Kamis, 24 April 2014
Sumatera Barat
Banyak Lokasi Tambang Tak Direklamasi PDF Cetak Surel
Kamis, 24 April 2014 02:16

PT NIM INVESTASI RP40 MILIAR

SOLOK SELATAN, HALUAN — Lembaga Sosial Masyarakat Wahana Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup (LSM Wappelhi) meminta Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengimbau perusahaan tambang yang menyusun dokumen Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan), agar mencantumkan dana reklamasi lokasi yang ditambang.

Tujuannya, agar pe­rusaha­an tambang yang tidak mendapatkan keun­tungan di lokasi tambang yang dieksploitasi, tidak meninggalkan lokasi tam­bang sebelum merekla­masinya terlebih dahulu.

 
PPK Buka Kotak Suara Tanpa Dihadiri Saksi dan Panwaslu PDF Cetak Surel
Kamis, 24 April 2014 01:59

SIMPANG AMPEK, HA­LUAN — Sejumlah partai dan caleg mela­porkan kecu­rangan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) khusus pada Kecamatan Pasaman, Kabu­paten Pasa­man Barat, Selasa (22/4). Seperti kotak suara yang di buka di  kantor Wali Nagari Lingkung Aua tanpa ada saksi dan Panwaslu Keca­matan.

Adapun partai yang mela­por tersebut seperti, PPP, PKPI, PDIP, Golkar, Gerin­dra, PAN dan PBB. Mereka menilai banyak pelanggaran Pemilu yang sudah dilaku­kan saat peng­hitungan suara di tiga nagari di Kecamatan Pasa­man, yakni Nagari Aua Kuniang, Nagari Lingkung Aua dan Nagari Aia Ga­dang.

 
Bupati Harapkan Alahan Panjang Jadi Kawasan Segitiga Emas PDF Cetak Surel
Kamis, 24 April 2014 01:58

DUKUNG KERJASAMA UNAND-UNESCO DI ALAHAN PANJANG

Solok, Haluan— Sebagai daerah yang kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA), Kabupaten Solok khususnya yang berada di kawasan Alahan Panjang diharapkan menjadi kawasan segitiga emas dalam pembangunan kapasitas Sumber Daya Masyarakat (capacity building) dalam pe­ning­katan ekonomi di masa yang akan datang.

Hal ini diungkapkan Bupati Solok Drs. H Syamsu Rahim saat membuka workshop dan kunjungan lapangan Kerja­sama UNESCO dengan Uni­ver­sitas Andalas (Unand) di kawasan penelitian dan pe­ngem­bangan alih tekologi pertanian di nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Rabu (23/4).

 
Pelaksanaan PNPM-MPd Kabupaten Solok Ternoda PDF Cetak Surel
Kamis, 24 April 2014 01:57

SOLOK, HALUAN — Pelak­sanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat  Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) Kabupaten Solok dinodai segelintir oknum. Akibatnya, alokasi dana PNPM-MPd/Integrasi Kabupaten Solok mengalami penurunan.

“Pelaksanaan PNPM-MPd Integrasi di Kabupaten Solok pada tahun 2013 lalu, sebe­narnya sudah terlaksana dengan baik. Itu ditandai dengan   Kabupaten Solok memperoleh peringkat 2 se-Sumbar untuk pelaksanaan PNPM-MPd dan Peringkat 1 se-Sumbar untuk pelaksanaan PNPM-MPd Integrasi. Namun sangat disayangkan prestasi itu dice­mari segelintir orang yang memamfaatkan orga­nisasi kemasyarakatan untuk Kepen­tingan pribadi.” Kata Kepala Badan Pemberdayaan Masya­rakat Kabupaten Solok, Drs. Khairi Yusri saat Rapat Koor­dinasinasi Pelaksanaan PNPM-MPd/Integrasi di ruang perte­muan Singkarak Sekda Kabu­paten Solok, Rabu (23/4).

 
Tokoh Masyarakat Tuntut Pemda Bukitinggi dan Agam Bersinergi PDF Cetak Surel
Kamis, 24 April 2014 01:56

BUKITTINGGI, HALUAN - Tokoh masyarakat Bukittinggi menuntut Pemerintah Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam segera bersinergi dalam membuat dan melaksanakan kebijakan pembangunan, sesuai dengan kesepakatan bersama yang telah tertuang dalam hasil Seminar Grand Scenario Bukit­tinggi yang digelar di Istana Bung Hatta atau Gedung Tri Arga, Bukittinggi pada Kamis 27 Juni 2013 lalu.

“Dalam Seminar Grand Scenario Bukittinggi telah disepakati bahwa Pemerintah Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam sepakat untuk mem­bangun daerah secara bersama-sama. Namun saat ini reali­sasinya belum ada. Kenapa Walikota Bukittinggi dan Bupati Agam kini jadi diam dan tidak menindaklanjuti kesepakatan itu,” ujar Andri Zein Ibrahim, salah seorang tokoh masyarakat di Bukittinggi, Rabu (23/4).

 
Kepala DKP Bukittinggi Wajib Lapor PDF Cetak Surel
Rabu, 23 April 2014 02:26

BERSIKAP KOOPERATIF

BUKITTINGGI, HALUAN — Kapolsekta Bukittinggi Kompol Ediwarman menilai, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bukittinggi Supadria dan Kabid Kebersihan DKP Ma’aruf Amin sangat koo­peratif selama menjalani pemeriksaan sebagai ter­sang­ka dalam kasus ‘open dumping’ atau pembua­ngan sampah ke ruangan terbuka.

“Pada Senin 21 April 2014, tersangka telah diperiksa penyi­dik. Meski kami telah menet­apkan jadwal pemeriksaan pada pukul 09.00 WIB, namun pada pukul 08.00 WIB beliau telah datang dan siap untuk diperiksa,” ujar Ediwarman, Selasa (22/4).

 
Dirjen Perhububungan Kunjungi Dermaga Apung Singkarak PDF Cetak Surel
Rabu, 23 April 2014 02:08

PEMKAB SOLOK KEMBANGKAN POTENSI WISATA

Solok, Haluan — Di tengah potensi alam yang melimpah, Pemerintah Daerah dituntut agar lebih sungguh-sungguh menata potensi yang ada. Terutama dikaitkan dengan kekaya­an sum­ber daya danau yang ada di Kabupaten Solok, kepala daerah harus lebih memperl­i­hat­kan komitmennya melalui program yang akan menunjang dunia pariwisata di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemen­terian Perhubungan Suroyo Alimoeso saat berkunjung ke Kabupaten Solok Selasa (22/4). Kehadiran Dirjen Perhu­bungan Darat Kemen­terian Perhubungan RI Suroyo Alimoeso ke Kabu­paten Solok didampingi Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Mudrika, berkaitan dengan pengoperasian derma­ga apung yang dibangun di kawasan wisata danau Singkarak. Dermaga itu sendiri merupakan program Kementerian Perhubungan RI tahun 2013.

 
70 Kader BKB Ikuti Pelatihan Pendampingan PDF Cetak Surel
Rabu, 23 April 2014 02:07

SIJUNJUNG, HALUAN — Sebanyak 70 orang kader Bina Keluarga Balita (BKB) di Keca­matan Koto VII Kabupaten Sijunjung mengi­kuti pelatihan pendampingan kelompok BKB.

Pelatihan bertajuk “me­lalui pelatihan kader pen­dam­ping BKB kita ting­katkan wawasan dan penge­tahuan orang tua terhadap pem­binaan anak agar gene­rasi penerus cerdas dan berka­rakter“ di buka secara resmi Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di UDKP kecamatan setempat, Selasa (22/4).

 
Dinsosnakertrans Agam Adakan Bimbingan K2KS PDF Cetak Surel
Rabu, 23 April 2014 02:07

AGAM, HALUAN - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Agam mengadakan bimbingan pelestarian nilai kepahlawanan keperintisan dan kesetiakawanan sosial (K2KS) kepada 60 orang guru dan aparat pemerintahan di aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Selasa (23/4).

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber antara lain, Kasi Pendayagunaan Pelestarian Nilai Kepahlawanan dan Keperistiwaan Kementerian Sosial Republik Indonesia, Ramsya Pardosi, praktisi sejarah Paren­dangan Nasution, dan Kabid Pengembangan Lembaga Sosial dan Kemitraan Dinas Sosial Sumbar, Muhammad Lutfi Hasan.

 
KUMKM Miliki Peran Strategis PDF Cetak Surel
Rabu, 23 April 2014 02:06

PETANI GAMBIR TERIMA BANTUAN

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional, hal itu didukung lebih 90 persen pelaku usaha di Indonesia berasal dari KUMKM dan mampu menyerap lebih 97 persen tenaga kerja.

Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo Dt.Sori Marajo di Sarilamak beberapa hari yang lalu menuturkan, Limapuluh Kota punya potensi produk unggulan diantaranya songket, tenun, gambir, aneka ma­kanan, batu aji, batu bata, anyaman. Sebagian besar usaha ini masih berskala Industri Kecil Menengah (IKM).

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL