Selasa, 23 September 2014
Harga Cengkeh Rp95 Ribu per Kg PDF Cetak Surel
Jumat, 20 May 2011 00:58

PADANG, HALUAN — Harga cengkeh dalam seminggu terakhir naik hingga Rp95 ribu per kilogram, dari harga sebelum­nya Rp70 ribu per kg.

Pedagang pengumpul rempah di pondok Yunidar pada Haluan, Kamis (19/5), naiknya harga disebabkan persaingan dari para pengumpul hasil bumi, yang rela jemput bola langsung ke pada para petani.

Ida menjelaskan untuk untuk cengkeh saat ini hanya dipulau-pulau saja yang panen. Seperti di Pulau Mentawai dan pulau-pulau kecil yang ada di  sekitar Kota padang.

Karenanya saat ini banyak yang datang langsung pada para petani membeli panen cengkeh mereka. Bahkan salah satu pabrik rokok turun langsung menjadi pengumpul hasil panen petani.

Mereka berani mengambil dengan harga yang sama dengan harga jual petani pada pedagang pengumpul yang ada di kota-kota. Hal inilah yang membuat harga di pasaran semakin tinggi.

Kenaikan harga cengkeh sudah satu minggu terjadi. Dalam minggu ini harga cengkeh naik secara bertahap dari Rp70 ribu, kemudian Rp75 ribu dan Rp80 ribu hingga saat ini di harga Rp95 ribu perkilonya.

Firdaus salah seorang petani cengkeh mengaku, kenaikan cengkeh ini membuat dia merup keuntungan yang lumayan. Diakunya, ia tidak punya lahan cengkeh yang cukup luas. Setengah hektar cengkeh miliknya di kabupaten solok dikum­pulkannya hingga panen berkali-kali baru dijual. (h/win)

Comments (1)Add Comment
0
...
written by string, September 11, 2011
itu harga 95/kilo apa yg kering atau yg basah.... n mohon dikirim no hpx untuk lebih menpermudah kemunikasi....

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: