Sabtu, 20 Desember 2014
Ribuan Pelamar CPNS Solsel Kecewa PDF Cetak Surel
Rabu, 18 September 2013 01:40

TIDAK SEMUA FORMASI TERCANTUM

Susah-susah mengakses internet, ternyata tidak semua formasi CPNS Pemkab Solok Selatan tercantum dalam pilihan pendaftaran online. Hal ini membuat ribuan pelamar kecewa. BKD Solsel mengaku sudah menyampaikan masalah ini ke BKD Provinsi.

SOLSEL, HALUAN — Ri­buan pelamar Calon Pe­gawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 dengan instansi tujuan Peme­rintah Kabupaten Solok Selatan merasa kecewa karena hanya formasi tenaga guru yang dicantumkan dalam pilihan pen­daftaran online.

Sedangkan, Pemkab Solok Selatan dapat 100 formasi CPNS 2013 de­n­gan rincian 31 formasi tenaga guru, 18 formasi tenaga kesehatan dan 51 formasi tenaga teknis.

Ada pelamar CPNS yang menga­takan bahwa situs pendaftaran online CPNS 2013 melalui jaringan www.sscn.bkn.go.id lelet dan eror. Ketika dikonfirmasikan kepada Kabid Mutasi Apraisal me­nye­butkan, situs www.sscn.bkn.go.id down (rusak-red) secara nasional.

“Kami sudah laporkan persoalan tidak keluarnya formasi CPNS untuk Kabupaten Solok Selatan ke BKD Provinsi. Semua persoalan dan keluhan tersebut sudah disam­paikan langsung ke BKN RI,” ujarnya, Selasa (17/9) di Padang Aro.

Ia meminta pelamar harus bersabar. “Karena memang disam­ping listrik sering mati, warnet yang terbatas, dan formasi yang dilamar tidak keluar pilihannya. Maka, kami pihak BKD Solsel mengimbau agar masyarakat harus bersabar. Kita tunggu saja situs tersebut diperbaiki,” pungkasnya.

Ketika dilakukan pengecekan pendaftaran online melalui www.sscn.bkn.go.id hanya sembilan formasi yang keluar untuk daerah/instansi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Yaitu guru kelas, guru agama Islam SD, guru SMP Bahasa Inggris, guru SLTP Mate­matika, guru SLTA Teknologi Informasi Komputer, guru SLTA Fisika, guru SLTA Kimia, guru SLTA Biologi dan guru SLTA Bahasa Inggris.

Yang hanya membuka formasi guru untuk instansi pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Barat adalah Kabupaten Dharmasraya, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Pasaman. Itupun semua formasi yang diminta ada pilihannya. Sedangkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang Pan­jang membuka formasi tenaga kesehatan dan teknis.

Ketika dicek pada pukul 20.40 WIB, pendaftaran tes CPNS Kota Padang Panjang, semua formasi yang diumumkan di media cetak keluar, baik tenaga guru, kesehatan dan teknis. Demikian juga dengan formasi yang ada di instansi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Namun, tidak untuk formasi instansi Pemerintah Daerah Kabu­paten Solok Selatan. Yang ada pilihan jabatan yang akan dilamar hanya untuk tenaga guru saja.

Tentu saja keanehan ini me­ngundang pertanyaan bagi ma­syarakat banyak, terutama peminat/pelamar CPNS Kabupaten Solok Selatan. “Ini kesalahan teknologi IT atau ada unsur kese­ngajaan,” kata salah seorang pegawai yang simpatik dengan rekrutmen CPNS Solsel.

Memang, sangat mem­priha­tinkan bagi pelamar CPNS khusus­nya yang berdomisili di Kabupaten Solok Selatan. Karena, keterba­tasan warnet, listrik sering pudur, dan akses jaringan internet lamban.

Bupati Solok Selatan H Muzni Zakaria mengaku tidak tahu kalau formasi yang dilamar pada isian jabatan yang dilamar yang keluar pilihannya hanya formasi tenaga guru saja. “Saya belum tahu kalau ada formasi yang tidak dican­tumkan. Apalagi disembunyikan, siapa yang menyembunyikan, kasih tahu saya ya,” kata bupati melalui pesan singkat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Solok Selatan Ismael menjelaskan melalui pesan singkatnya, bahwa tidak ada yang menyembunyikan. Jika ada yang menyembunyikannya, maka silah­kan melaporkan yang bersangkutan kepada polisi. (h/col)

Comments (5)Add Comment
0
...
written by string, Oktober 21, 2013
kapan dikeluarkan informasi ujian nya npak ?
0
...
written by string, September 18, 2013
smilies/cry.gifsmilies/cry.gifkatanya yang telah mendaftar online sebelumnya harus daftar lagi y min???
0
...
written by string, September 18, 2013
pusing,,payah bana mendaftar.klw blum siap untuk sistem online,gak usahlah sok2 pake web mendaftarnya,lebih baik manual se,kirim lamaran lewat pos.klw sperti ini,kami yang rugi dan kecewa
0
...
written by string, September 18, 2013
Jd pusing juga..udah terdaftar,.sementara jg ga bisa mendaftr lagi untk daerah lain,.jika didaftarkan lg untk daerah lain bakal gugur dua2nya katanya..huftt
0
pendaftaran online
written by string, September 18, 2013
Pendaftaran online padang panjang 17 kemaren jg gabisa.,n hari ini 18 september cb daftar bisa...jd ini bagaimana..?? Ada kebijakan dari pemerintah ga...

Write comment

busy