Rabu, 01 April 2015
Sumatera Barat
Bayi Kembar Lima Lahir di RSAM Bukittinggi PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:32

BUKITTINGGI, HALUAN — Seorang pasien Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi bernama Yulia Anggraini (27), warga Tangah Sawah Kecamatan Guguak Panjang Kota Bu­kittinggi melahirkan lima bayi kembar sekitar pukul 07.00 WIB, Selasa (31/3). Namun sayangnya, nyawa kelima bayi itu tidak terselamatkan.

Tiga di antara lima bayi yang lahir itu meninggal saat dila­hirkan, sementara dua bayi lagi sempat bernafas dan bertahan selama empat jam sebelum akhirnya meninggal dunia me­nyusul tiga sau­daranya.

 
Mulai Tahun Ini, Tiga Substansi Ranperna Dievaluasi Bupati PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:24

SOLSEL, HALUAN—Mulai tahun ini, bupati sebagai pimpinan tertinggi Pemkab Solok Selatan (Solsel) akan mengevaluasi terlebih dahulu tiga dari empat substansi rancangan Peraturan Nagari (Perna), sebelum menjadi Perna. Tiga substansi Perna tersebut adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah, Tata Ruang dan Organisasi.

Sementara satu substansi lainnya, yakni Anggaran Pen­dapa­tan dan Belanja Nagari, sudah sejak lama dievaluasi oleh pemkab.  Kepala Bagian Hukum Sekretariat Pemkab Solsel, Yulharnis mengatakan, evaluasi rancangan Perna ter­sebut dievaluasi oleh pemkab dalam jangka waktu 30 hari. Evaluasi tersebut menentukan apakah rancangan Perna ber­sang­kutan layak dijadikan Perna atau tidak.

 
Pedagang di Lantai Tiga Pasar Sawahlunto Minta Direlokasi PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:23

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sejumlah pedagang yang berjua­lan dilantai tiga Pasar Baru, Sawahlunto, meminta kepada Pemerintah Kota agar segera direlokasi ketempat yang lebih representative. Semenjak dipin­dahkan dari pasar penampungan Kampung Teleng delapan bulan lalu, omzet jual beli sejumlah pedagang mengalami penurunan yang drastis.

Emi (51), salah saeorang pedagang kebutuhan harian kepa­da Haluan mengeluhkan, omzet penjualannya yang terus meng­alami penurunan, semenjak ia­ dipindahkan dari pasar penam­pungan Kampung Teleng ke lantai atas pasar baru ini mulai bulan Juni 2014 lalu. Omset penjua­lannya terus menurun, jika biasa­nya dalam tiga hari ia biasa menjual cabay merah sampai 80 kilogram, semenjak dilantai atas ini untuk menghabiskan cabay 15 kilogram pertiga harinya sangat­lah sulit.

 
Warga Lengayang Pertanyakan Bangunan Terbengkalai PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:22

PAINAN, HALUAN — Wa­rga Kecamatan Lengayang Pe­sisir Selatan pertanyakan tiang beton shelter yang ber­lo­kasi di pekarangan SD 27 Pasar Kambang.Bangunan tersebut dibangun dengan dana APBD Provinsi Suma­tera Barat tahun anggaran 2011/2012 lalu.

Ketua Bamus Kambang Barat Yusrizal Selasa (31/3) mengaku heran melihat pe­ker­ja­a­n pembangunan ter­sebut terbengkalai dan hing­ga kini tidak ada kejelasan kelanjutannya.

 
Masyarakat Diajak Jaga Kebersihan Sungai PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:22

TIGA ALIRAN SUNGAI DIPENUHI SAMPAH

AGAM, HALUAN — Badan Pe­ngelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam, me­ngajak masyarakat terlibat aktif menjaga kebersihan aliran sungai dengan tidak membuang sampah, serta limbah rumah tangga, ke aliran sungai. Ber­dasarkan hasil pemeriksaan sampel air di laboratoriun milik BPLH sejumlah sungai sudah mulai tercemar mikrobiologi.

Kepala Badan Pengelola Ling­kungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam Aswirman, Selasa (31/3) me­ngatakan, seiring semakin meng­khawatirkannya mutu air sejumlah sungai akhir-akhir ini, BPLH meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, termasuk mem­buang di aliran sungai.

 
Riza Falepi Optimis Payakumbuh Kota Bersih 2015 PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:21

PAYAKUMBUH,HALUAN — Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM (K) akan datang 9 April mendatang memperingati Hari Integrasi Kesehatan Internasional di Kota Payakumbuh. Walikota Payakumbuh H Riza Falepi saat dikonfirmasi, mengakui bahwa program kesehatan di Payakumbuh saat ini menjadi respek positif pemerintah pusat.

“Pengentasan buang air be­sar sembarang tempat (BABS), sanitasi, serta komit­men pemerintah daerah de­ngan memprasastikan Paya­kumbuh Kota Bersih ini akan disaksikan langsung oleh Ibu Menteri. Kita memperhatikan segala petunjuk Kemenkes sehingga aplikasinya di lapa­ngan terwujudkan menuju Pa­ya­kumbuh Kota Bersih 2015,” papar Walikota Paya­kumbuh H Riza Falepi, Selasa (31/3).

 
Pensiunan PDAM Tewas Gantung Diri PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Maret 2015 02:44

UNAND TERBUKA TERIMA KELUHAN

AGAM, HALUAN — Sehari setelah mahasiswa Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas ditemukan tewas gantung diri, peristiwa yang sama juga terjadi di Ampu Jorong Parik Panjang, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Edi Tiawarman (57), pensiunan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak, Pekan­baru, ditemukan tewas tergantung, Senin (30/3) sekitar pukul 6.00 WIB di rumahnya.

Edi ditemukan pertama kali oleh adiknya, Supik, (45) tergantung dengan seutas tali nilon. Melihat kejadian tersebut Supik langsung shok dan menyampaikan hal itu kepada pihak keluarga lain, dan masyarakat. Berdasarkan keterangan pihak kepolisian peristiwa tersebut murni perbuatan gantung diri, karena tidak ada tanda-tanda lain pada tubuh korban.

 
MK Itu Pemimpin Ninik Mamak PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Maret 2015 02:26

WALIKOTA BUKITTINGGI, ISMET AMZIS:

BUKITTINGGI, HALUAN — Walikota Bukit­tinggi, Ismet Amzis memaklumatkan dukungannya kepada bakal calon Gu­ber­nur Sumbar, Muslim Kasim (MK) melalui sebuah pantun yang diba­cakannya di hadapan ratusan pengunjung pameran batu akiak, yang dise­lenggarakan di Banto Trade Center (BTC)  Kota Bu­kittinggi, Minggu (29/3).

Batu akiak sabana musim, lakek di jari bak parmato, kito dukuang Pak Muslim Kasim, untuak mamimpin Minang­kabau tacinto,” begitu Ismet usai membaca pantun, spontan masyarakat teriak: “Hidup MK untuk semua!”. Menurut Ismet, Sumatera Barat mem­butuhkan pemimpin yang be­nar-benar paham dan mengerti de­ngan karakteristik ke­mi­nang­kabauan.

 
Air PDAM Keruh Tidak Layak Dikonsumsi PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Maret 2015 02:23

WARGA LUBUK TAROK MENGELUH

SIJUNJUNG, HALUAN — Sejumlah pe­langgan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Jorong Sei Jodi, Kenagarian Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok mengeluh. Pasalnya, kualitas air bersih yang dialirkan selama satu minggu belakangan ini berwarna keruh serta mengandung endapan tanah dan lumpur.

Bahkan terkadang warnanya tak ubah seperti air parit atau persis seperti air baku sebelum diolah. Disamping itu, dianggap tidak layak untuk dijadikan air minum dan warga mengalami gatal-gatal jika menggunakan air tersebut untuk keperluan mandi.

 
Demokrat Bakal Usung Duet IC- MIP? PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Maret 2015 02:22

AGAM,HALUAN—Pe­luang Bupati Agam Indra Catri (IC) dan Ketua Partai Demokrat Agam, Marga Indra Putra (MIP) un­tuk tampil ber­pasangan pada Pilkada Agam, Desember 2015 mendatang, makin terbuka lebar. Hal ini setelah panitia seleksi DPC Partai Demokrat, me­loloskan keduanya sebagai bakal calon yang akan diusulkan ke DPP Partai Demokrat.

Selain IC dan MIP, pen­daftar lain yang juga lolos dalam seleksi awal ada­lah Fe­ry Adrianto, Jondra Mar­jaya dan Irwan Fikri. Namun ber­dasarkan pengamatan, nama yang paling populer dan telah tersosialisasi secara luas a­dalah IC dan MIP.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL