Kamis, 24 April 2014
10 Pasang PNS Solsel Gugat Cerai PDF Cetak Surel
Senin, 09 September 2013 01:57

SOLSEL, HALUAN — Sebanyak 10 pasang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Setdakab Solok Selatan menjalani sidang gugat cerai. Kepala BKD Solsel Ismael mengatakan, tahun ini ada 10 orang. “Mereka ingin cerai karena tidak menemukan jalan baik lagi,” ujarnya.

Majelis Pertimbangan Pegawai (MPP) Kabupaten Solok Selatan menyidang 10 orang PNS di ruang kerja Sekdakab Solsel, pekan lalu.

Dari 10 pasang tersebut, delapan pasang menyatakan tetap bercerai. Sedangkan satu pasang rujuk dan satu lagi dipending.

Ismael menjelaskan, mereka mengajukan perceraian untuk mendapatkan rekomendasi dari MPP. Karena, syarat perceraian PNS melalui prosedur hukum. Usai surat rekomen­dasi tersebut didapat, maka mereka melanjutkan sidang perceraian di Pengadilan Agama.

Ia mengatakan, MPP tetap berupaya memberikan pembinaan terhadap PNS ter­sebut. “Kita tetap ajak mereka untuk berbaikan (rujuk-red). Dari hasil tersebut, hanya satu orang yang mau untuk rujuk lagi. Satu pasang lagi pending. Inilah waktu bagi mereka memikirkan dengan matang rencana perceraian tersebut,” terangnya.

Kabid Pembinaan dan Disiplin Widiya menjelaskan, pegawai yang mengajukan perceraian itu pada umumnya dikarenakan hubungan yang retak. “Mereka tidak bisa menjalin hubungan rumah tangga. Ada yang bertengkar terus. Ada yang karena suaminya tidak pulang-pulang. Ada pula yang tidak memberi nafkah lagi,” jelasnya.

Katanya, mereka yang mengajukan per­ceraian berasal dari tenaga pendidik/guru, tenaga medis, dan pegawai teknis lainnya. “Kami melalui sidang MPP hanya bisa memberikan nasihat dan saran. Inilah bentuk pembinaan yang kami lakukan. Kalau mereka sudah sama-sama ingin bercerai, jika memang tidak ada jalan lain, maka akan difasilitasi,” pungkasnya. (h/col)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy