Kamis, 18 September 2014
Sumatera Barat
Beasiswa Dipotong, Warga Tutup Sekolah PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:29

PAINAN,HALUAN — Sekolah Dasar (SD) Negeri 17 Pasar Suran­tih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ditutup sekelompok warga, Rabu(17/9). Akibatnya, proses Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) terhenti. Warga menuding pihak sekolah tidak transparan terhadap wali murid tentang adanya dugaan pemotongan dana beasiswa.

Ketua Pemuda Pasar Surantih Hendrizal (48) mengatakan, aksi warga  menutup sekolah sudah hasil kesepakatan antara warga dengan majelis guru. Namun Kepala SDN 17 Mulfasni tidak berada di sekolah karena dalam kondisi sakit.

 
4 Tahun Berdiri, RPH Modern Masih ‘Nganggur’ PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:28

PAYAKUMBUH, HALUAN — Meski telah empat tahun selesai dibangun, namun Rumah Potong Hewan (RPH) Modern Kota Paya­kum­buh, hingga kini belum juga di­operasionalkan. Padahal biaya pem­bangunannya mencapai Rp23 miliar.

Rumah potong hewan yang dibangun  di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh itu, semestinya sudah dioperasionalkan sejak tahun 2010. Pembangunan RPH bertaraf inter­nasional dengan kemampuan potong mencapai 100 ekor sapi perhari di Kota Payakumbuh ditujukan untuk bisa melayani kebutuhan daging sapi Kota Paya­kumbuh dan Sumatera Barat pada umumnya.

 
Rajo Pagaruyung Prihatin dengan 15 Kasus Bunuh Diri PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:25

TANAH DATAR, HALUAN — Rajo Alam Pagaruyung, SM Taufik Thaib sangat prihatin dengan fenomena banyaknya kasus bunuh diri di Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2014. Hingga Bulan September saja sudah 15 orang yang tewas karena kasus bunuh diri.

Fenomena negatif ini butuh perhatian seluruh pihak, seperti ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai dan pemerin­tah serta mesti dilakukan pembinaan dari dini. “Kita mesti tahu apa yang menjadi akar persoalannya. Jika sebab persoalan agama, tentu karena kurang­nya keimanan. Bisa juga persoalan ekonomi yang menyebabkan putus asa. Atau juga masalah psikologi. Kita juga lihat kepedulian sosial masyarakat mulai menipis. Ini perlu kita lakukan kajian kembali,” sebut SM Taufik Thaib kepada Haluan via handphone, Rabu (17/9).

 
55 Ekor Ternak Hilang, Warga Tak Pernah Lapor PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:21

SOLSEL, HALUAN — Se­banyak 55 ekor ternak hilang di wilayah hukum (wilkum) Polsek Sangir Jujuan (SJJ) yang meliputi Kecamatan SJJ dan Sangir Balai Janggo (SBJ) dalam setahun terakhir. Sayangnya, korban tak segera mela­porkan hal itu

Kapolsek SJJ, Iptu Mus­lim melalui Kanit Reskrim, Brigadir Deni Nasution mengatakan, kalau warga tak melapor kehilangan ternaknya, maka polisi tak bisa memproses pencurian itu. Menurut Deni, terakhir empat sapi dilaporkan hilang oleh Sukur (37). Sayang laporan itu baru diterima polisi, sehari setelah kejadian. Peristiwa ini disebut Sukur terjadi Senin (25/8) dan baru dilaporkan Selasa (26/8)

 
Bupati Berharap Kerjasama Ditingkatkan PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:12

PELANTIKAN KETUA DPRD

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo Dt.Sori Marajo berharap, DPRD sesegeranya menyiapkan alat kelengkapan dewan. Selain itu, kerjasama yang sudah dibina eksekutif dan legislatif sebelumnya agar dapat ditingkatkan, hingga tujuan mensejahtrerakan masyarakat bisa diwujutkan.

Demikian dikatakan Bupati Alis Marajo, dalam sambutan pengambilan sumpah pimpinan/ketua dan 2 wakil ketua DPRD Limapuluh Kota periode 2014 – 2019 dalam Sidang Paripurna Istimewa, Rabu (17/9) di ruang Sidang DPRD setempat, Bukit Pauh, Kota Sarilamak. DPRD sebagai wakil rakyat, sesuai fungsinya bekerjasama dengan eksekutif, sehingga 6 perioritas pembangunan bisa terwujud dan dirasakan masyarakat.

 
Padang Panjang ‘Perang’ Lawan ISIS PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:12

SELURUH LINI DIKEPUNG

PADANG PANJANG, HALUAN — Pemerintah Kota Padang Panjang bersama-sama dengan seluruh stake holder dan segenap lapisan masyarakat di kota berjuluk Serambi Mekkah itu, sepakat menyatakan “perang” terhadap masuk dan berkembangnya aliran Islam radikal seperti Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) di Kota Padang Panjang. Kesepakatan itu, ditandai dengan pembubuhan tandatangan selebaran penolakan ISIS.

Selain Wakil Walikota Padang Panjang, dr Mawardi, selebaran yang berisikan pernyataan penolakan terhadap ISIS tersebut, juga ikut ditandatangani Kepala Keme­nag Padang Panjang Japeri, Ketua MUI Alizar Chan, Waka Polres Kompol B Simamora, DPRD, niniak mamak, tokoh masya­rakat, serta segenap unsur Muspida Kota Padang Panjang.

 
Dua Kepala Daerah Dukung STAIN Bukittinggi Jadi IAIN PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:10

BUKITTINGGI, HALUAN — Dua kepala daerah yakni Walikota Bukittinggi dan Bupati Agam mendukung alih status STAIN Bukittinggi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Walikota Bukittinggi Ismet Amziz menyambut gembira dan memberikan dukungan penuh atas perjuangan pihak STAIN Bukittinggi untuk alih status menjadi IAIN. Pasalnya, sudah sewajarnya STAIN ini beralih satus menjadi IAIN mengingat keberadaan STAIN sebagai perguruan tinggi sudah cukup lama dan sudah dikenal luas di berbagai daerah.

 
Pembangunan PLTMH Lanai Hilir Tetap Lanjut PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:10

TERINDIKASI KORUPSI

PASAMAN, HALUAN — Meski ditemukan adanya indikasi korupsi pada proyek pengerjaan Pusat Listrik Tenaga Mikro Hidro Lanai Hilir Kecamatan Duo Koto, namun proses pembangunan tetap dilanjutkan pihak pemerintah. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat melalui Kabid Teknologi Tepat Guna (TTG) Asril mengatakan, pembangu­nannya tetap dilanjutkan.

PLTMH itu dibangun melalui dana PNPM-LMP 2011 dan 2012 senilai Rp772, 234 juta. Karena diduga pengerjaan tidak sesuai spesifikasi pekerjaan sehingga PLTMH tersebut tidak bisa dimanfaatkan.   “PLTMH itu dalam proses finishing pengerjaan, tinggal perbaikan pipa dan pemba­ngunan kembali te­bing yang runtuh,” jelas Asril, Rabu (17/9).

 
Kabut Asap Selimuti Sumbar PDF Cetak Surel
Rabu, 17 September 2014 01:59

BUKITTINGGI, HALUAN — Kabut asap menyelimuti berbagai daerah di Sumbar Selasa (16/9). Di Kota Bukittinggi jarak pandang sekitar satu kilometer. Namun Global Atmospheric Watch (GAW) atau Stasiun Pemantau Atmosfir Global di Bukik Koto Tabang melansir, kualitas udara di Bukit­tinggi dan Sumbar pada umumnya masih berkategori sedang.

GAW merilis, dari hasil pengu­kuran kualitas udara di Bukik Koto Tabang pada Selasa 16 September 2014 pukul 12.24 WIB, konsentrasi harian aerosol PM10 (partikel debu) tercatat 50 mikrogram permeter kubik, sedangkan CO (karbon monoksida) tercatat 429 ppb.

 
15 Warga Tanah Datar Bunuh Diri PDF Cetak Surel
Rabu, 17 September 2014 01:56

SELAMA TAHUN 2014

Selama tahun 2014, sudah 15 warga Tanah Datar bunuh diri. Kasus bunuh diri yang sangat marak ini mestinya menjadi perhatian berbagai pihak agar tidak berulang.

TANAH DATAR, HALUAN — Kasus bunuh diri di Tanah Datar  sudah pada tingkat yang sangat merisaukan. Selama tahun 2014 sejak Januari hingga 16 Septem­ber kemarin, sudah 15 orang warga Tanah Datar yang meng­akhiri hidupnya secara tak wajar.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL