Kamis, 31 Juli 2014
DCS Sawahlunto Berpeluang DCT PDF Cetak Surel
Selasa, 13 Agustus 2013 02:13

TAK ADA SANGGAHAN

SAWAHLUNTO, HALUAN – Seluruh bakal calon anggota legislatif yang ada dalam daftar calon sementara (DCS) besar kemungkinan lolos jadi daftar calon tetap (DCT). Ini terjadi setelah tidak ada satu pun sanggahan terhadap 207 DCS yang telah diumumkan beberapa waktu lalu.

“Entah masyarakat tak peduli atau tak mau tau, yang pastinya tak ada surat sanggahan terhadap balon DCS ini. Padahal, pengu­muman DCS menjadi DCT dilak­sanakan 26 Agustus ini,” ujar Indra Yosef Datmy, Koordinator Divisi So­sialisasi dan Hukum KPU Sawah­lunto, kepada Haluan, Senin (12/8).

Tidak adanya sang­gahan dari masyarakat menandakan balon legis­latif yang terdaftar di DCS itu dapat di terima masyarakat. Dengan de­mi­kian, dapat dipastikan seluruh bakal calon wakil rakyat ‘Kota Arang’ akan lolos dan masuk dalam daftar calon tetap (DCT).

“Hingga waktu pemberian tang­gapan dan sanggahan ditutup, tidak satupun masukan dan sanggahan yang di­berikan masyarakat ter­hadap calon semen­tara yang ada,” kata­nya lagi.

Indra Yosef menga­takan, 207 bakal calon wakil rakyat Sawah­lunto, berasal dari 11 partai, yakni Partai Nasdem, PKS, PDI-Per­juangan, Golkar, Gerin­dra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura dan PBB, serta PKP-Indonesia.

Dari 12 partai na­sional, Partai Kebang­kitan Bangsa yang ti­dak mendaftarkan seorang calon wakil rakyat pun, dalam perebutan kursi DPRD Kota Sawahlunto. Sementara itu, PBB dan Gerindra tidak mengisi penuh seluruh alokasi kursi bakal calon yang disediakan.

Sementara itu, terkait daftar pemilih sementara hasil perbaikan, akan diumumkan dalam pekan ini. Meski demikian, bagi masyarakat yang belum terdaftar masih bisa mendaftarkan diri melalui desa dan kelurahan setempat.

“Untuk pemilih, KPU Sawah­lunto sedang melakukan monitoring ke 37 desa dan kelurahan, yang ditujukan untuk menggenjot kinerja panitia di tingkat kecamatan maupun panitia pemungutan suara,” ujar Desy Fardila, anggota KPU Sawahlunto lainnya.

Desy mengatakan, masyarakat Sawahlunto dapat melakukan pengecekan terdaftar atau tidaknya sebagai pemilih, dalam pemilu legislatif yang dilaksanakan 9 April 2014 mendatang.

Untuk pengecekan, dapat dilihat secara online melalui website komisi pemilihan umum. “Yang jelas, KPU akan terus berusaha untuk mening­katkan partisipasi pemilihan dalam pemilu yang akan digelar men­datang,” ujarnya. (h/dil)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: