Kamis, 24 April 2014
Standar Masuk RSBI Diturunkan PDF Cetak Surel
Kamis, 31 Maret 2011 01:59

 

Demikian penjelasan Ketua Panitia Bersama PPDB sekolah berstatus RSBI, Hendrizal kepada Haluan. Sebelumnya, syarat nilai rapor dari lima mata pelajaran masing-masing Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS yang semula harus 7,5 untuk masing-masingnya, telah berubah. Panitia mematok angka tersebut sebagai nilai rata-rata lima mata pelajaran pra syarat.

“Karena banyak pihak yang mengeluh pada kami, maka panitia melakukan peninjauan ulang persyaratan PPDB sekolah berstatus RSBI. Kami menunggu siswa yang masih berminat untuk mendaftar hingga Jumat besok,” paparnya

Dijelaskan Hendrizal,  jika sebelumnya ada salah satu mata pelajaran yang nilai di bawah 7,5 dari 5 mata pelajaran yang disyaratkan, maka siswa tersebut dinyatakan tidak lolos. Tapi sekarang itu bisa saja terjadi asalkan rata-rata ke-5 mata pelajaran itu tetap 7,5.

Keputusan ini, katanya, diam­bil berdasarkan per­timbangan mendalam ketiga SMA yang berstatus RSBI, yaitu SMA 1, SMA 3, dan SMA 10 Padang. Kepala dan panitia PPDB masing-masing sekolah tersebut akhirnya memutuskan perpanjangan jadwal penerimaan.

Tentang pengumuman hasil seleksi administrasi, wakil Bidang Manajemen Mutu SMA 1 Padang, Yusral Chandra menjelaskan, hasilnya  akan tetap diumumkan 2 April mendatang. “Namun jika siswa yang mendaftar lebih dari 100, akan kami undur lagi pe­ngumuman hasilnya” tambah Yusral.

Mengenai jumlah siswa yang akan diterima, Hendrizal me­ngatakan jumlah siswa yang akan lolos tergantung kuota yang disediakan sekolah masing-masing. SMA 1 Padang hanya akan menerima 212 siswa saja.

Se­dangkan untuk SMA 3 Padang akan menerima 256 siswa dan 224 siswa untuk SMA 10 Padang. Ia berharap siswa yang diterima nanti benar-benar ter­saring de­ngan baik dan me­miliki motivasi besar nantinya dalam belajar. (h/cw12)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy