Minggu, 26 Oktober 2014
Dampak Tambang Bahan Galian C Dikaji PDF Cetak Surel
Selasa, 02 Agustus 2011 01:52

SOLOK, HALUAN — Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Solok dalam waktu dekat akan mengkaji dampak pencemaran yang disebabkan banyaknya tambang bahan galian C di daerah Alahan Panjang.

“Kita mengakui di daerah sana (Alahan Panjang) memang banyak masyarakat yang melaksanakan aktivitas tambang pasir, kerikil, dan batu. Dalam waktu ke depan kita akan kaji dampak pencemarannya,” kata Kepala KLH Kabupaten Solok Rerizaldi, di Solok, Jumat (29/7).

Dikakatakannya, selama ini belum ada dampak pencemaran di daerah tersebut yang diteliti KLH.

Pantauan wartawan, beberapa waktu lalu, lokasi tambang rakyat di Alahan Panjang, dan Pantai Cermin mengakibatkan aliran sungai di daerah tersebut tercemar dengan warna airnya berubah seperti tanah.

Menurutnya, untuk memas­ti­kannya apakah ada pencemaran, pihaknya akan meneliti, terutama apakah aliran sungai tersebut diman­faatkan oleh masyarakat, selain itu juga apakah ada dampak pencemaran lainnya.

Ia mengakui persoalan tambang galian C tersebut memang serba sulit. Di satu sisi tambang tersebut me­rupakan mata pencaharian penduduk, dan di sisi lain hal itu juga mem­bahayakan, karena lokasinya yang rawan longsor. (ant)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy