Kamis, 02 Oktober 2014
Sumatera Barat
Polres Pasaman Sita 20 Kg Ganja PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Oktober 2014 01:30

BURON KEJARI PARIAMAN DIBEKUK

Dua tersangka pengedar ganja lintas provinsi diringkus oleh jajaran Polres Pasaman. Barang bukti 20 kg disita. Sementara buron Kejaksaan Negeri Kota Pariaman ditangkap dalam kasus pencurian motor.

PASAMAN, HALUAN — Di ujung masa jabatan, Kapolres Pasaman Joko Purnomo bersama jajarannya berhasil meringkus pengedar ganja lintas provinsi. Tangkapan 20 kg ganja kering tersebut, merupakan yang terbesar tahun ini.

 
Dua Anak Dharmasraya Menderita Gizi Buruk PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Oktober 2014 01:25

DHARMASRAYA, HALUAN — Dua anak warga Dharmasraya  menderita gizi buruk  (marasmus),  kini  dirawat  di RSUD Sungai Dareh. Keduanya menderita gizi buruk akibat rendahnya pengeta­huan tentang kesehatan dan yang satu menderita TBC.

Kedua anak tersebut, Alisia (17 bulan) putri pertama anak dari pasangan Mirno (25) dan Suryanti (20) warga asal Bonjol Kecamatan Koto Besar, divonis positif menderita penyakit gizi buruk oleh pihak RSUD Sungai Dareh, karena menderita TBC.

 
Anggota DPR Diminta Perjuangkan Jalan Kambura PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Oktober 2014 01:25

PAINAN, HALUAN — Warga Pesisir Selatan dan Solok Selatan berharap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Sumbar yang baru disumpah menyuarakan kembali pembangunan jalan tembus Kambang - Muara Labuh (Kambura) di Senayan dan ke pemerintah. Setelah lama tak disebut - sebut soal jalan ini, kini warga di dua kabupaten berharap “lekat tangan” wakil rakyat asal Sumbar yang diambil sumpah Kamis (1/10) di Jakarta.

Damyursal tokoh masyarakat Pesisir Selatan di Painan menye­butkan, warga Pesisir Selatan dan Solok Selatan meng­gan­tungkan harapan pada Anggota DPR RI asal Sumbar. “Ya, hanya beliau yang duduk di Senayan yang bisa memper­juangkan aspirasi masyarakat di pusat,” katanya.

 
Potensi Ikan Laut Capai 100 Ton Per Tahun PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Oktober 2014 01:16

DI PESISIR SELATAN

PAINAN, HALUAN — Pesisir Selatan memiliki potensi lestari perikanan laut mencapai 100 ribu ton pertahun. Namun potensi itu tidak sebanding dengan kemampuan tangkap nelayan setempat dan kalah bersaing dengan peralatan nelayan luar daerah. Potensi besar dan lemahnya kemampuan tangkap menye­babkan nelayan setempat sulit hidup sejahtera.

Bupati Pessel Kamis (1/10) mengakui, Pessel baru bisa menggarap seperempat  dari potensi lestari perikanan laut tersebut. Ada sejumlah persoalan mendasar yang dihadapi Pesisir Selatan selama ini sehingga produksi perikanan tangkap hanya rata rata 25  ribu ton setahun.

 
Batas Ulayat Jangan Lagi Diperdebatkan PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Oktober 2014 01:15

Solok, Haluan — Persoalan tapal batas daerah yang bertetangga,  seringkali menjadi pemicu timbulnya konflik horizontal ditengah ma­syarakat. Hal ini berbarengan dengan peningkatan status tanah yang ada,  karena ketika tanah yang ada tidak memiliki nilai ekonomis malah cenderung diabaikan. Namun ketika sudah bernilai ekonomis malah banyak yang dipersengketakan.

Menentukan batas suatu daerah yang  berpatokan kepada batas ulayat,  sangat sulit ditentukan.  Karena dalam suatu daerah juga ada ulayat dari kaum yang tinggal di daerah tetangga, yang bisa ditentukan hanya batas administrasi pemerintahan. “Jadi tidak perlu dipertengkarkan, yang penting bangun silaturahim dan kebersamaan,” ujarnya Bupati Solok Drs. Syamsu Rahim  ketika meletakkan batu pertama pem­bangunan Musala Attaubah, Rabu (1/10) di lokasi perumahan Green Hills Arya Jorong Pakan Jumat, Nagari Tanjung Bingkung.

 
Warga Palolok Keluhkan Pengerjaan Proyek Drainase Jalan PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Oktober 2014 01:15

BUKITTINGGI, HALUAN — Warga Palolok Kelurahan Cimpago Ipuh, Kecamatan Man­diangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi mengeluhkan pengerjaan proyek drainase di Jalan H. Miskin. Pasalnya pengerjaan proyek yang telah berlangsung selama tiga minggu itu, terhenti tiga hari belakangan.

Akibatnya pedagang yang mempunyai kedai disepanjang Jalan H Miskin tidak bisa berjualan dan yang lebih parah lagi akses jalan warga menuju rumah sangat terganggu karena pemborong tidak membuat jembatan atau jalan peng­hubung alternatif di atas galian proyek tersebut.

 
Juru Pengairan Juara Nasional PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Oktober 2014 01:14

SELANGKAH LAGI

PAYAKUMBUH, HALUAN — Staf Bidang Pengairan Dinas PU Kota Payakumbuh, Kalimus, ST, masuk nominasi tiga besar nasional dalam Lomba Juru Pengairan Tingkat Nasional 2014. Saat penilaian kemampuan ekspose atau presentasi di depan tim penilai, di Padang, Agustus lalu, Kalimus berada di urutan kedua. Namun, untuk naik satu anak tangga lagi, penilaian lapangan akan sangat menentukan.

Tim penilai pusat Lomba Juru Pengairan Tingkat Nasional itu, datang ke Paya­kumbuh, Rabu (1/10). Tim berjumlah lima orang dipimpin Syamsuddin Mansur dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU. Saat penilaian lapangan, tim didampingi Kepala Dinas PSDA Sumbar Ali Musri dan Plt. Kadis PU Payakumbuh Mus­lim serta sejumlah pejabat Dinas PU lainnya. Objek kunjungan lapangan tim, daerah irigasi Sungai Dareh, daerah irigasi Bulakan, daerah irigasi Batang Sikali dan daerah irigasi Banda Darek.

 
Bawa Senpi, Warga Banuaran Diamankan Polisi PDF Cetak Surel
Rabu, 01 Oktober 2014 03:07

PAINAN, HALUAN — Polres Pesisir Selatan amankan satu pucuk senjata api jenis bruno kaliber 7,62 x 51 mm saat Operasi Cipta Kondisi dari “A” seorang pengendara Pick Up Colt 120. Senjata tersebut diduga tidak dilengkapi surat –surat kepemilikan dan diamankan ketika “A”melintas di Termi­nal Sago dari arah Padang.

Menurut keterangan warga Banuaran Padang ini kepada polisi, senjata api rakitan tersebut disewanya dari salah seorang temannya di Padang untuk berburu. Namun ia tak mampu menunjukan surat –surat oleh anggota Polres Pesisir Selatan yang tengah meng­gelar Operasi Cipta Kondisi. Dari operasi tersebut petugas mengamankan 21 butir amunisi.

 
5.014 Peserta Lulus Pemberkasan PDF Cetak Surel
Rabu, 01 Oktober 2014 02:53

REKRUITMEN CPNS 2014

PAYAKUMBUH, HALUAN — Setelah dilakukan verifikasi dokumen, Badan Kepegawai Daerah (BKD) Kota Paya­kum­buh, menetapkan,  hanya 5.014 peserta yang berhak mengikuti ujian CPNS Payakumbuh 2014.  Semen­tara, yang mengirim berkas ke BKD tercatat 5.379 dari 5.797 peserta yang mendaf­tar ke Situs Panselnas CPNS 2014. Itu berarti 365  peserta yang memasukaan berkasnya,  tidak memenuhi persya­ratan.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, MM didampingi Kepala BKD Hj. Ruslayetti, M.Pd, di Balaikota Payakumbuh, Selasa kemarin menginformasikan, sejak Senin (29/9) hingga Jum’at (26/9), peserta yang lulus pemberkasan, akan menerima nomor ujian yang bersangkutan. Pengirimannya dilakukan lewat PT Pos Payakumbuh.

 
Jalan Utama Kecamatan V Koto Belum Tersentuh PDF Cetak Surel
Rabu, 01 Oktober 2014 02:53

PASCA GEMPA 2009

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Ruas jalan utama di Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman yang rusak pasca gempa 30 september 2009 terancam putus. Beberapa titik kerusakan jalan yang ambruk sejak pasca gempa hingga kini belum juga diperbaiki.

Menurut pantauan Haluan pada ruas jalan tersebut, mulai dari Nagari Limau Purut, Kudu Ganting  hingga Nagari Gunung Padang Alai yang berbatasan dengan Kabupaten Agam, terdapat beberapa titik pinggir dan badan jalan yang ambruk kedasar jurang yang ada disamping kiri kanan jalan, namun kerusakan tersebut tidak sampai menganggu arus lintas di daerah tersebut.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL