Senin, 26 Januari 2015
Rubrik Daerah
Pasaman Gencarkan Program Pendidikan Gratis PDF Cetak Surel
Jumat, 23 Januari 2015 02:19

PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman sukses memelopori pendidikan gratis untuk semua jenjang sampai sekolah lanjutan tingkat atas.

Pasaman telah mengim­plementasikan pendidikan gratis awal tahun 2014, dengan anggaran Rp12 miliar yang bersumber dari APBD kabu­paten. Tentu program ini, telah dilaksanakan jauh sebelum kampanye calon presiden pada kampanye lalu.

 
Pemko Solok Adopsi PNPM Mandiri Perkotaan PDF Cetak Surel
Jumat, 23 Januari 2015 02:19

SOLOK, HALUAN — Untuk membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam menanggulangi kemiskinan secara berkelanjutan,Pemerintah Kota Solok akan mengadopsi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP).

“PNPM MP telah terbukti sangat membantu pemba­ngu­nan infrastruktur, ekonomi dan pemberdayaan masyara­kat di Kota Solok. Untuk itu program ini perlu dikem­bang­kan dan dana untuk program ini perlu ditambah,” kata Wa­kil Wali Kota Solok Zul Elfian pada acara Lokakarya Review PNPM-MP di Gedung Kubung Tigo Baleh Solok, Rabu (21/1).

 
KAN Diharapkan Mampu Tuntaskan Sengketa dalam Kaum PDF Cetak Surel
Kamis, 22 Januari 2015 02:04

TABEK, HALUAN — Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengharapkan kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN), kalau terjadi perselisihan dan sengketa masalah harta pusaka di dalam kaum atau nagari diharapkan dapat diselesaikan di tingkat kaum atau pada tingkat nagari, jangan sampai masalah adat salingka nagari itu sampai ke ranah hukum.

Hal ini disampaikan Wabup Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya pada acara pengukuhan pengurus KAN Tabek Kecamatan Pariangan bertempat di Balairong Sari Tabek Kecamatan Pariangan, baru-baru ini.

 
Sebelum Mengajar, Guru Harus Paham Kurikulum PDF Cetak Surel
Kamis, 22 Januari 2015 02:04

SEMINAR PENDIDIKAN

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentu seorang pengajar harus paham tentang kurikulum, karena sekarang ini banyak sekali tenaga pengajar yang kurang menguasai tentang kurikulum 2013, dan banyak paham dengan kurikulum 2006.

Hal itu disampaikan oleh Drs Sucipto MPd, pakar pen­didikan dari Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di hadapan 200 kepala SMA, SMP dan Madrasah se-Kabupaten Pa­dang Pariaman dan Kota Pa­riaman, pada acara seminar sehari yang diselenggarakan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 2x11 Enam Lingkung, Sabtu (17/1).

 
Petani Pariaman Semakin Gemari Budidaya Padi Salibu PDF Cetak Surel
Rabu, 21 Januari 2015 02:10

PARIAMAN, HALUAN — Budidaya tanam padi Salinan Ibu atau lebih dikenal padi Salibu oleh petani di Kota Pariaman, mulai digemari,  karena hasil panennya cukup menggembirakan, rata-rata mencapai 5,9 ton/hektar.

“Di Kota Pariaman padi Salibu ada di 13 titik dengan luas areal 6,5 hektar, namun pada MT sekarang terpusat di Pariaman Utara,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Syaiful Rizal, menjawab Haluan di usai acara panen Padi Salibu di Dusun Sikapak Usang, desa Tungkal Selatan, Selasa (20/1).

 
Dialokasikan Rp 1,2 Miliar untuk Pendidikan Agama PDF Cetak Surel
Rabu, 21 Januari 2015 02:10

PAINAN, HALUAN — Pemda Pessel pada tahun 2015 ini mengalokasikan dana sebesar Rp 1,2 miliar untuk menunjang pendidikan agama di Pessel yang merupakan salah satu program Pemda Pessel, terutama dalam upaya pening­katan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat yang berkualitas di daerah ini.

Wakil Bupati Pessel H Editiwarman mengatakan, ang­garan yang telah diprog­ramkan untuk pembangunan pilar keagamaan di Pessel merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah, ter­utama pendidikan agama.

 
Masyarakat Solsel Keluhkan Seringnya Mati Listrik PDF Cetak Surel
Senin, 19 Januari 2015 02:10

PADANG ARO, HALUAN — Masyarakat Solok Selatan (Solsel) mengeluhkan seringnya mati listrik yang terjadi di seluruh kecamatan di kabupaten itu. Hal ini menganggu berbagai aktifitas masyarakat dan berdampak terhadap berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi dan sebagainya.

Dede Pasarela, warga Keca­matan Sangir mengatakan, listrik sering mati mulai mag­rib hingga jam 22.00 malam. Padahal, rentang waktu ter­sebut merupakan waktu yang sibuk bagi masyarakat untuk beraktifitas.

 
Pemko Bantu Promosi Produk Unggulan PDF Cetak Surel
Senin, 19 Januari 2015 02:09

DORONG PERTUMBUHAN UMKM

PADANG PANJANG, HALUAN— Pemerintah Kota Padang Panjang, berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha di daerah itu untuk mempromosikan produk-produk unggulannya di berbagai even promosi, baik lokal dan nasional.

Selain untuk mendorong peningkatan pertumbuhan UM­KM, kebijakan tersebut juga bertujuan untuk me­ning­katkan kesejahteraan masya­rakat di kota berjuluk Serambi Mekkah.

 
Rp 5,7 Miliar Digelontorkan PDF Cetak Surel
Jumat, 16 Januari 2015 01:47

LENGKAPI RSUD

PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman kembali menggelontorkan anggaran sebesar Rp 5,3 miliar untuk membangun gedung kelengkapan rumah sakit daerah setempat.

Setelah sukses melaksa­nakan pembangunan gedung kelengkapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lu­buk­sikaping tahun 2014, tahun ini pembangunan pusat pela­ya­nan kesehatan masyarakat Pasaman itupun menjadi per­hatian Bupati Pasaman Benny Utama- Wabup Daniel.

 
Dana Perjalanan Dinas Dialihkan untuk Belanja Modal PDF Cetak Surel
Jumat, 16 Januari 2015 01:47

SOLOK, HALUAN — Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Solok dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solok sepakat melakukan efisiensi dengan memotong anggaran perjalanan dinas, anggaran honorarium petugas dan anggaran makan minum.

Kemudian mengalihkan anggaran tersebut untuk be­lanja modal, pengurangan de­fisit dan pengadaan tanah un­tuk pembangunan gelanggang olah raga.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL