Sabtu, 01 November 2014
Persiapan Festival Langkisau Dimatangkan PDF Cetak Surel
Rabu, 11 May 2011 02:14

PAINAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mematangkan persiapan Festival Langkisau IX. Setelah proses pembentukan panitia, tempat dan peralatan perhelatan akbar  yang menyedot dana Rp1 miliar itu tengah disiapkan.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit selaku pembina iven bergengsi tersebut, Senin (9/5) mengatakan, sesuai de­ngan agenda yang telah disepa­kati, daerah ini merencanakan akan menggelar Festival Lang­kisau (FL) IX pada akhir Juni mendatang.

“Saat ini pembentukan Panitia telah selesai, dan selanjutnya panitia diberikan kewenangan untuk bergerak dan mematangkan persiapan. Waktu pelaksanaan sudah sangat mendesak,” katanya.

Ia menyebutkan, pelaksa­naan FL IX tahun ini memang diren­canakan lebih cepat dari pelak­sanaan tahun lalu. Sebe­lumnya dilaksanakan pada bu­lan Juli.  Dari beberapa kali per­­temuan sudah dimatangkan mem­perce­pat pelaksanaan, dan disepekati penyelenggaraan dilaksanakan 21 hingga 28 Juni 2011.

“Agendanya hampir sama dengan tahun lalu yang antara lain akan diramaikan oleh lomba paralayang, renang samudera, selaju sampan dan Mangaik (menangkap) ikan mungkuih serta fun bike,” katanya.

Selain itu festival langkisau juga akan diwarnai dengan pekan budaya yang diantaranya akan diisi lomba Lagu Minang, pagelaran kesenian tradisional dan seni kreasi. Yang tak kalah pentingnya tahun ini akan kembali diadakan pemilihan duta wisata Pesisir Selatan yang pada tahun lalu ditiadakan.

Pemilihan duta wisata menurut Nasrul Abit adalah penggantian nama dari sebe­lumnya uda-uni. Tahun ini kegiatan festival juga akan dimeriahkan dengan acara pameran dan bazar di samping beberapa iven keolahragaan yang juga tengah dimatangkan untuk diselenggarakan dalam mengisi FL IX mendatang.

Sementara Ketua LSM Swara Pesisir Rizal Mala mengatakan, pelaksanaan festi­val masih belum memberikan keuntungan secara menyeluruh bagi peningkatan pariwisata dan perekonomian.

“Idealnya, ketika festival sudah memasuki kali ke sem­bilan pariwisata Pessel sudah membaik ditandai dengan baiknya kunjungan ke Pessel. Namun hingga hari ini kami belum melihat perkembangan tersebut,” katanya. (h/har)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy