Minggu, 01 Maret 2015
Sumatera Barat
Segera Operasikan Pasar Semi Modern PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:34

DPRD DESAK PEMKO

SOLOK, HALUAN — Sudah hampir dua tahun pasca dibangun, pasar semi modern Kota Solok belum juga bisa dinikmati pedagang. Sementara puluhan pedagang korban kebakaran berjualan di kios penampungan yang sempit dan sepi pembeli.

Untuk itu DPRD Kota Solok desak Pemerintah Kota (Pemko) untuk segera mem­berikan kepastian kapan pasar semi modern itu bisa diman­faatkan oleh pedagang.

Selengkapnya...
 
70 Persen Penduduk Pasaman Berprofesi Petani PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:33

PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman Benny Utama menyatakan, sebanyak 70 persen penduduk di ranah nan saiyo itu, menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian. Sisanya, sekitar 30 persen lainya berprofesi sebagai pedagang, Pegawai, dan bermata pencarian sektor lainnya.

“Kondisi ini juga dise­babkan faktor geografis daerah Pasaman yang memungkinkan untuk masyarakat bergerak di sektor tersebut. Banyak usaha masyarakat yang terus ber­kembang demikian juga per­putaran ekonomi dari sektor pertanian tersebut,” ujar Ben­ny Utama.

Selengkapnya...
 
Uji Kompetensi Perwakilan ke Tingkat Provinsi Tuntas Digelar PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:32

DHARMASRAYA, HALUAN —Para pemuncak uji kopetensi Camat, Wali­nagari dan Sekretaris nagari (Seknag), tuntas digelar di Kabupaten Dhar­masraya. Ketiga nama tersebut akan mewakili Dharmasraya pada ajang yang sama Tingkat Provinsi Sumbar. “Kita sudah selesai melaksanakan dua tahap penilaian uji kompetensi,” ungkap Kepala Bagian Tata Administrasi Pemerintahan (Kabag Tapem), Asril, M.Si, kepada Haluan, di Pulau Punjung.

Dijelaskannya, pekan lalu uji kom­petensi Camat, Walinagari dan Seknag sudah dilaksanakan oleh tim penguji pada tahap penilaian ekspos tentang wilayah masing masing sesuai tu­poksinya, setelah keluar tiga orang nominasi, kemudian tim penguji melakukan tahgapan penilaian lapa­ngan. “Penilaian lapangan gunanya, apakah sesuai yang diekspos dengan kondisi lapangan,” imbuhnya.

Selengkapnya...
 
Pintu Masuk Bongkar Pungli PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:32

DEMO PELAJAR SMKN 3

PAYAKUMBUH, HALUAN — Munculnya aksi unjuk rasa ratusan pelajar SMK 3 Payakumbuh, ke kantor Dinas Pendidikan kota ini, karena ada dugaan orang tua mereka telah menjadi ‘sapi perahan’ oknum Kepala Sekolah dan Komite terkait berbagai kebijakan pungutan uang kepada murid, mendapat perhatian serius dari gabungan LSM di Luak Limopuluah, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang menamakan dirinya Koalisi Independent Pemantau dan Penegak Aspirasi Rakyat untuk Clean dan Good Goverman (KIPPAS-SG).

Ketua Umum KIPPAS-SG, Syaiful Rahman, didam­pingi Wakil Ketua, Sevindra­juta, kepada wartawan di Balai Wartawan Luak Limopuluah, Kamis (27/2) mengaku akan menyikapi aksi demontrasi yang dilakukan pelajar SMK 3 Payakumbuh tersebut secara serius. “Kita akan jadikan kasus ini sebagai pintu masuk bagi KIPPAS- SG untuk mem­persoalkan ada dugaan uang pungutan-pungutan liar yang dilakukan sejumlah sekolah, baik SD, SMP dan SMA yang ada di Payakumbuh,”ulas merreka.

Selengkapnya...
 
Mulai Besok, Berita Haluan Bisa Didengar di RRI PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:31

BUKITTINGGI, HALUAN — Terhitung mulai Minggu, 1 Maret 2015 besok, masyarakat Kota Bukittinggi dan sekitarnya bisa mengetahui berita terkini yang dimuat Harian Haluan melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Bukittinggi. Rangkuman berita Haluan itu dapat didengar di Programa 1 dengan frekwensi 94,8 FM.

“Berita yang bisa didengar di RRI ini merupakan berita headline serta berita menarik lainnya yang dimuat di koran Harian Haluan setiap harinya. Prioritas berita yang di­baca­kan itu adalah berita lokal yang sedang hangat dibacarakan saat ini, baik berita seputar Kota Bukittinggi maupun daerah seki­tarnya,” ujar Kepala Per­wakilan Haluan Bukittinggi, Yursil Masri, Jumat (27/2).

Selengkapnya...
 
6 Rampok Dibekuk PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:25

KERJA SAMA POLRES PAYAKUMBUH DAN BUKITTINGGI

Berkat informasi yang diterima jajaran kepolisian lebih awal, enam orang anggota kawanan rampok berhasil dibekuk. Kawanan rampok itu sudah mengincar di Payakumbuh dan Tanah Datar untuk beraksi.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Sa­tuan Reserse Kriminal Pol­res Pa­ya­kum­buh bekerja sama dengan Polres Bukittingi ber­hasil mem­bekuk enam kawa­nan rampok pada Kamis (26/2) dinihari. Kawanan peram­pok yang selama ini telah ber­aksi di berbagai kota di wilayah Sum­bar, ditangkap di Nagari Padang Tarok, Kecamatan Ba­so, Ka­bu­paten Agam. Satu ter­sang­ka yang sem­pat kabur ke­tika ditangkap , dilum­­puh­kan pe­tugas dengan ti­mah pa­nas.

Selengkapnya...
 
Kenaikan Pangkat Brigadir ‘N’ Ditunda PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:23

KASUS KEMATIAN PERAWAT CANTIK

PASAMAN, HALUAN — Ke­polisian Resort Pasaman men­jatuhi hukuman indisipliner, penundaan naik pangkat dua periode, kepada Brigadir N, teman spesial Dewi Septa Maidona, perawat yang tewas di bendungan Panti-Rao pada 2 Februari 2015 lalu.

Sidang disiplin itu dilak­sanakan di Mapolres Pasaman, Kamis (26/2), yang dihadiri oleh pihak keluarga korban.

Selengkapnya...
 
Jalan ke Bandara Rawan Kriminalitas PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:21

AKTIVITAS GALIAN C LIAR MARAK

PADANG, HALUAN — PT Angkasa Pura II mengeluhkan aktivitas penambangan galian C liar di kawasan Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Praktik pengambilan pasir ini dikhawatirkan berdampak pada struktur tanah landasan pacu pesawat, karena lokasinya sangat berdekatan sekitar 7 meter dari sungai.

Sementara Kapolres Pa­dang Pariaman mengeluhkan tidak adanya penerangan di jalan keluar dari Bandara hingga ke Simpang Fly Over. Kondisi jalan yang gelap gulita menyebabkan tingkat kri­mi­nalitas di  sepanjang Jalan M Rasyid itu, meningkat. Seperti transaksi narkoba, balap liar hingga mobil bergoyang atau aktivitas mesum di mobil.

Selengkapnya...
 
Tokoh Renah Indojati Datangi Kemendagri PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:20

PAINAN, HALUAN — Ketua Panitia Pembentukan dan Per­cepatan Kabupaten Renah Indojati Raswin menyebutkan, pihaknya telah mendatangi Kemendagri terkait tindak lanjut pemekaran kabupaten. Hasil konfirmasi soal pe­ngusulan DOB dengan Direk­tur Penataan Daerah Kemen­dagri tersebut diketahui legis­latif dan eksekutif sudah sepa­kat untuk membahas kembali Calon DOB yang batal dibahas pada tahun 2014 lalu.

Dari pertemuan itu me­nurut Raswin, pihak Ke­men­dagri belum membahas dari tahapan mana pengusulan pe­me­karan itu dimulai. Selu­ruh Ketua Panitia Pemekaran Ka­bupaten juga telah sepakat untuk mendesak Kemendagri dan DPR RI mengagendakan pembahasan pemekaran pada masa sidang ke II nanti.

Selengkapnya...
 
Songket Silungkang Warisan Budaya Nusantara PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:06

MENTERI PERDAGANGAN RAHMAD GOBEL:

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kerajinan tenun songket Silungkang Sawahlunto, ambil bagian dalam event Indonesia Fashion Week, yang digelar di Jakarta Convention Center, semenjak 26 Februari hingga 1 Maret 2015.

Hadirnya tenun songket Silungkang ‘Kota Arang’ da­lam ajang tersebut, merupakan suatu bentuk dukungan yang diberikan Kementerian Per­dagangan RI, atas upaya dan semangat Pemerintah Sawah­lunto dalam mengembangkan kerajinan tradisional itu.

Selengkapnya...
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL