Senin, 02 Maret 2015
Pemerintah Tunggu Permohonan Peminat Beasiswa PDF Cetak Surel
Rabu, 12 Oktober 2011 02:30

UNTUK SISWA DAN MAHASISWA

SIJUNJUNG, HALUAN — Pemerintah Kabupa­ten Sijunjung setiap tahun mengalokasikan dana bantuan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Peminat beasiswa diminta segera memasukkan permohonan.

“Pemberian beasiswa me­ru­­pa­kan komitmen Pemerintah Ka­bupaten Sijunjung dalam me­ningkatkan dan me­ngem­bangkan sumber daya manusia (SDM),” ujar Kepala Bagian Kesra Setda­kab Sijunjung melalui Kasubag Dikbud Zu­hel­ma kepada Haluan di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, pemberian bantuan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi diatur dalam Perda Nomor 3 tahun 2007 tentang pelayanan pendidikan.

Sementara tata cara dan besaran pemberian beasiswa, sambung Zuhelma, dijabarkan dalam Peraturan Bupati No­mor 24 tahun 2008.

Dia mengatakan, sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2007, beasiswa diporsikan bagi ma­sya­rakat Sijunjung yang kurang mampu dan berprestasi.

Selain kurang mampu dan berprestasi, sambungnya, bea­sis­wa juga diberikan kepada mahasiswa yang sedang melak­sanakan PKL. “Kita menetapkan persya­ratan untuk calon penerima bantuan beasiswa tersebut,” katanya.

Di antaranya, syarat umum adalah siswa atau mahasiswa yang masuk atau sedang men­jalani kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit, seperti Unand, UNP, IAIN Padang, UI, ITB, UGM, IPB, Unpad, USU, Unibraw dan UN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Syarat lainnya, tanda bukti lolos PTN dan rekomendasi dari sekolah. Khusus mah

sakta) dan 2,75 (non eksak­ta). Dan mahasiswa berprestasi memi­liki IPK minimal 3.00 (eksakta) dan 3.25 (non eksak­ta),” jelasnya.

Bagi siswa dan mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang disebutkan di atas, Zuhelma menghimbau agar mengajukan permohonan ke Bupati Sijunjung dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan.

“Setiap permohonan yang masuk, dan memenuhi persya­ratan akan kita proses,” timpal­nya.(h/azn)