Sabtu, 01 November 2014
Sigab
Belum Pengaruhi Pariwisata PDF Cetak Surel
Selasa, 30 September 2014 02:38

SERBUAN KABUT  ASAP

PADANG, HALUAN — Kabut asap yang me­nyelimuti Kota Padang, Sumatera Barat, sejak  tidak mempengaruhi kunjungan wisata ke daerah itu. Kunjungan  wisatawan masih me­ningkat.

“Sampai sekarang belum ada pengaruhnya, dari tahun ke tahun tingkat kunjungan pariwisata ke Padang justru terus mengalami peningkatan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Dian Fikri di Padang,  kemarin.

 
Warga Lega, Kabut Asap Menipis PDF Cetak Surel
Selasa, 30 September 2014 02:38

BATUSANGKAR, HALUAN — Warga kabupaten Tanah Datar, terutama anak-anak sekolah merasa lega, karena kabut asap yang melanda wilayah Luhak nan Tuo sejak seminggu belakangan ini sudah mulai menipis.

“Udara sudah mulai jernih, tak ada rasa was-was lagi untuk keluar rumah, takut terkena penyakit saluran pernapasan”, tutur sejumlah anak sekolah saat dijumpai Haluan di pusat pasar Batusangkar.

 
KSB Ujung Tombak Kebencanaan PDF Cetak Surel
Senin, 29 September 2014 02:18

PADANG, HALUAN — Sebagai wilayah rawan bencana, Sumatera Barat diharapkan memiliki kesiapsiagaan menghadapi ancaman ben­cana. Karena bencana alam seperti gem­pa bumi, dan tsunami tidak dapat diprediksi. Dengan kesiagaan tersebut, masyarakat pun mampu menurunkan tingkat risiko bencana, serta kerugian yang lebih besar.

Upaya yang dapat dila­kukan diantaranya adalah mengembangkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di sejumlah kabupaten dan kota. Keberadaan KSB merupakan ujung tombak yang berada dekat dengan masyarakat, membantu langsung saat kejadian, dan memberi laporan kronologis kepada Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop PB).

 
Udara Palembang Sudah Berbahaya PDF Cetak Surel
Senin, 29 September 2014 02:18

JAKARTA, HALUAN — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat Kota Palem­bang, Sumatera Selatan, tidak ber­aktivitas di luar ruangan karena kondisi udara berbahaya. Berdasarkan Indeks Standar Pengukur Udara (ISPU), kualitas udara di wilayah itu sudah mengarah ke angka 422 lebih. “ISPU di atas 300 dinyatakan berbahaya untuk manusia. Seharus­nya, semua aktivitas di luar dilarang,” kata juru bicara BNPB Agus Wibowo melalui pesan sing­katnya, kemarin.

Agus menjelaskan, kualitas udara memburuk akibat kabut asap tebal yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan. Perubahan udara terus terjadi dari sedang, tidak sehat, sangat tidak sehat, dan berbahaya.

 
Palembang Darurat Kabut Asap PDF Cetak Surel
Sabtu, 27 September 2014 02:30

BANDARA TERPAKSA DITUTUP

PALEMBANG, HALUAN — Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II  terpaksa  ditutup karena kabut asap yang menyebabkan pener­bangan dari Palembang terpaksa ditunda. Penumpang membatalkan keberangkatan.

“Saya terpaksa pulang kembali karena tidak jelas kapan bisa berangkat akibat kabut asap,” kata salah seorang penumpang tujuan Jakarta, Hardayani, di Palembang, Jumat.

 
Kalteng Membara, Titik Api Mencapai 1.041 PDF Cetak Surel
Sabtu, 27 September 2014 02:29

JAKARTA, HALUAN — Titik api (hotspot) kebakaran hutan di wilayah Kaliman­tan Tengah (Kalteng) setiap hari terus bertambah. Saat ini jumlahnya sudah men­capai 1.041 hotspot.

“Kalteng membara. Hot­spot di Kalimantan makin meningkat,” kata Kepala Pusat data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nu­groho, melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis malam.

 
Warga Padang Waspada Banjir PDF Cetak Surel
Jumat, 26 September 2014 02:04

PADANG,  HALUAN — Kalangan anggota DPRD Kota Padang mengharapkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang agar mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai bahaya banjir.

Banjir  dapat terjadi sewaktu-waktu , dan dapat mengancam permukiman yang berada di sekitar aliran sungai, yang dilewati.

 
Cegah Bencana, Lestarikan Hutan TNKS PDF Cetak Surel
Jumat, 26 September 2014 02:03

HALUAN, SOLSEL — Pihak TNKS sangat protektif untuk mencegah perusakan hutan, khusunya TNKS, oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun sekarang untuk pihaknya menggunakan cara edukatif atau persuasif kepada masyarakat, sehingga masyarakat sekitar hutan memahami dan mengerti manfaat dan fungsi hutan itu sendiri.

“Selama ini kami menangkap perusakn hutan, tapi buat apa? Pelakunya ditangkap, tapi hutan yang dirusak tak diperbaiki. Oleh karena itu kami ingin menjaga hutan dengan cara edukatif,” kata Kasi Pengelolaan TNKS wilayah IV, Zainudin, di kantornya di Golden Arm, Kecamatan Sangir, Selasa (23/9).

 
Kabut Asap Memicu Bayi Lahir Cacat PDF Cetak Surel
Rabu, 24 September 2014 01:10

JAKARTA, HALUAN — Keba­karan lahan yang menghasilkan kabut asap tak hanya berdam­pak pada kese­hatan alat perna­pasan. Ada dampak lainnya yang tidak banyak disadari, yaitu ibu yang menghirup asap berle­bihan dapat melahirkan bayi cenderung cacat  autis dan down syndrome, bahkan me­ninggal.

Kepala Bidan Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah Palembang, Sumatra Selatan, Novi Katrika, menjelaskan dampak kabut asap terhadap ibu hamil. Ia khawatir ibu hamil kurang mendapat pasokan oksigen untuk bayinya. Kondisi itu dapat meng­akibatkan bayi lahir dengan cacat bawaan.

 
Banjir Akibatkan Suplai Air Bersih Terhenti PDF Cetak Surel
Rabu, 24 September 2014 01:09

AMPING  PARAK  TIMUR

PAINAN, HALUAN — Suplai air PDAM terganggu semenjak banjir melanda Amping Parak Timur Sabtu (20/9) lalu. Empat hari pasca banjir, kawasan yang biasanya mendapat suplai air bersih dari PDAM tersebut tidak bisa melakukan aktifitas cuci dan mandi seperti bi­asanya. Ratusan pelanggan air bersih terpaksa memanfaatkan air hujan atau menumpang ke tetangga yang punya sumur.

Air PDAM di Nagari Am­ping Parak Sutera dan sekitar­nya dipasok dari sumber air di hulu Batang Amping Parak tepatnya Bukit Sangku Teratak Paneh Amping Parak Timur. Kawasan yang dilayani sumber air ini adalah Sikabu, Munto, Koto Tarok, Padang Laweh, Pasar Amping Parak, Padang Tae dan sejumlah kampung sekitarnya.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL