Sabtu, 29 November 2014
Nyeri Punggung Saat Bangun Tidur PDF Cetak Surel
Senin, 21 Maret 2011 00:18

Banyak sekali keluhan nyeri punggung yang dialami oleh pasien dan keluhan ini semakin terasa nyeri atau memberat pada saat bangun tidur.

Apakah anda juga pernah me­rasakan hal yang sama? Keluhan ini biasanya paling sering dirasakan oleh orang lanjut usia, tapi ada juga remaja dan dewasa muda yang me­ngeluhkan hal ini.

Sebenarnya sakit pada punggung sebagian besar dise­babkan oleh nyeri otot dan penyebab lainnya yang bisa adalah tulang belakangnya sendiri, sarafnya atau adanya infeksi dan lain sebagainya.

Jadi punggung itu terdiri dari tulang belakang atau tulang punggung dan juga otot pung­gung yang ber­fungsi untuk menggerakan tulang punggung tadi. Sedangkan tulang pung­gung sendiri mempunyai fungsi untuk menahan badan sehingga dalam posisi tegak, selain itu tulang ini juga untuk me­nyanggah rongga dada serta melindungi saraf yang berada di sekelilingnya.

Kepala dan badan kita mem­punyai berat mencapai 50% dari total berat badan dan ini semua didukung otot tadi. Jadi misalnya kita sedang melakukan aktivitas yang mengangkat kepala dan badan dengan waktu agak lama mi­salnya 2 jam lebih, contohnya jika kita duduk tanpa bersandar selama 3 jam, maka ini akan menyebabkan otot bekerja ekstra keras dan akan me­nimbulkan nyeri otot nan­tinya.

Selain otot diatas ada beberapa penyebab nyeri pung­gung yang lain:

1. Kelainan bentuk tulang punggung seperti tulang pung­gung yang bengkok, seperti skoliosis, lordosis atau kyposis, ini biasanya berasal dari ke­lainan genetik.

2. Penyebab nyeri punggung yang ini disebabkan karena individunya sendiri yaitu ke­gemukan sehingga beban tulang punggung untuk menahan badan menjadi berat.

3. Mengangkat benda berat secara berulang-ulang dan berlebihan, karena itu perlu diperhatikan bagaimana cara­nya agar tulang punggung tetap aman. Kemudian pada orang tua juga perlu diperhatikan adanya proses penuaan/dege­neratif pada semua organ termasuk tulang dan otot punggung tadi.

Biasanya pada orang tua banyak sekali kasus nyeri punggung akibat pe­nurunan fungsi dari bantalan tulang punggung atau Discus in­tervertebralis (lihat gambar Degenerative Disc).

Normalnya discus ini ber­fungsi untuk meredam beban atau sebagai bantalan tulang punggung, tetapi pada orang tua akan mengalami penurunan fungsi akibat berkurangnya kemampuan discus tadi untuk menyerap air.

Akhirnya discus tadi akan menipis dan akan menonjol akibat beban tulang punggung sehingga akan menjepit saraf yang berada disekitarnya ( lihat gambar samping Herniated Disc), hal ini yang banyak menjadi penyebab nyeri pung­gung pada orang tua.

Penyebab nyeri punggung yang lain yaitu diakibatkan karena tempat tidur yang dipakai terlalu lunak atau terlalu keras yang akan mem­buat bentuk tulang pung­gung akan berubah serta kese­im­bangan otot juga ter­ganggu.

Sebaiknya pada orang lan­jut usia harus memperbanyak olah raga, karena dengan olah raga ini akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta me­nghindarkan dari kemungkinan penyakit degeneratif yang timbul.

Tidak semua olah raga cocok untuk lansia, olah raga yang sesuai untuk lansia adalah jalan cepat dengan kecepatan disesuaikan dengan ke­mam­puan, bila olah raga ini di­jalankan teratur, maka akan mem­­buat otot punggung men­jadi kuat dan akan membuat punggung menjadi stabil, ke­mudian olah raga lain yang cocokadalah senam, khususnya gerakan yang ba­nyak me­libatkan otot pung­gung.

Sedangkan untuk para re­maja dan dewasa muda keluhan seperti ini lebih banyak dia­kibatkan oleh karena otot punggung, jadi solusinya de­ngan memperbanyak olah raga, bila keluhan belum mereda, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, karena keluhan itu bisa saja bukan berasal dari punggung tetapi berasal dari tempat lain. (h/kk)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: