Kamis, 18 September 2014
Sigab
Tagana Disiapkan Hadapi Bencana PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:08

JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 1.256 relawan taruna siaga bencana (tagana) disiapkan untuk menganti­sipasi bencana di berbagai wilayah di Jawa Tengah. Para tagana tersebut tengah disiapkan untuk menjalani program pelatihan beserta pembinaan menghadapi kebencanaan.

“Kami sedang membahas kon­solidasi dan tambahan pelaksanaan tugas tagana yang tersebar di seluruh Jateng. Kami mempersiapkan mereka saat terlatih saat terjadi bencana,” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Budi Wibowo.

 
Longsor Hiroshima Tewaskan 63 Korban PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:16

OSAKA, HAALUAN — Jumlah korban jiwa akibat lumpur longsor yang disebabkan oleh hujan lebat di Prefektur Hiroshima, Jepang Barat, menjadi 63 korban. Sedangkan 25 orang lagi masih belum ditemukan.

Operasi pencarian dan pertolongan memasuki hari ketujuh pada Selasa. Tiga orang dikonfirmasi tewas pada Selasa, sehingga jumlah korban jiwa jadi 63, kata media setempat, yang mengutip polisi Prefektuf Hiroshima.

 
Kota Surabaya Relatif Bebas Banjir PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:14

SURABAYA, HALUAN — Pemkot Surabaya terus berupaya mengajak para siswa-siswi sekolah untuk memiliki kepedulian kepada penye­lamatan lingkungan. Salah satu upaya untuk menyadarkan anak sekolah tentang pentingnya penyelamatan lingkungan melalui pembentukan sekolah berbasis Eco School.

Wali Kota Surabaya, Tri Risma­harini mengatakan, kondisi Surabaya sekarang relatif bebas dari banjir dibanding tahun-tahun sebelumnya, meskipun pembangunan di Surabaya terus digalakkan.

 
California dalam Keadaan Darurat PDF Cetak Surel
Selasa, 26 Agustus 2014 01:33

DIHANTAM GEMPA KUAT

SAN FRANCISCO, HALUAN — Sebuah gempa kuat menghantam California, Amerika Serikat (AS), Minggu malam. Setelah gempa kuat itu, California langsung dinyatakan dalam keadaan darurat.

Menurut laporan cbs news, Senin (25/8), Gurbernur California Jerry Brown langsung mengumumkan keadaan darurat setelah Napa bagian selatan terkena gempa. Pusat gempa memang terletak di enam kilo selatan-barat daya dari Napa, California dan 51 kilometer sebelah barat-barat daya dari ibu kota negara bagian, Sacramento. Kekuatan gempa pun masih simpang siur. Ada pejabat yang mengatakan kekuatan gempa mencapai 6,0 SR, sementara beberapa lainnya menyebutkan gempa mengguncang memiliki kekuatan 6,1 SR.

 
Kembangkan Program Pembiayaan Pascabencana PDF Cetak Surel
Selasa, 26 Agustus 2014 01:31

MERCYCORPS INDONESIA

PADANG, HALUAN — Mer­cy­Corps Indonesia membuat terobosan baru terkait fasilitas pembiayaan pascabencana. Fasilitas tersebut dilaksanakan melalui program Indonesian Liquidity Facility After Disaster (ILFAD) melalui kerjasama Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sebagai sarana penting dan cepat dalam pinjaman darurat bagi masyarakat di wilayah bencana untuk mem­perbaiki usaha.

Program Manager ILFAD Mercy Corps Indonesia Muham­mad Alfi Syahrin menjelaskan, saat ini akan dirumuskan mitigasi berbasis keuangan untuk menjamin para korban yang terdampak bencana alam. Tentunya, pihak LKM akan melakukan rumusan dan regulasi yang dibantu dengan pihak eksternal LKM itu sen­diri.Pihaknya, kata Alfi dalam rilisnya, bekerja sama dengan beberapa Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Sumatera Barat.

 
Gempa Kuat Guncang Chile PDF Cetak Surel
Senin, 25 Agustus 2014 02:41

BERPOTENSI TSUNAMI

JAKARTA, HALUAN — Gempa  besar berkekuatan 6,6 skala rich­ter mengguncang Chile pada Sab­tu, sekitar pukul 18.32 waktu setempat. Menurut laporan badan layanan darurat Chile, Onemi, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa atau luka akibat gem­pa tersebut. Gempa itu berpotensi menimbukan tsunami.

Kantor berita Reuters, melansir belum ada laporan kerusakan bangunan usai gempa mengguncang Chile. Badan US Geological Survey menyebut pusat gempa berada sekitar 108 kilometer barat laut ibukota Santiago dan di kedalaman 35 kilometer. Dari laporan Angkatan Laut Chile, ada kemungkinan tsunami dari gempa itu. Namun, akibat gempa, aliran listrik di ibukota Santiago terputus. Total, sekitar 100 ribu warga di Santiago saat ini bertahan dalam keadaan gelap gulita. “Ada pemadaman listrik di beberapa lokasi, namun berdasarkan laporan awal, tidak ada laporan kerusakan terhadap gedung-gedung atau infrastruktur,” ungkap Kepala Onemi, Miguel Ortiz, dikutip Channel News Asia.

 
Pemkab Pasbar Data Kerugian Korban Longsor PDF Cetak Surel
Senin, 25 Agustus 2014 02:41

PADANG, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, mela­kukan pendataan mengenai kerugian akibat longsor yang menghantam Bukit Kapalo Banda Jorong Benteng Nagari Sinuruik, Kecamatan Tala­mau, Jumat lalu. “Berapa jumlah kerugian warga kita belum pastikan. Saat ini kita masih melakukan pendataan di lapangan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Sabtu.

Ia mengatakan dari data yang dikumpulkan petugas di lapangan sekitar 20 hektare sawah masyarakat tertimbun oleh lumpur dari bukit Kapalo Banda tersebut.

 
Ratusan Rumah Terendam Banjir PDF Cetak Surel
Sabtu, 23 Agustus 2014 02:17

JAKARTA, HALUAN — Ratusan rumah warga di Kota Binjai, Sumatera Utara masih terendam banjir akibat hujan yang turun dengan intensitas cukup tinggi. Hujan deras tersebut mengakibatkan sungai Bangkatan yang ada di daerah itu meluap.

Banjir merendam peru­mahan warga di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota, dan di Kelurahan Rambung Selatan kecamatan Binjai Selatan, Jumat.

 
Galodo Sonuruik Timbun 50 Ha Sawah PDF Cetak Surel
Sabtu, 23 Agustus 2014 02:16

WARGA HARAPKAN BANTUAN

SINURUIK, HALUAN — Pasaman Barat kembali berduka, tengah hari terjadi tanah longsor (Galodo). Kejadian itu terjadi Jumat (22/8) sekitar pukul 11.30 dan pukul 12.30 di Jorong Paroman, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi sekitar 50 hektare sawah warga selesai panen tertimbun oleh tanah longsoro. Sementara sekitar 10 hektare kebun karet warga ikut diseret runtuhan tanah.

 
Kekeringan dan Kebakaran Ancam Tanah Datar PDF Cetak Surel
Jumat, 22 Agustus 2014 02:28

TANAH DATAR, HALUAN — Hujan yang tak kunjung turun selama hampir dua bulan bela­ka­ngan di wilayah kabupaten Tanah Datar, tel­ah berakibat sulitnya masyarakat untuk men­dapatkan air bersih, bahkan ada diantara war­ga yang harus menempuh perjalanan mencapai satu kilo meter untuk mendapatkan air.

Seperti yang dialami oleh warga nagari Batipuah Baruah, nagari Gunuang Rajo dan Ladang Laweh, kekeringan akibat musim kemaraau kali ini telah menyulitkan warga untuk mendapatkan air untuk komsumsi sehari-hari.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL