Minggu, 26 Oktober 2014
Pomnas XII 2011 Resmi Dimulai PDF Cetak Surel
Senin, 19 September 2011 02:03

BATAM, HALUAN— Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XII 2011, resmi dimulai, Minggu sore (18/9) di Stadion Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, Batam. Pembukaan dilakukan oleh  Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal ditandai dengan penekanan tombol sirine sekaligus pelepasan ratusan balon gas.

Turut mendampingi Wamen­diknas, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) DR Ilah Sailah dan Sekretaris Daerah Provinsi (Sek­daprov) Kepri Suhajar Dian­toro mewakili Gubernur Kepri yang berhalangan hadir.

Usai pembukaan resmi dilan­jutkan dengan penyalaan obor api Pomnas oleh Wamendiknas, dan dibawa berlari ke kaldron oleh Bendri Sitorus, atlet karate mahasiswa Universitas Batam untuk dinyalakan selama seminggu pelaksanaan Pomnas, 18-24 September ini.

Wamendiknas dalam sam­butannya mewakili Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, Pomnas me­rupakan bagian dari pendidikan karakter bangsa. Karena melalui olahraga dan kompetisi ini, tertanam nilai-nilai sportifitas yang sangat dibutuhkan dalam pem­bangunan bangsa ini. Potensi ekonomi Indonesia yang dimiliki oleh sekitar 240 juta jiwa ini justru dapat dibangun melalui olahraga.

Untuk itu, diharapkan atlet dari kalangan mahasiswa yang akan menjadi pemimpin bangsa kedepannya agar tidak mudah menyerah, karena kesuksesan diraih tidak dapat dilakukan melalui jalan pintas. Semua butuh proses, termasuk dalam kei­kut­sertaan di POMNas ini. “Kesuk­se­san tidak hanya dengan kucuran keringat, bahkan kesuksesan diraih dengan berdarah-darah,” ucap Fasli.

Pomnas yang merupakan multi iven dua tahunan tingkat maha­siswa Indonesia ini, dapat melahir­kan semangat dalam pencarian bibit-bibit atlet, semangat untuk menyelesaikan perkuliahan dan semangat pekerjaan. Disamping itu, melalui Pomnas ini di­persiapkan atlet mahasiswa Indonesia menuju POM ASEAN XVI tahun 2012 akan digelar di Laos. “Target kita juara umum,” katanya, ditemui usai seremoni pembukaan.

Sebelumnya, prestasi atlet Indonesia di POM ASEAN XV tahun 2010 di Chiangmai, Thai­land, berhasil menempati posisi kedua dengan perolehan  46 medali emas, 51 perak dan 50 perunggu berada dibawah tuan rumah Thailand dengan 58 emas, 61 perak dan 50 perunggu.

Diawali Defile

Seremoni pembukaan dimulai sekitar pukul 16.00 Wib, diawali defile marching band, tim pem­bawa bendera merah putih, bendera olimpic, bendera Bapo­mi, dan defile Kontingen 32 Provinsi peserta dan Tim  Per­wasitan.

Acara pembukaan dibuka dengan laporan Ketua Umum Panitia Besar (PB) Pomnas, Mustaqim Syuaib, pengibaran bendera POMNas, pembacaan janji wasit dan janji atlet, sambutan Gubernur Kepri terakhir sam­butan Mendiknas sekaligus mem­buka resmi Pomnas.

Adapun defile Kontingen Peserta disusun berdasarkan abjab yang dimulai dari Kontingen Aceh, dan ditutup oleh tuan rumah Kepri.

Acara dilanjutkan dengan penyalaan api  Pomnas dan parade tari dari delapan daerah mewakili Indonesia. Parade tari delapan daerah ini dilaksanakan sambil berjalan  melewati  panggung kehormatan yakni tarian daerah dari Sumatera Utara, Sumatare Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Bali. Selain itu, penonton pem­bukaan POMNas juga disajikan dengan berbagai hiburan berupa live music, tari persembahan dan percussion, barongsai dan reog Ponorogo.

Rangkaian seremoni pem­bukaan dapat selesai lebih awal sekitar pukul 17.30 Wib. Sebe­lumnya, saat persiapan lapangan sempat diwarnai tu­runnya hujan. Hadir pada ke­sempatan itu, undangan VIP diantaranya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Pro­vinsi Kepri dan FKPD Kota Batam serta para rektor dari berbagai universitas di Indonesia bersama pengurus Bapomi se-Indonesia.

Meskipun Pomnas baru resmi dimulai kemarin, namun per­tandingan cabang bolabasket telah dimulai sejak, Jumat (16/9) di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning. Cabang bolabasket, satu dari 10 cabang yang dipertandingkan pada Pom­nas kali ini dengan mem­per­tandingkan tim putra dan tim putri.

Untuk seluruh pertandingan, baru akan dimulai, Senin pagi (19/9) di berbagai venue tersebar di Kota Batam yakni atletik di Stadion Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning,  catur di Asrama Haji, Batam Centre, futsal di Gedung Serba Guna Uniba, Batam Centre, bolavoli di GOR Sekolah Harapan Utama dan renang di Kolam Renang Sekolah Harapan Utama, Batam Centre, pencasilat di Aula Politeknik Negeri Batam, Batam Centre, bulutangkis di GOR Banda Baru, Sei Panas dan sepaktakraw di GOR Yayasan Keluarga Batam, Jodoh.  Adapun karate di GOR PBB Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, baru akan dimulai, Rabu (21/9). (hk)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: