Jumat, 01 Agustus 2014
Kepercayaan dan Kejujuran Modal Utama PDF Cetak Surel
Jumat, 15 April 2011 00:27

DERI ASTA

JUJUR dan selalu memberikan kepercayaan terhadap teman, menjadi modal utama bagi seorang Deri Asta, dalam membangun organisasi dan partai politik yang ia pimpin. Jika ingin mendapatkan kepercayaan, maka harus terlebih dahulu memberikan kepercayaan kepada orang lain.

Pria kelahiran Tanjung Barulak, 5 Oktober 1973 itu sangat yakin, apa yang dituai saat ini merupakan hasil dari apa yang ditanam sebelumnya. “Tidak mungkinlah, kita akan menerima dan mendapatkan apa yang tidak kita pernah tanam sebe­lumnya,” ujar bapak tiga anak itu.

Dengan modal kepercayaan dan kejujuran itu jualah yang mengantarkan Deri Asta saat ini menuju kursi pimpinan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Sawahlunto, dalam musyawarah daerah (Musda) ketiga, awal Maret lalu.

Dalam musda yang berjalan sehari penuh itu, jebolan Jurusan Hukum Universitas Bung Hatta itu men­dapatkan kemenangan dengan angka mutlak. Dari 46 suara pemilih yang hadir, seluruhnya ternyata mengalir ke kantong suaranya.

Perjuangan Deri Asta dalam mem­besarkan PAN sebenarnya telah berjalan cukup lama. Deri memulai debut politiknya sejak partai berlambang matahari terbit itu lahir pada awal reformasi.

Kala itu, pria berkulit putih itu masih duduk di bangku kuliah. Sebagai mahasiswa yang ketika itu mem­perjuangkan reformasi dan perubahan kepemimpinan, Deri Asta meman­faatkan kesempatan tersebut untuk bisa bergabung dalam PAN. “Tahun 1999, PAN lahir dan merupakan partai reformasi. Saya langsung bergabung dan menjadi pengurus di Ranting PAN Ulak Karang,” katanya.

Ketika menamatkan bangku kuliah dan mendapat gelar sarjana hukum, Deri Asta yang menyunting Yosi Arisandi yang juga sama-sama sarjana hukum, melanjutkan karier politiknya di Kota Sawahlunto. Tahun 2000 hingga 2005, Deri Asta dipercaya menjadi bendahara di DPC PAN Talawi, Sawahlunto.

Lima tahun kemudian, pada periode 2005 hingga 2010, pria yang telah dua periode dipercaya sebagai ang­gota DPRD Kota Sawahlunto itu, dipercaya menjadi sekretaris DPD PAN Sa­wahlunto.

Terakhir, dalam Musda III PAN Kota Sawahlunto, awal Maret lalu, Deri Asta didaulat menduduki jabatan ketua hingga lima tahun ke depan. “Semua berawal dari kepercayaan yang harus diberikan kepada seluruh teman. Kepercayaan itulah yang akan kembali ke­pada kita dengan sen­dirinya,” ujar Ketua Komisi B DPRD Sawahlunto itu. (h/dil)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: