Minggu, 31 Agustus 2014
Sumatera Barat
Nelayan Pessel Terancam Bangkrut PDF Cetak Surel
Sabtu, 30 Agustus 2014 02:31

SOLAR TAK KUNJUNG DAPAT

PAINAN, HALUAN — Pelabuhan dan muara sungai di Pessel disesaki kapal nelayan yang tidak turun melaut. Kapal jenis tonda di Pesisir Selatan tidak dapat melaut akibat BBM jenis solar subsidi sangat sulit didapatkan. Lebih sepekan tidak me­laut, para nelayan pe­milik kapal tonda teran­cam bangkrut dan gulung tikar.

Pemilik kapal tonda bahkan merasa sangat kesulitan mendapatkan BBM di SPBU dengan jumlah yang cukup untuk satu periode turun melaut. Mereka memilih untuk memarkir kapal di pelabuhan atau muara.

 
BBM Sulit, Harga TBS Anjlok PDF Cetak Surel
Sabtu, 30 Agustus 2014 02:16

PAINAN, HALUAN-Berdalih biaya angkut tinggi, harga Tandan Buah Sawit segar (TBS) sepekan terakhir ditekan toke pada harga Rp450 hingga Rp500 perkilogram. Sempat sebelumnya harga TBS menembus level Rp1.200 perkilogram, namun akibat kelangkaan BBM turun ke harga yang tidak menguntungkan petani.

“Saya menjual sawit seharga Rp450 perkilogram kepada toke, harga itu bahkan cenderung alami penurunan semenjak seminggu terakhir,” ujar Oyon, petani sawit di Sutera, Jumat (29/8).

 
Pengentasan Kemiskinan Harus Berbasis Data PDF Cetak Surel
Sabtu, 30 Agustus 2014 02:15

PASAMAN, HALUAN- Keberhasilan Peme­rintah Kabupaten Pasaman menekan angka kemiskinan dalam empat tahun terakhir, mesti terus dibenahi. Terutama mengenai updating data rumah tangga miskin.

Kepala Badan Peren­canaan Pembangunan Dae­rah (Bappeda) Kabupaten Pasaman Yosvarman, kepa­da Haluan, menyebutkan, meski dalam sajian data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan Pasaman terus menurun. Namun SKPD yang terkait dengan program gerakan pengen­tasan kemiskinan tidak memiliki data yang update. “Validasi data sangat pen­ting, agar program pengen­tasan kemiskinan tidak tumpang tindih dan tepat sasaran,” ujar Yosvarman, kemarin.

 
Jalan Rigit Beton Sepertinya Pemborosan PDF Cetak Surel
Sabtu, 30 Agustus 2014 02:15

LIMAPULUH KOTA, HA­LUAN — Dalam melak­sanakan proyek pem­bangunan di Kabupaten Limapuluh Kota, hendaknya direncanakan dengan sematang mungkin, utamanya insfra­struktur jalan. Supaya tidak terjadi pemborosan anggaran yang tentu akan merugikan masya­rakat daerah ini.

Hal itu diungkapkan Koor­dinator LSM Ampera Sumbar, Awaludin Ayub, di Payakumbuh, seusai melihat pembangunan jalan rigit beton lingkar kantor bupati di Sarilamak. Sebab menurutnya, proyek pembangunan jalan Rigit beton yang tengah dikerjakan tahun ini di lokasi itu sepertinya pemborosan anggaran.

 
? Perbakin Agam Bakal Basmi Hama Tupai PDF Cetak Surel
Sabtu, 30 Agustus 2014 02:13

AGAM, HALUAN - Puluhan anggota Perbakin Agam bakal berburu hama tupai di Kenagarian Padang Tarok, Kecamatan Baso. Kegiatan tersebut dilakukan setelah permintaan masyarakat yang sangat resah dengan aktivitas tupai yang merusak perkebunan mereka.

Ketua Harian Perbakin Agam, yang juga wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, Jumat (29/8) mengatakan, hama tupai di Padang Tarok sangat mengganggu tanaman masyarakat. Tana­man perkebunan, seperti jagung  dan lainnya dirusak dan sangat merugikan. Atas permintaan itu, Perbakin Agam akan membantu membasmi hama tersebut dengan menyelenggarakan berburu di daerah itu.

 
Napi Kasus Pembunuhan Kabur dari RSUD Solok PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Agustus 2014 02:33

SOLOK, HALUAN — Narapidana penghuni Lapas Kelas II B Solok, Erik (24), melarikan diri dari Rumah Sakit Umum Daerah Solok. Narapidana kasus pembunuhan ini berhasil kabur setelah mengelabui  petugas Lapas dengan aksi bunuh dirinya.

Dari informasi yang dihimpun Haluan, pelaku pembunuhan di rumah dinas Sekda Kota Solok dengan korban Andi (24), pada tahun 2011 lalu itu, sebelum kabur terlebih dahulu mela­kukan aksi bunuh diri di dalam sel tahanan Lapas Kelas II B Solok, dengan cara memotong urat nadi.

 
238 CJH Tinggalkan Payakumbuh PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Agustus 2014 02:14

RESMI DILEPAS PEMKO

PAYAKUMBUH, HALUAN — Musim haji 1435 H/2014 M ini,  jemaah calon haji (JCH) Kota Payakumbuh berjumlah 238 orang. Sebe­lum meninggalkan kampung halaman, 1 September nanti, rombongan JCH itu  secara  resmi  dilepas  Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, dalam acara  di aula serba­guna SMKN 2 di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Payakumbuh Barat, Kamis (28/8).

Pelepasan JCH itu ditandai dengan penyerahan bendera lambang Kota Payakumbuh oleh Wawako Suwandel Much­tar kepada ketua rombongan JCH Payakumbuh Harma­yunis, Kepala BPMP-KB,  disaksikan Sekdako Payakum­buh H. Benni Warlis dan Kepala Kantor Kementerian Agama Salman S. Memed, serta sejumlah pimpinan SKPD serta pejabat di jajaran Kantor Kementerian Agama.

 
UPT PPBH Bukittinggi Gelar Bedah Buku Bung Hatta PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Agustus 2014 02:12

BUKITTINGGI, HALUAN - Dalam rangka memperingati hari kelahiran Bung Hatta yang ke-112, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta (PPBH) Bukittinggi menggelar bedah buku tentang Bung Hatta, yang bertajuk “Hatta, Aku Datang Karena Sejarah”.

Kegiatan bedah buku yang dilaksanakan di Auditorium PPBH, Kamis (28/8) mendatangkan nara sumber putri dari Bung Hatta sendiri, yaitu Prof. Dr. Meutia Hatta Swasono (Dewan Pertimbangan Presiden). Disamping itu, juga menghadirkan nara sumber Dra. Welmin Sunyi Ariningsih, M.Lib (Deputi I Perpustakaan Nasional RI), serta penulis Buku Bung Hatta, Sergius Sutanto

 
Dua Nagari Adakan Lomba Outbound PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Agustus 2014 02:07

PASCA CAKAK BANYAK

TANAH DATAR, HALUAN - Pasca bentrok massa antara Kampung Baru Nagari Rao-rao dengan Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Tarap pada 20 Agustus lalu, kini kedua massa tersebut oleh Kodim 0307/Tanah Datar Rem 032/Wbr kembali dipersatukan  dengan lomba outbound yang dipusatkan di  balai-balai depan Kantor Wali Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.

Dandim 0307/Tanah Datar Letnan Kolonel Kav Sutrisno Wibowo, di Koto Baru me­ngatakan, penye­lenggaraan lomba outbound yang di seleng­garakan oleh Kodim 0307/Tanah Datar tersebut, ada­lah menindak lan­juti  dari komitmen dikomandangkan oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Widagdo Hendro guna menanamkan kembali nilai-nilai Wasbang bagi mas­yarakat di wilayah Sumbar. Dengan Wasbang berupa outbound ini  diharapkan dapat memperkuat kembali tali silaturahmi, jiwa korsa, terjalin rasa persatuan dan kesatuan yang kuat diantara pemuda dan mas­yarakat pada dua Nagari tersebut, mengingat sebelumnya mereka adalah bersaudara, papar Dandim.

 
Pekerja Kebun Semaput Dihajar Massa PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Agustus 2014 02:07

TIPU PEDAGANG EMAS

PADANG PANJANG, HALUAN — Belum lagi sempat menikmati hasil kejahatannya, Udin Sahrudin (36), pria asal Provinsi Lampung yang sehari-harinya berprofesi sebagai pekerja kebun sawit, terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib. Ia diamankan petugas sesaat setelah dirinya berhasil mengelabui Erizal Kidam, pemilik took emas Labai Malano Padang Panjang, Kamis (28/8).

Bahkan sebelum akhirnya polisi datang ke lokasi, pelaku juga sempat dihajar massa hingga mengalami beberapa lebam di bagian wajahnya. Hingga berita ini diturunkan, pelaku berikut barang bukti kejahatannya, sudah diamankan di Mapolsek Kota Padang Panjang untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL