Jumat, 28 November 2014
Sumatera Barat
Sebagian Wilayah Kota Payakumbuh Dilanda Banjir PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:18

PAYAKUMBUH, HALUAN — Sebagian wilayah Kota Paya­kumbuh, Selasa subuh (25/11) tergenang banjir, termasuk jalan, rumah dan sawah pen­duduk. Hal itu terjadi akibat turunnya hujan lebat sejak Senin malam hingga pagi.

Ratusan hektare sawah, tanaman perkebunan, kandang ayam dan kolam ikan masyarakat, puluhan rumah juga terkena genangan banjir yang tersebar di beberapa kecamatan. Sehingga aktivitas masyarakat sepanjang hari kemarin menurun. Sejumlah warga kota turun ke genangan air mencari ikan yang hanyut dark kolam yang tergenang banjir, sebagian lagi melakukan kegiatan memancing.

 
Pelaku Jaring Trawl Akan Ditindak PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:16

PAINAN, HALUAN — Bupati Pessel Nasrul Abit perintahkan Dinas Ke­lautan dan Perikanan dan aparat terkait untuk me­nindak pelaku yang meng­operasikan pukat harimau (jaring trawl) di kawasan perairan kabupaten ter­sebut. Hal itu dilakukan untuk menjaga potensi kelestarian ikan di daerah itu.

Nasrul Abit Senin (24/11) menyebutkan, pihaknya akan menindak tegas peng­gun­ba jaring trawl yang beroperasi didaerah itu. “Kami mengharapkan para nelayan atau siapapun yang mengetahui kegiatan penang­kapan ikan dengan jaring trawl untuk segera mela­porkannya,” katanya.

 
Suami Masuk Tahanan, Istri Berbuat Mesum PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 03:12

SOLSEL, HALUAN — Hujan rintik-rintik yang turun di Jorong Sungai Padi Selatan, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir, dimanfaatkan oleh SY, warga Sitapuih Kecamatan Sangir Batang Hari dan DW, warga Lubuk Gadang Kecamatan Sangir, untuk mencari kehagatan alias berbuat mesum.

Pemuda setempat menangkap mereka saat sedang beraksi di dalam mobil Avanza putih, sehingga membuat mobil tersebut bergoyang. Aksi tersebut dilakukan di sebuah tempat yang gelap di Jalan Kuari AMP Haji Edison, Jorong Sungai Padi Selatan, pada pukul 23.00 WIB, Senin (24/11).

 
Penambang Emas Ilegal Tewas Terseret Arus Sungai PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 03:10

DHARMASRAYA, HA­LUAN— Empat hari hilang akibat terseret arus sungai, Mul­yana (38) ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Pemuda asal  Kabupaten Taksikmalaya,  Jawa Barat ini hanyut pada Jumat (21/11), sekitar pukul 10.00 WIB, di  Jorong Durian Simpai, Kenagarian Koto Nan IV Dibawuah, Keca­matan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya.

Kepala BPBD Dhar­masraya,  Suwandi HS menyebutkan, korban  yang beralamat di Desa Mana­dalaguna Kecamatan Salpoa Kabupaten Taksimalaya Jawa Barat adalah perkerja  tambang emas ilegal di sungai tempatnya hanyut.

 
Sumbar Target Peredaran Narkoba PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 03:09

POLRES PAYAKUMBUH RINGKUS LIMA TERSANGKA

Lima tersangka terlibat kasus ganja dan sabu ditangkap jajaran Polres Payakumbuh. Dari beberapa kasus narkoba yang berhasil diungkap, ternyata Sumbar dijadikan target peredaran narkoba oleh jaringan nasional dan internasional.

PADANG, HALUAN — Provinsi Sumatera Barat menjadi target pasar jari­ngan pengedar narkoba nasional. Data Direktorat Resnarkoba Polda Sumbar, sejak Januari hingga Sep­tem­ber 2014 sudah 69 tersangka narkoba ditang­kap. Dari semua kasus itu, berhasil diamankan seba­nyak 58,18 kg ganja, 44,9 gram sabu dan 21 butir pil ekstasi.

 
Maligi Terendam Banjir PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 03:09

PASBAR, HALUAN — Tingginya curah hujan di Kabupaten Pasaman Barat akhir-akhir ini berakibat banjir di Maligi, Kecamatam Sasak Ranah Pasisia. Banjir mulai menerpa sejak sepe­kan terakhir, tapi inten­sitasnya bertambah tinggi sejak Minggu lalu.

Kepala Jorong Maligi, Alfajri kepada Haluan, Senin (24/11) mengatakan, banjir yang terjadi persisnya di kawasan Pantai Indah, Maligi. Akibat banjir meren­dam sekitar  15 rumah warga, dengan ketinggian air sekitar setengah meter.

 
Perantau Minang di Malaysia Tawarkan Kerjasama Pendidikan PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 03:05

PADANGPANJANG, HA­LUAN — Persatuan Peran­tau Minang  Malaysia  dalam rangkaian “pulang basamo “ ke kampung halaman sebelum melan­jutkan perjalanan dan bertemu walikota  Bukit­tinggi dan  Bupati Tanah­datar, dijamu  makan bajamba di Rumah Dinas Walikota Padangpanjang, Sabtu (22/11) kemarin siang.

Pimpinan rombongan persatuan Masyarakat Mi­nang di Malaysia yang tergabung dalam Koperasi Minang Kuala Lumpur Berhad, Bukhori Ibrahim mengungkapkan kunjungan ke Padangpanjang selain sebagai wujud keabadian silaturahim sesama dun­sanak, juga menjajaki kemungkinan terbangunnya kerja sama dengan perantau dalam membangun kam­pung halaman.

 
Solsel Masih Berstatus Daerah Tertinggal PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 02:34

SOLSEL, HALUAN —Kabupaten Solok Selatan (Solsel), hingga saat ini masih berstatus daerah tertinggal. Bidang kesehatan, meru­pakan salah satu bidang yang berkon­tribusi disematkannya status itu kepada kabupaten berumur 11 tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Novirman menga­takan, status daerah terting­gal itu diketahuinya pada Jambore Pedesaan Sehat di Makassar yang berlangsung pada 18 hingga 21 November beberapa hari yang lalu.

 
Payakumbuh Demam Batu Akiak PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 02:31

PERAJIN BERKEMBANG

PAYAKUMBUH, HALUAN— Demam batu akiak melanda warga kota Payakumbuh dan sekitarnya sejak  beberapa bulan belakangan ini.  Dampaknya, bisnis  batu akiak juga semakin berkembang pula.

Hampir setiap sudut kota terdapat perajin yang kebanjiran konsumen dari berbagai kalangan. Namun ‘demam’ ini hanyalah hobi, jangan pula batu akiak diimani punya kesaktian. Peminat batu akiak berbagai jenis ini tidak saja dimiliki kaum lelaki, bahkan juga kaum perempuan kini banyak pindah hobi daqri busanay ke batu akiak. Salah seorang peminat batu akiak, Kota Payakumbuh, Syafriyon kepada wartawan di Payakumbuh, Minggu (23/11) mengatakan, perhiasan berupa batu akiak sebetulnya sudah lama di Payakumbuh, namun dalam beberapa bulan ini telah menjamur dimana-mana.

 
25.858 Masyarakat Agam Terima PSKS PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 02:31

AGAM, HALUAN—Sebanyak 25.858 orang masyarakat Kabupaten Agam menerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Bantuan tersebut disalurkan melalui kantor pos pada setiap kecamatan di Agam secara bertahap.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Agam, M Khudri, Senin (24/11) di Lubuk Basung mengatakan, penerima program PSKS di Kabupaten Agam cukup banyak, atau sekitar 25 ribu orang. Penerima bantuan tersebut adalah masyarakat miskin sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL