Senin, 31 Agustus 2015
Sumatera Barat
Cegah Cari Pembenaran di Pengadilan PDF Cetak Surel
Sabtu, 29 Agustus 2015 03:25

UPAYA PERDAMAIAN ADAT

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Lim­bago adat tetap ber­peran aktif dalam pelaksanaan program pembangunan di daerah ini. Selain itu niniak mamak juga diharapkan senantiasa mencegah mencari pembenaran di pengadilan, sebaliknya mencarikan jalan keluar terbaik dan upaya perdamaian adat.

“Bila terjadi silang sengketa tentang jabatan adat, niniak mamak diharapkan bisa menyelesaikannya dengan mu­syawarah,”ungkap Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo, pada acara sosialisasi dan pemantapan Peraturan Daerah (Per­da) Kabupaten Limapuluh Kota No­mor 2 Tahun 2013 tentang Peme­rintahan Nagari, di Sarilamak, kemarin.

 
PN Solok Tetapkan Hakim Kasus Wako Solok dan Wakilnya PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:28

SOLOK, HALUAN — Pe­nga­dilan Negeri (PN) Solok te­lah menetapkan majelis ha­kim yang akan menangani per­kara perdata tentang gu­ga­tan Walikota Solok, Irzal Il­yas terhadap Wakil Wali­ko­ta Solok, Zul Elfian SH MSi.

Kepala Pengadilan Negri Solok, Heriyenti SH MH di Solok, Kamis (27/8), me­ngatakan, perkara perdata mengenai cidera janji atau wanprestasi itu, akan dita­ngani majelis hakim yang diketuai oleh Dadi Suryandi SH MH dengan hakim ang­gota Lola Oktavia SH dan Melia Nur Pratiwi SH.

 
280 Fotografer Akan Abadikan SISCa 2015 PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:28

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sedikitnya 280 fotografer lokal dan nasional akan mengabadikan iven akbar Sawahlunto International Songket Carnival (SISCa) 2015, yang digelar Jumat (28/8), dengan melibat 17 ribu pemakai tenun songket Silungkang Sawahlunto.

Iven yang diprediksi akan memecahkan rekor MURI tersebut, mengawali titik start di Museum Kereta Api dan finish di Museum Gudang Ransum. Rute yang akan dilalui berjarak sekitar 2 kilometer, dengan berjalan kaki.

 
KPU Pasaman Batasi Dana Kampanye Rp5,6 Miliar PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:09

PASAMAN, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman membatasi dana kampanye sebesar Rp5,6 miliar bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang.

Ketua KPU Pasaman Jajang Fadli menyebutkan, penetapan batas maksimal dana kampanye sebesar Rp5.681.950.000 tersebut didapat setelah melakukan koordinasi dengan pengurus partai politik serta tim kampanye masing-masing pasangan calon.

 
Pasangan Independen yang Dicalonkan Rakyat PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:08

DEKLARASI PASANGAN RIZKI MERIAH

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Deklarasi pasangan calon bupati dan wabup, H Rifa Yendi – Zulhikmi Dt Rajo Suaro mengumandang di Jorong Puanok, Nagari Pangkalan, di rumah kediaman H Rifa Yendi, Rabu (26/8).

Pasangan ini berhasil maju ke Pilkada menjadi calon tetap melalui jalur independen karena dica­lonkan dan didukung oleh rakyat . Deklarasi nomor urut 3 yang diraih pasangan itu ditandai ketika salah seorang pemuda maju ke depan, dlantang ia mem­bacakan “Deklarasi” bahwa masyarakat Limapuluh Kota siap memenangkan pa­sangan calon perseorangan (non partai) itu. “Mewakili ke­inginan masyarakat Li­ma­puluh Kota, kami bertekad akan memenangkan dan me­milih H Rifa Yendi – Zul­hikmi Dt Rajo Suaro menjadi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota. Rizki Man­tap. Rizki Me­nang!” ujar panitia deklarasi diwakili Zulfahmi Sutan Sati.

 
Bawaslu: Tindakan Panwaslu Solsel Sudah Tepat PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:08

PADANG, HALUAN — Pa­sangan bakal calon (Paslon) Boy Iswarmen-Fachril Mu­rad yang gagal menjadi calon bupati Solok Selatan, men­datangi Bawaslu Sumbar, terkait kejelasan putusan yang disampaikan Panwaslu Sol­sel, Rabu (27/8). Ko­misioner Bawaslu Sumbar Aermadepa mengatakan, proses yang dilakukan Pan­waslu sudah tepat dan Pan­waslu diminta memberikan berkas kajian kepada pa­sangan ini.

Dari informasi yang di­peroleh, Aermadepa me­ngatakan pihak Panwaslu sudah mengeluarkan surat keputusan terkait laporan Fachril Murad, yaitu berupa pelanggaran administrasi. La­poran tersebut sudah di­teruskan ke KPU. Sa­yang­nya, pihak Panwaslu tidak memberikan hasil kajian pada paslon sehingga terjadi kebingungan oleh paslon.

 
Pj Walikota Tekankan Pentingnya Program KB PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:07

PERINGATAN HARGANAS

BUKITTINGGI, HALUAN — Penjabat (Pj) Walikota Bukittinggi Abdul Gafar, memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh kader Keluarga Berencana (KB) Kota Bukittinggi yang telah berperan membantu menyukseskan program pemerintah.

“Kader KB merupakan pahlawan pembangunan da­lam bidang kependudukan. Keberhasilan pembangunan di bidang kependudukan, KB dan pengembangan keluarga tidak akan mampu dicapai tanpa dukungan dari seluruh kader dan stakeholder ter­kait,” ujar Abdul Gafar ketika menghadiri peringatan hari keluarga Nasional (Harganas) ke XXII tahun 2015 tingkat Kota Bukittinggi, di Au­ditorium Perpustakaan Pro­klamator Bung Hatta (PP­BH), Kamis (27/8).

 
Kabut Asap Mulai Selimuti Sijunjung PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:07

SIJUNJUNG, HALUAN — Kabut asap mulai menyelimuti Kabupaten Sijunjung. Kondisi cuaca terlihat gelap dan berkabut, berdampak terhadap pengemudi kendaraan, yang mengurangi jarak pandang sekitar 1 kilometer dari kejauhan.

Pantuan Haluan, Ka­mis (27/8), kondisi asap kabut berasal dari kiriman hasil pembakaran hutan gambut di daerah Riau, mulai me­nye­bar hampir ke seluruh wilayah Kabupaten Sijun­jung. Sebagian kawa­san ke­ca­matan mulai ter­tutup ka­but tebal. Akibat kabut asap tersebut meng­ganggu akti­vitas masya­rakat yang bepergian.

 
Kerajaan Pagaruyung Mendapatkan Klarifikasi Penolakan Muchdan PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:06

TANAH DATAR, HALUAN — Kerajaan Pagaruyung mendapatkan klarifikasi dari Yang Dipertuan Rajo Adat Minangkabau di Buo sebagai pewaris Rajo Adat tentang surat pernyataan sekelompok orang yang mengatasnamakan Diper­tuan Raja Adat Minang­kabau di Buo.

Surat yang disampaikan oleh pewaris Rajo Adat kepada Daulat Yang Diper­tuan Sultan Taufik Thaib tersebut ditandatangani oleh ­tiga orang pewaris dian­taranya ML. Sultan Rajo Khatib, Joni Ilson Sultan Ibadat dan El Firdaus Sultan Rajo Ameh.

 
Calon Kepala Daerah Datangi Panwaslu PDF Cetak Surel
Kamis, 27 Agustus 2015 03:20

GAGAL NYALON

TANAH DATAR, HALUAN — Ketua Tim Pemenangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tanah Datar menye­rahkan berkas kekurangan­nya kepada Panitia Penga­was Pemilu (Panwaslu) Ta­nah Datar di Kampuang Teleng, Batusangkar, Rabu (26/8). Ketua Tim, Syafril juga langsung didamping kandidat Nelson Darwis - Muzwar beserta tim peme­nangannya ke Kantor Pan­waslu tersebut.

Calon bupati Nelson Dar­­wis, mengenai sangga­hannya terhadap Panwaslu itu, kepada Haluan menyebutkan, dirinya sendiri mengajukan permohonan kepada Panwaslu untuk diproses salah satu berkas yang kurang tersebut dan mengharapkan Pan­waslu segera memediasi dengan KPU Tanah Datar.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL