Kamis, 03 September 2015
Sigab
Warga Pessel Agar Siaga Bencana PDF Cetak Surel
Senin, 20 April 2015 01:15

PAINAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengajak semua warga di daerah itu untuk selalu siaga dan melaporkan dengan cepat jika terjadi bencana alam. Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah yang rawan akan bencana alam karena secara geografis terdiri dari sungai besar, perbukitan dan laut. Atas kondisi itu bahaya banjir, longsor dan tsunami selalu mengancam.

“Partisipasi warga sangat kami butuhkan untuk mem­berikan informasi terkait ben­cana alam. Sekecil apapun informasi itu sangat penting bagi kami untuk membantu penanggulangan selanjutnya, “ kata Kepala Badan Pe­nang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan Pri Nurdin di Painan, Sabtu.

 
Skema Penanganan Perubahan Iklim Telah Gagal PDF Cetak Surel
Sabtu, 18 April 2015 01:40

PERTEMUAN INTERNASIONAL DI MATARAM

MATARAM, HALUAN — Skema kebijakan internasional dalam penanganan perubahan iklim dinilai telah gagal dan justru menimbulkan berbagai persoalan dalam pengelolaan hutan dan perampasan tanah di berbagai negara.

Hal ini terungkap dalam Pertemuan Internasional ber­tajuk “Perubahan iklim, trend pengelolaan hutan dan peram­pasan tanah” yang diseleng­garakan oleh Eksekutif Na­sional WALHI pada tanggal 15 – 16 April 2015, di Pendopo Walikota Mataram. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 60 orang peserta yang berasal dari kalangan Pemerintah Daerah, masyarakat, dan aktivis WAL­HI setidaknya dari 20 provinsi.

 
Badan SAR Kerja Sama Operasikan Anjing Pelacak PDF Cetak Surel
Sabtu, 18 April 2015 01:40

JAKARTA, HALUAN — Ba­dan SAR Nasional, Ko­mite Nasional Keselamatan Trans­portasi, dan Direktorat Polisi Satwa Baharkam Kepolisian Indonesia bekerja sama da­lam pengoperasian anjing pelacak untuk membantu pencarian korban bencana.

Kepala Badan SAR Na­sional, PHB Sulistyo, di Ja­karta, Jumat, mengatakan, kerja sama tersebut me­ru­pakan bentuk sinergi antara ketiga lembaga yang harus terintegrasi.”Badan SAR Na­sional dengan KNKT tidak dapat dipisahkan karena da­lam suatu bencana ada per­tolongan dan ada juga inves­tigasi,” katanya, dilansir antara Jumat (17/4) .

 
Bank Dunia Perluas Instrumen Manajemen Risiko Bencana PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Maret 2015 02:28

JAKARTA, HALUAN — Bank Dunia telah mengumumkan perluasan instrumen yang tersedia kepada para kliennya dan negara-negara anggota, dalam rangka manajemen risiko bencana, antara lain dalam bentuk memperluas definisi risiko bencana.

“Fleksibilitas tambahan ini membuat Bank Dunia me­res­pons lebih baik kepada kebutuhan klien dengan secara berkelanjutan meningkatkan apa yang dapat kami tawarkan dalam bentuk peran sebagai perantara dengan pasar,” kata Wakil Presiden Bank Dunia, Madelyn Antoncic, dalam ke­te­rangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis [26/03].

 
Pasar Payakumbuh Nyaris Hangus PDF Cetak Surel
Selasa, 24 Maret 2015 02:30

EMPAT RUMAH LUDES TERBAKAR

PAYAKUMBUH, HALUAN – Pasar Payakumbuh nyaris jadi abu. Ditengah guyuran hujan, empat unit rumah di kawasan perkampungan padat penduduk di Kelurahan Parak Batuang RT 2 RW 2, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, masih dalam kompleks pasar Payakumbuh, Minggu malam (22/3) musnah dilalap api

Tak tanggung-tanggung, untuk mengantisipasi agar api tidak merembes ke rumah penduduk lain, 15 unit mobil Damkar yang terdiri dari Kota Payakumbuh, 3 unit Damkar dari Limapuluh Kota dan diban­tu beberapa unit Damkar dari Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kota Pariaman dan Kabupaten Pa­riaman, diperbantukan me­lokalisasi api. Api yang mulai membara sekitar pukul 22.40 WIB itu itu, baru dapat diji­nakan sekitar pukul 03.00.

 
Aceh Diguncang Gempa Lagi PDF Cetak Surel
Selasa, 24 Maret 2015 02:29

TERASA HINGGA CIREBON

JAKARTA, HALUAN — Gempa berkekuatan 5,1 skala richter (SR) kembali goyang Aceh, pada Senin dini hari (23/3). Badan Me­teorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada pada titik 2.54 Lintang Utara, 89.69 Bujur Timur, atau berada pada wilayah 711 Km BaratDaya Kabupaten Aceh Jaya dengan kedalaman 10 km.

Kendati guncangannya diinformasikan terasa sampai ke Cirebon, Jawa Barat, namun BMKG mengumumkan gempa yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga kini belum diketahui akibat dari gempa tersebut.  Gempa berkekuatan 5,1 Skala Ritcher itu guncangannya terasa sampai Cirebon, Jawa Barat dan sekitarnya. Salah satu warga Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Fathurrohman mengaku merasakan getaran sekitar setengah menit pada pukul 01.14 WIB. Getaran tersebut, menurutnya, dimulai dari lantai yang terasa bergetar dan lemari yang sedikit bergoyang. “Gempa memang terasa tidak terlalu besar, tapi membuat kepala agak pening,” katanya.

 
Kapal Peneliti LIPI Tenggelam PDF Cetak Surel
Senin, 16 Maret 2015 02:11

JAKARTA, HALUAN — KM Nurah yang membawa 12 orang peneliti dari asing, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan beserta delapan anak buah kapal tenggelam di sekitar Perairan Anambas Kepulauan Riau pada Sabtu malam. “Kejadiannya kemarin malam, kami langsung berupaya menyelamatkan seluruh ABK dan penumpang kapal, dan berhasil,” kata Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Barat Laksamana Pertama Rasyid melalui pesan singkat di Batam Kepri, Minggu.

Seluruh ABK dan penumpang kapal berhasil dise­lamatkan setelah sekitar tiga jam terombang-ambing di tengah lautan.Seyogyanya, para peneliti itu akan mempelajari kekayaan terumbu karang di Perairan Anambas, sebelum kapal diduga mengalami bocor dan hingga kemudian tenggelam. Alat pompa kapal itu juga diduga rusak, sehingga tidak bisa mengeluarkan air dari dalam kapal.

 
Ratusan Hektare Lahan Terbakar PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:42

KABUT ASAP MENYEBAR

JAKARTA, HALUAN — Polda Riau mencatat jumlah lahan yang terbakar sejak Januari hingga Februari 2015 sudah mencapai 242 Hektare. 173 Hektar diantaranya terdapat di Kabupaten Bengkalis.

Kepala Bidang Humas Pol­­da Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, di ruangan kerjanya,  menyatakan  dam­pak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau kian memburuk. Jika dilihat ber­dasarkan data luas lahan yang terbakar, tercatat adanya pe­ning­katan setiap bulannya, sejak Januari sampai Februari 2015. “Dari total luas lahan yang terbakar semuanya sudah berhasil dipadamkan. Pema­daman dilakukan Kepolisian, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), masyarakat setempat dan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

 
BPBD Agam Ujicoba Sirine Tsunami PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:37

AGAM, HALUAN — Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam, Bambang Warsito, mengatakan, sirine tsunami yang berada di dekat kantor Camat Tanjung Mutiara, kembali di ujicoba secara outomatis.  “Ujicoba sirene ini dilakukan setiap tanggal 26 sekitar pukul 10.00 WIB. Ini sebagai pertanda terjadinya gempa yang mengarah pada tsunami. “ kata Bambang Wasito di Lubuk Basung.

Sirine ini sebagai alaram saat gempa terjadi dan masyarakat sekitar untuk bersiap-siap dan waspada, menghadapi bencana yang akan menimpanya.

 
Penambangan Liar Undang Bencana PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:11

PADANG,HALUAN — Di manapun,   aktivitas penambangan liar bisa  berakibat  bencana,  baik bagi pelakukanya  berupa kecel;kaan  kerja, maupun  bagi  warga dalam bentuk  bencana  alam.  Karena itulah,  tambang ilegal  harus ditindak  tegas.

Aktivitas  galian c di kawa­san Jalan Baru, Nagari IV koto Hilir, kecamatan Batang Ka­pas, kabupaten Pesisir Selatan, membahayakan ketahanan infrastruktur bangunan fisik yang berada di sekitar lokasi.  Selain  itu  juga bisa  me­ngundang  bencana.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL