Jumat, 31 Oktober 2014
Pelamar CPNS Belum Bisa Mendaftar PDF Cetak Surel
Rabu, 04 September 2013 01:47

FORM SUDAH ADA

PADANG, HALUAN — Badan Kepe­gawaian Nasional (BKN), secara resmi telah membuat form pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 secara online. Form pendaftaran tersebut, telah dapat diakses oleh seluruh pelamar pada webside sscn.bkn.co.id, mulai 3 sampai 28 September 2013.

Sayangnya, calon pelamar kategori umum, belum bisa melakukan pendaftaran, lantaran Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang ditunjuk BKN untuk me­lakukan perekrutan CPNS, belum membuat laporan formasi di web­side tersebut.

Namun, untuk mekanisme pen­daftaran, dan syarat-syarat pen­daftaran sudah di buat oleh BKN. Untuk mekanisme pen­daftaran, tugas yang harus dila­kukan pelamar yakni, mela­kukan registrasi online, dan mencetak formulir pendaftaran untuk proses validasi data di instansi masing-masing.

Setelah diverifikasi, dan dinya­takan lengkap oleh panitia, maka pelamar meminta nomor peserta tes CPNS untuk nomor ujian nantinya.

Sedangkan syarat-syarat yang harus dilengkapi oleh pelamar, yakni telah terdaftar sebagai Tenaga Pencari Kerja pada Bursa Kesem­patan Kerja Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi masing-masing.

Membuat surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri. Kemudian, Daftar Riwayat Hidup (DRH) meliputi pendidikan formal dan informal serta pengalaman.

Khusus pendidikan formal harus dituliskan mulai Sekolah Dasar sampai dengan pendidikan terakhir, nama lembaga pendidikan, tahun lulus pendidikan dan nilai rata-rata ijazah atau IPK.

Fotocopy legalisir Surat Kete­rangan Catatan Kepolisian (SKCK), untuk melamar pekerjaan dari Kantor Kepolisian setempat yang masih berlaku.

Fotocopy legalisir Surat Kete­rangan Berbadan Sehat dari dokter atau Rumah Sakit Pemerintah. Fotocopy Ijazah atau STTB terakhir yang disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

Transkrip nilai akademik yang dilegalisir oleh Dekan Fakultas bagi Perguruan Tinggi Swasta sesuai peraturan pemerintah. Terakhir fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

Sebagaimana pemberitaan sebe­lumnya, enam kabupaten kota, dan Pemprov Sumbar telah mendapat jatah perekrutan CPNS sebanyak 624 orang.

Kepala BKD Sumbar Jaya Disman mengatakan, pihaknya masih menunggu rincian formasi lima kabupaten/kota dari BKN. Karena sampai saat ini, BKN baru memberikan rincian formasi kepada Pemprov Sumbar, dan Kepulauan Mentawai.

“Sebelumnya, BKN baru mene­tapkan jumlah formasinya. Untuk rinciannya, kami masih menunggu, informasi. Setelah itu baru diu­mumkan secara resmi, dan se­rentak,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, berdasarkan informasi yang didapatnya, pihak BKN akan memberikan informasi rincian formasi CPNS paling lam­bat 10 hari mendatang.

“Jadi, kalau dalam jangka 10 hari mendatang BKN memberikan rincian formasinya, maka satu hari setelah itu, kami akan mema­sukkan data rincian formasi ke webside BKN. Sehingga, calon pelamar bisa melakukan pen­daftaran,” terangnya. (h/wis)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy