

Bahkan, tunjangan anak dari sampai batas usia 21 tahun dapat diperpanjang sampai 25 tahun, apabila sang anak masih melan­jutkan pendi­di­kan. Bagi pen­siun yang mem­perpanjang tun­jangan anaknya, penyampaian su­rat keterangan sekolah/kuliah diatas untuk Tahun Ajaran 2013/2014 dan sudah diterma di PT Taspen (Persero) Cabang Padang pada akhir bulan Oktober 2013.

Jika penyampaian surat keterangan sekolah/kuliah tersebut melewati batas waktu yang ditetapkan, maka pem­bayaran tunjangan anak plus tunjangan beras akan dihentikan semen­tara dalam Daftar Pembayaran Pensiun (Dapem) bulanan bulan berikutnya.

“Syaratnya yang pertama tentunya bukti si anak masih sekolah dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah/perguruan tinggi yang menyatakan anak tersebut masih bersekolah/kuliah. Masa pelajaran pada sekolah/kursus/perguruan tinggi tersebut sekurang-kurangnya satu tahun pela­jaran,” kata Kepala Cabang PT Taspen Padang, Mohamad Djuri didampingi Kepala Bidang Umum dan SDM, Zabirin kepada Haluan, kemarin.

Selain itu, lanjut Djuri syarat lainnya surat keterangan belum pernah kawin/nikah yang dikeluarkan oleh lurah, surat keterangan tidak mempunyai penghasilan sendiri dari kelurahan, surat keterangan tidak menerima bea siswa dari pihak sekolah/perguruan tinggi. Untuk mem­permudah mengakses ke database, penerima pensiun  menyertai foto copy Kartu Identitas Pensiun (KARIP).

Lebihlanjut dijelaskan bahwa, pe­ngurangan tunjangan anak akan ber­dampak kepada pengurangan tunjangan beras. Adapun besarnya tunjangan anak adalah dua persen dari besarnya pokok pensiun. Sedangkan untuk tunjangan beras saat ini adalah Rp67.500 per jiwa.

“Berdasarkan Surat Edaran Direksi PT Taspen (Persero) No. SE-16/DIR/2003 tanggal 13 Agustus 2003 perihal Pembayaran tunjangan anak diatas usia 21 tahun yang masih sekolah disebutkan bahwa pemba­yaran tunjangan anak dapat dibayarkan kembali sejak diterimanya Surat Keterangan Sekolah/kuliah oleh KC PT Taspen (Persero) Padang dan tidak berlaku surut,” tambah­nya. (h/vid)

Comments (5)Add Comment
0
wiraswasta
written by string, Oktober 29, 2014
maaf pak mau tanya bapak saya kan sudah meninggal, kemudian ibu dan adik saya mendapatkan pensiun, yang saya ingin tanyakan, sampai umur berapa adik saya mendapatkan pensiun? sekarang umur adik saya 22tahun. sudah selesai kuliah. Apakah adik saya menerima pensiun sampai umur 25tahun? trimakasih
0
Mahasiswi
written by string, Juli 23, 2014
Mau nanya pak,,,saya mahasiswi Universitas Terbuka. yang jadi pertanyaan saya apakah saya pas menginjak usia 25 th langsung berhenti atau pas menginjak 26th?Soalnya saya masih kuliah,,,dan belum lulus kuliah...dan masih perlu dana pensiun almarhumah mamaku untuk membayar kuliah. Terima kasih..harap dijawab pak...
0
tanya
written by string, Juli 22, 2014
Saya mau tanya pak.. Kan klo di SK pensiun di tulis,dapat menerima sampai usia 25thn... Yg jd pertanyaan apaakah pas menginjak usia 25thn lgsung berhenti,apa pas menginjak 26thn??
0
tanya
written by string, Juni 09, 2014
mau nanya pak..sy mhsswi sem 8..umur 21 agustus depan..gimana itu pa msih bisa dapat tunjangan ga smpai umur 25..mhon dijwab pa..terimakasih..smilies/smiley.gif
0
mahasiswa
written by string, April 11, 2014
permisi pak mau tanya.. umur saya skarang jlan 25 thn. sbentar lagi umur saya sudah 25 thn tp masih kuliah apa masih bisa mngambil tunjangan anak pensiun klo lbih dri 25 thun ???

Write comment

busy