Sabtu, 01 November 2014
Memilih Warna Rumah PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Haluan   
Minggu, 29 May 2011 00:20

WARNA atau cat rumah, selama ini tak pernah menjadi perhatian utama pemilik rumah. Warna selalu saja dipadukan dengan suasana hati si pemilik, sehingga warna rumah seseorang acapkali berganti.

Padahal, pemilihan warna atau cat rumah sangatlah pen­ting dan harus dilakukan dengan saksama. Karena warna rumah dapat memberi lebih dari sekadar keindahan pada rumah anda.

Sebuah warna dapat memi­liki pengaruh dalam mood atau suasana hati seseorang. Warna cerah dan berkilau akan menam­bah semangat, sementara warna pastel akan membuat suasana tenang dan rileks. Beberapa warna dapat terlihat gelap ketika digunakan pada tembok di dalam gedung, namun warna yang sama juga bisa terlihat terang di luar ruangan.

Karena takut tidak cocok dan dianggap berlebihan, keba­nyakan orang menggunakan warna-warna netral seperti putih, krem atau abu-abu untuk me­nge­cat seluruh rumah sehingga tidak dapat menggambarkan diri penghuni.

Mengingat pentingnya war­na, maka bila anda berencana mengecat rumah dengan warna baru, ada baiknya anda menge­nal makna yang digambarkan dari warna tertentu.

Warna rumah yang ideal, jika diletakkan berdampingan, maka akan menambah intensitas warna atau disebut sebagai warna yang berani.

Sedangkan untuk warna yang lebih konservatif dan bukan warna berani, maka pilihlah beberapa variasi terang dan gelap pada warna yang sama. Misalnya memilih hijau tua dan hijau muda. Warna jenis ini disebut sebagai warna monokromatik.

Pengaruh Warna Rumah

Berikut beberapa pilihan warna cat serta penjelasan makna dan pengaruhnya bagi suasana hati Anda:

* Warna Merah

Menggambarkan energi penuh, aktif, hangat dan berse­mangat. Warna merah secara berlebihan dapat memberikan kesan kemarahan dan ambisi.

* Warna Kuning

Warna kuning mengingatkan dengan sinar matahari yang memberikan energi yang baik dan semangat. Sering disamakan dengan warna emas yang meng­gambarkan kemakmuran dan kemewahan. Dapat diaplikasikan dalam ruang kerja.

* Warna Biru

Merupakan warna laut dan langit yang mengesankan kete­nangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan dan perlindungan. Efek lainnya adalah memberi kesan lega dan luas. Cocok digunakan untuk kamar tidur.

* Warna Orange

Memberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuh energi dan membangkitkan semangat. Anda dapat memberi warna ini untuk ruang makan.

* Warna Hijau

Warna yang sering dilihat dan menggambarkan alam. Efek dari warna ini adalah memberi suasana harmonis, teduh, santai, alami, menyejukkan, menye­garkan dan menenangkan. Ruang tidur cocok bila meng­gunakan warna ini.

* Warna Coklat

Salah satu warna alam yang memberi kesan hangat, nyaman, alami, akrab dan ketenangan. Dapat digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Coklat juga dapat digunakan pada ruangan yang terlalu besar agar tidak menimbulkan kesan dingin.

* Warna Putih

Warna netral yang cocok diaplikasikan dengan warna apapun. Menggunakan warna ini umumnya menggambarkan kebersihan, kepolosan dan kemurnian. Penggunaanya pada ruangan akan memberikan kesan lebih besar pada ruangan. Bila berlebihan akan meng­gambarkan steril dan dingin. Jika Anda memiliki dapur modern, warna ini juga cocok untuk menunjukkan kebersihan dapur anda.

* Warna Abu-abu

Biasa digunakan untuk ru­mah bergaya minimalis. Mem­buat suasana stabil, luas, menen­tramkan. Terlalu banyak meng­gunakan warna ini akan mem­buat suasana dingin dan luas secara berlebihan.

* Warna Hitam

Warna yang memberi sua­sana penuh perlindungan, gagah, megah, dan elegan.

Mengubah suasana juga bisa dilakukan tanpa harus mengecat rumah secara keseluruhan. Anda dapat menata ulang interior ruangan. Ini juga cocok untuk anda yang tidak ingin mengecat rumah atau masih takut dalam mengaplikasikan warna.

Misalnya, dengan tetap membiarkan dinding dengan warna netral dan warna-warna dapat diaplikasikan pada lampu meja, karpet, gorden, sofa, sprei, meja, cover cushion bantal sofa, atau pada pajangan yang dile­takkan dalam ruangan. Warna-warna dari perabot rumah tangga ini yang selan­jutnya akan memberi warna pada ruangan.

Anda dapat juga meng­gunakan warna turunan sehingga dapat diaplikasikan lebih dari satu warna dalam ruangan. Warna ruangan dapat pula berbeda-beda tetapi harus ada penghubung sehingga rumah tetap terasa sebagai satu kesa­tuan. Kini, anda dapat mengek­spresikan diri secara bebas saat melakukan renovasi rumah anda.***

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: