Kamis, 27 November 2014
Buat Aturan Tentang Indekos PDF Cetak Surel
Kamis, 09 Juni 2011 01:55

PADANG, HALUAN — Komisi IV DPRD Kota Padang mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Padang, membuat Peraturan daerah (Perda) atau Peraturan walikota (Perwako) tentang indekos (rumah kos). Hal ini dianggap penting untuk menyikapi sekaligus memberikan pengawasan tentang rumah kos-kosan selama ini sangat lemah, karena selama ini banyak hal buruk terungkap, seperti  sarang narkoba, kumpul kebo, sarang terorisme dan hal-hal lainnya yang melanggar norma.

"Pada tahun 2008 soal Perda atau Perwako rumah kos ini pernah diungkapkan, tapi tidak mendapatkan tanggapan dari Pemko Padang. Jadi, diharapkan Pemko Padang agar berinisiatif untuk segera membuatkan Perda atau Peraturan walikota (Perwako) tentang rumah kos," kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang Maidestal Hari Mahesa kepada Haluan, Selasa (7/6).

Dengan kondisi Kota Padang yang juga dikenal sebagai kota pendidikan, akan banyak orang-orang berdatangan ke Kota Padang untuk kuliah dan sekolah. Selain itu, Kota Padang juga banyak didatangi oleh orang-orang untuk berinvestasi.

Diharapkan pemerintah menda­ta kriteria-kriteria rumah kos yang layak untuk dihuni. Selain itu, peran serta dari RT/RW sangat penting sekali karena RT/RW yang lebih tahu tentang warganya. Bahkan, jika perlu lapor 1 X 24 jam. "Jika, ditemukan kecurigaan terhadap warganya. Maka, RT/RW harus segera mengambil tindakan bahkan jika perlu laporkan ke pihak berwajib," ujarnya.Sementara itu anggota komisi IV DPRD Kota Padang Pun Ardi mengatakan hal yang sama. Ka­tanya, banyaknya ditemukan sarang narkoba, sarang terorisme, dan hal-hal yang melanggar norma yang tentunya bisa ditekan jika dibatasi dengan aturan, seperti Perda atau Perwako tentang rumah kos.

"Selain itu, peran dari RT/RW sangat penting sekali. Karena, apa yang terjadi terhadap warganya yang lebih tahu adalah RT/RW," katanya.

Bahkan, jika perlu RT/RW juga mendata mana saja rumah kos yang layak dijadikan rumah kos. Jadi, tidak sembarangan bagi warga untuk membuat rumah kos karena ada kriterianya.(h/ade)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy