Jumat, 21 November 2014
Sigab
Sebulan, Sinabung 206 Kali Semburkan Awan Panas PDF Cetak Surel
Jumat, 07 November 2014 02:02

MEDAN, HALUAN —Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Suma­tera Utara, belum me­nunjuk­­kan tanda mereda. Sebulan terakhir, Pos Penga­matan Erupsi Gunung Sinabung mencatat 206 kali guguran awan panas dengan panjang 500-4.500 meter.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Purba, Senin (3/11) mengata­kan, penghitungan dilakukan sejak 5 Oktober hingga Senin pukul 18.00 WIB.

 
Banjir Besar Ancam Jakarta PDF Cetak Surel
Sabtu, 01 November 2014 02:52

JAKARTA, HALUAN— Banjir besar kembali mengancam warga Jakarta. Badan Meteo­rologi, Klima­tologi, dan Geosifika (BMKG) memprediksi bahwa hujan deras mengguyur ibu kota mulai awal November ini.

Ironisnya, proyek-proyek pencegah banjir ternyata baru dikerjakan. Berdasar pantauan lapangan, ada beberapa proyek penanganan banjir yang sedang berjalan. Antara lain, penurapan serta pemasangan beton tanggul di Kali Cideng, Kali Citarum, dan saluran penghubung Abdul Muis. Seluruhnya baru berjalan sekitar 50 persen. Diperki­rakan, proyek-proyek tersebut baru rampung akhir Desember.

 
Jembatan Roboh, Dua Korban Tewas PDF Cetak Surel
Sabtu, 01 November 2014 02:52

JAKARTA, HALUAN— Setelah berjuang selama beberapa jam, petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil mengeluarkan Arden (17), dari reruntuhan jembatan penghubung di gedung Badan Perpustakaan dan arsip Taman Ismail Marzuki. Sekira pukul 22.00 WIB,   Jumat  malam jenazah Arden diangkat dari reruntuhan. Tubuhnya yang sudah kaku nyaris bisa dikenali lantaran sekujur tubuhnya terbalut semen yang mengeras.

Kadis Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Subejo, menegaskan Arden merupakan korban terakhir dari musibah tersebut. “Ini korban paling muda. Tidak ada korban lain. Ini yang terakhir,” katanya di lokasi, Jumat (31/10).

 
Pemko Padang Harus Peduli PDF Cetak Surel
Kamis, 30 Oktober 2014 02:15

SD 33 DAN SD 42 LANGGANAN BANJIR

PADANG, HALUAN — Ratusan siswa SD 33 dan SD 42 Jondul Barat Kecamatan Padang Selatan, terpaksa dili­burkan. Kedua sekolah ini sudah lama menjadi “langganan” banjir setiap musim hujan. Pemerintah Kota Pa­dang diharapkan men­ca­rikan solusi, agar pen­didikan tidak terusik lagi.

Hujan lebat, yang meng­guyur Kota Padang sejak Senin (27/10) malam mengakibatkan dua sekolah di Kecamatan Padang Selatan itu mengalami kebanjiran.

 
Kota Bukittinggi Diguncang Gempa PDF Cetak Surel
Kamis, 30 Oktober 2014 02:14

WARGA BERHAMBURAN

BUKITTINGGI, HALUAN — Warga Kota Bukittinggi dan sekitarnya dikejutkan dengan terjadinya gempa bumi yang dirasakan I hingga II Modified Mercalli Intensity (MMI), Rabu (29/8). Gempa yang berlangsung sekitar 10 detik itu cukup membuat bangunan berguncang dan mem­buat jendela kaca bergetar.

Tak hanya dirasakan di Kota Bukittinggi, tapi gempa ini juga dirasakan oleh sebagian warga di Kabupaten Agam, Kota Paya­kumbuh dan Kota Padangpanjang.

 
Erupsi Sinabung Belum Berakhir PDF Cetak Surel
Selasa, 28 Oktober 2014 02:09

JAKARTA,  HALUAN — Pusat Vulka­nologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak bisa me­mastikan kapan berakhirnya erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Pe­nang­gulan Bencana (BNPB), Suto­po Purwo Nug­roho menga­takan aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi.

“Kita tidak tahu sampai kapan erupsi gunung Sinabung akan berakhir. Badan Geologi (PVMBG) pun juga tidak bisa mem­predik­sikan kapan Sinabung akan berhenti hingga kembali normal, Semua parameter kegunungapian masih menunjukkan aktivitas yang tinggi. Artinya erupsi dan luncuran masih berpotensi terjadi,”ungkapnya, Senin (27/10).

 
Lahar Dingin Berbahaya PDF Cetak Surel
Selasa, 28 Oktober 2014 02:08

GUNUNG SLAMET SIAGA

JAKARTA, HALUAN— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengantisipasi kemungkinan terjadinya lahar dingin  musim  hujan dari Gunung Slamet. “Saat musim hujan, dimungkinkan adanya material letusan Gunung Slamet yang terbawa oleh aliran Sungai Pelus dan Sungai Banjaran,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Prasetyo Budi Widodo seperti dikutip Antara, Senin.

Menurut dia, hal itu disebabkan Sungai Pelus dan Sungai Banjaran berhulu di Gunung Slamet.

 
Ratusan Desa Kekeringan PDF Cetak Surel
Senin, 27 Oktober 2014 02:14

WARGA TERANCAM KELAPARAN

JAKARTA, HALUAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nusa Tenggara Barat menyatakan jumlah desa yang terkena dampak kekeringan di wilayah itu terus bertambah menjadi 200 desa.

Sebanyak 200 desa tersebut tersebar di sembilan kabupaten/kota di wilayah NTB. Dimana, rata-rata penduduk desa yang terkena dampak kekeringan tersebut mengalami kesulitan air bersih, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun lahan pertanian. “Jadi setiap hari jumlah desa yang terkena dampak kekeringan terus bertambah seiring belum datangnya musim hujan,” kata Kepala BPBD NTB Wedha Magma Ardhi. Minggu.

 
Puting Beliung Terjang Bogor PDF Cetak Surel
Senin, 27 Oktober 2014 02:14

PULUHAN RUMAH RUSAK

JAKARTA, HALUAN — Puting beliung yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu petang, telah meru­sakkan puluhan rumah penduduk.

Berdasarkan laporan dari petugas Polisi Masyarakat Bogor Raya puting beliung melanda Kecamatan Ciomas dan Sindang Barang. “Laporan yang masuk, puting beliung terjadi di Kecamatqn Ciomas dan Kecamatan Sindang Barang,” kata petugas Polmas Bogor Raya Djaya.

 
Kabut Asap Semakin Parah PDF Cetak Surel
Rabu, 01 Oktober 2014 03:00

PEMERINTAH TAK PAHAM PERSOALAN

PALEMBANG, HALU­AN­— Kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan di puncak musim kemarau tahun ini semakin pekat menye­limuti sejumlah kawa­san di Sumatera Sela­tan.

Mahaiswa Hijau Indonesia (MHI) Sumatera Selatan menyatakan keberadaan kabut asap sudah menganggu akti­vitas serta kesehatan warga.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL