Sabtu, 19 April 2014
Pemerintah Tunggu Permohonan Peminat Beasiswa PDF Cetak Surel
Rabu, 12 Oktober 2011 02:30

UNTUK SISWA DAN MAHASISWA

SIJUNJUNG, HALUAN — Pemerintah Kabupa­ten Sijunjung setiap tahun mengalokasikan dana bantuan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Peminat beasiswa diminta segera memasukkan permohonan.

“Pemberian beasiswa me­ru­­pa­kan komitmen Pemerintah Ka­bupaten Sijunjung dalam me­ningkatkan dan me­ngem­bangkan sumber daya manusia (SDM),” ujar Kepala Bagian Kesra Setda­kab Sijunjung melalui Kasubag Dikbud Zu­hel­ma kepada Haluan di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, pemberian bantuan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi diatur dalam Perda Nomor 3 tahun 2007 tentang pelayanan pendidikan.

Sementara tata cara dan besaran pemberian beasiswa, sambung Zuhelma, dijabarkan dalam Peraturan Bupati No­mor 24 tahun 2008.

Dia mengatakan, sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2007, beasiswa diporsikan bagi ma­sya­rakat Sijunjung yang kurang mampu dan berprestasi.

Selain kurang mampu dan berprestasi, sambungnya, bea­sis­wa juga diberikan kepada mahasiswa yang sedang melak­sanakan PKL. “Kita menetapkan persya­ratan untuk calon penerima bantuan beasiswa tersebut,” katanya.

Di antaranya, syarat umum adalah siswa atau mahasiswa yang masuk atau sedang men­jalani kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit, seperti Unand, UNP, IAIN Padang, UI, ITB, UGM, IPB, Unpad, USU, Unibraw dan UN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Syarat lainnya, tanda bukti lolos PTN dan rekomendasi dari sekolah. Khusus mah

sakta) dan 2,75 (non eksak­ta). Dan mahasiswa berprestasi memi­liki IPK minimal 3.00 (eksakta) dan 3.25 (non eksak­ta),” jelasnya.

Bagi siswa dan mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang disebutkan di atas, Zuhelma menghimbau agar mengajukan permohonan ke Bupati Sijunjung dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan.

“Setiap permohonan yang masuk, dan memenuhi persya­ratan akan kita proses,” timpal­nya.(h/azn)

Comments (7)Add Comment
0
pemerataan beasiswa
written by string, Maret 27, 2013
assalamu'alaikum bapak/ibuk...
sebelumnya kami minta maaf, kalau kami agak lancang. kami hanya ingin menyampaikan sedikit keluhan, karena kami mahasiswa dari perguruan tinggi yang bukan favorit, jadi sesuai kriteria yang diminta oleh pemda, kami tidak bisa mendaftarkan diri untuk beasiswa tersebut.
kami hanya membayangkan bahwa teman kami yang kuliah di unand, unp, iain, dan lainnya, mendaftarkan diri sebagai pemohon beasiswa, sedangkan teman kami tersebut masih tergolong orang yang cukup mampu. seandainya kami juga cukup mampu, maka kami akan masuk ke perguruan tinggi terfavorit di dunia, insya Allah dengan sedikit usaha belajar maka kami akan dapat mencukupi kualifikasi perguruan tinggi tetrsebut, kami yakin. tapi mungkin nasib saja yang kurang beruntung, kami tidak bisa untuk membayar uang untuk masuk kesana, bahkan untuk membeli formulir saja. dan sekarang kami matia-matian belajar sambil bekerja untuk melengkapi kebutuhan perkuliahan kami, dan orang tua kamipun juga sudah pinjam uang kesana kemari untuk itu, sekarang giliran ada beasiswa ternyata kami tidak terkualifikasi untuk mendapatkannya,,sayang sekali ya nasib kami...
we are still the young generation of sijunjung who will be changed sijunjung to good sijunjung,,,but we can't do that because of our financial,,,and our lucky.. we hope sometime we can feel sijunjung is ours and we are sijunjung's....
but, we keep positive thinking about you sijunjung..
0
keluhan
written by string, Oktober 08, 2012
ass maaf sebelumnya pak/ibu, saya mau bertanya kenapa ada di diskriminasi terhadap kami yang menjalani pendidikan di perguruan tingi swasta? padahal kami sama2 putra/putri kabupaten sijunjung. saya yakin dan percaya, banyak diantara kami yang mampu memenuhi persyaratannya....
selain itu, kami yang di swasta bukanlah orang-orang yang memilki orang tua yg berpenghasilan tinggi. saya mohon dengan sangat kepada bapak/ibu untuk memikirkan kami yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi swasta ini..
trim's
0
keluhan
written by string, Oktober 08, 2012
ass maaf sebelumnya pak/ibu, saya mau bertanya kenapa ada di diskriminasi terhadap kami yang menjalani pendidikan di perguruan tingi swasta? padahal kami sama2 putra/putri kabupaten sijunjung. saya yakin dan percaya, banyak diantara kami yang mampu memenuhi persyaratannya....
selain itu, kami yang di swasta bukanlah orang-orang yang memilki orang tua yg berpenghasilan tinggi. saya mohon dengan sangat kepada bapak/ibu untuk memikirkan kami yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi swasta ini..
trim's
0
Cara mengajukan permohonan beasiswa prestasi
written by string, Januari 17, 2012
Admin, bagaimana cara mengajukan permohonan beasiswa prestasi non esakta?
Apa syarat2nya?
thanks
0
keluhan rakyat kecil
written by string, November 09, 2011
assalamualaikum...
Diskriminasi dalam dunia pendidikan. Bukankah diskriminasi itu bagian/unsur dari KPK? Dan saya mohon untuk kedepannya supaya kinerja daripada lembaga yang mempunyai otoritas harus lebih terfokus kepada kesetaraan agar tidak ada pihak yang merasa dikucilkan ataupun dirugikan.
terima kasih.
0
...
written by string, November 06, 2011
AsLamulaikum bpk/ibu yg ddk d pmerintahan, kenapa beasiswa itu hanya diperuntukkan untuk yg kuliah di PTN saja?
lalu bagaimana dengan kami yang kuliah di swasta?
kenapa harus dibedakan, padahal kami sama-sama menuntut ilmu, dan sebagai warga negara indonesia, kami juga ingin diperlakukan sama.
terima kasih,
0
comment
written by string, Oktober 25, 2011
tolong supaya mahasiswa yang dari perguruan tinggi swasta juga diberi perhatian dan beasiswa agar tidak terjadi pilih kasih dan diskriminasi didalam dunia pendidikan. terima kasih. smilies/angry.gif

Write comment

busy