Sabtu, 19 April 2014
Lima Kapolres Dimutasi PDF Cetak Surel
Senin, 02 September 2013 02:40

POLWAN KEMBALI PIMPIN POLRES DI SUMBAR

PADANG, HALUAN — Lima Kapolres di Sumbar dimutasi bersama perwira lainnya di jajaran Polda Sumbar. Mutasi tersebut sesuai dengan Surat Telegram (ST) Kapolri nomor ST/1727/VIII/2013, Sabtu (30/8).

Informasi yang dihimpun Haluan menyebutkan, lima Kapolres tersebut yakni Kapol­resta Padang Kombes Pol. Moch Seno Putro pindah menjadi Kasubdit Pamwaster Dit. Pamobvit Baharkam Polri digantikan oleh AKBP Wisnu Andayana, yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Sumbar.

Dari catatan Haluan, Wis­nu menjadi pejabat Kasatwil (Kepala Satuan Wilayah) hingga tiga kali menjabat di lingkungan Polda Sumbar. Sebelumnya,  Wisnu pernah menjabat sebagai Kapolres Padang Panjang dan terakhir, Kapolres Bukittinggi. Wisnu sempat mentereng namanya, ketika ia bersama jajarannya, sukses menghentikan langkah perampok ATM di kampus UBH Padang tahun 2010 lalu.

Kapolres Bukittinggi AKBP Eko Nugrohadi dimutasi men­jadi Waka SPN Polda Jateng di­ganti­kan AKBP Amir­jan, se­belum­nya menjabat sebagai Kapolres Padang Pariaman. Kemudian Kapolres Padang Pariaman diisi oleh AKBP Tofik Ismail dari Kasu­bag Binpers Bag. SDM Roren­min Lemdikpol.

Kemudian Kapolres Tanah Datar AKBP Lutfi Martadian dipindahkan menjadi Kabid Propam Polda Sumbar, dan digantikan oleh AKBP Nina Febri Linda dari Kasubagsun PP Bagsunkum Rosiunluhkum Divkum Polri.

Dari catatan Haluan, AKBP Nina menjadi Kapolres Polwan ketiga di Sumbar. Sebelumnya, AKBP Rosmita tercatat sebagai Kapolres Polwan pertama yang men­jabat di Sumbar. Ia pernah menjadi Kapolres Solok-Aro­suka dan Pesisir Selatan. Setelah itu, ada nama AKBP Maulida yang menjabat se­bagai Kapolres Agam.

Serta Kapolres Solok AKBP Bambang Ponco Su­tiarso pindah menjadi Kasubag Renmin Dit Polair Baharkam Polri, dan digantikan oleh AKBP Tommy Bambang Ira­wan dari Kasubdit II Intelkam Polda Sumbar.

Sementara itu, di jabatan Polda Sumbar juga ada per­gan­tian yakni Dir Polair Kombes Pol Deny Pudjianto dipindahkan ke Dir Polair Polda Kalimantan Selatan (Kamsel), dan digantikan oleh AKBP Isnanta Tri Nugraha dari Irbidops Itwasda Polda Kepri, dan Dir Pamobvit Kombes Pol. Budi Yuwono menjadi Dosen Akpol Lem­dikpol, digantikan oleh Kom­bes Pol. Duhianta, dari Gadik Utama Dit Akademik Akpol.

Kemudian dua jabatan sudah lama kosong diisi oleh AKBP Pipit Rismanto sebagai Wadir Resnarkoba Polda Sumbar, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bangka Polda Kep. Babel, dan AKBP Eddy Djunaedi sebagai Wadir Lantas Polda Sumbar, yang sebelumnya menjabat Kapolres Ngawi Polda Jatim.

Setelah itu, untuk mengisi kekosongan Wadir Reskrimsus Polda Sumbar yang dijabat oleh Wisnu Andayana digan­tikan oleh AKBP Yohanes Hernowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu.

Kabid Humas Polda Sum­bar AKBP Syamsi mengakui bahwa ada sejumlah perwira di jajaran Polda Sumbar dimutasi yang sesuai dengan ST Kapolri. Pergantian ter­sebut dilakukan hanya untuk penyegaran, dan tidak ada hubungan semua perwira dimutasikan ini bermasalah.

Dijelaskannya, dengan pergantian ini semoga bisa merubah menjadi lebih baik di jajaran Polda Sumbar. Namun saat ditanyakan ka­pan serah terima jabatan (Sertijab), kata Syamsi, pihak­nya belum mengetahui kapan akan dilakukan.“Nanti kita kabarkan kepada rekan-rekan kapan akan dilakukan sertijab ter­hadap sejumlah perwira ter­sebut,” kata Syamsi, Minggu (1/9). (h/mat)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy