Minggu, 21 Desember 2014
Sigab
Dua Kejorongan di Pasaman Barat Dilanda Banjir PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:21

PASBAR, HALUAN — In­tensitas hujan yang semakin tinggi di Pasaman Barat berakibat  dua Kejorongan dilanda banjir. Jalan Simpang Ampek Ujung Gading sekitar 1,5 kilometer terendam banjir dengan ketinggian sekitar satu meter, Selasa (25/11).

Banjir itu persisnya di Jorong Pasia Bintungan dan Jorong Labuah Luruih, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasa­man. Selain melumpuhkan akses transportasi juga meren­dam puluhan rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir ratusan juta.

 
Karena Hutan Dibabat PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 02:46

BANJIR DAN LONGSOR TERJADI

AGAM, HALUAN — Cara jitu untuk meng­an­tisipasi bencana alam berupa banjir dan longsor yang makin sering muncul di Kabupaten Agam dan Sumbar umum­nya, hanyalah dengan menyelamatkan pohon di hutan-hutan.

Namun penggunaan hu­tan untuk berbagai keperluan, terutama untuk lahan perke­bunan, masih marak di sejumlah kecamatan. Untuk wilayah Kabupaten Agam peralihan fungsi hutan terjadi terutama pada kecamatan Malalak, Matur, Palupuh, Tanjung Raya, Palembayan, Ampek Nagari, Lubuk Ba­sung dan Tanjung Mutia­ra.  Seiring dengan itu daerah di sekitarnya juga makin sering dilanda longsor dan banjir pada musim hujan.

 
Banjir di Maroko, 30 Orang Tewas PDF Cetak Surel
Selasa, 25 November 2014 02:46

RABAT, HALUAN — Banjir badang di Maroko selatan dilaporkan menewaskan sedikitnya 30 orang, sedangkan puluhan lainnya hilang. Penyebab air bah tersebut adalah hujan yang mengguyur di hampir seluruh wilayah negara termasuk kota wisata Marrakesh sejak Minggu.

Selain melumat jiwa, banjir campur lumpur itu menghancurkan ratusan rumah, jalan raya, serta jalan tol terhambat akibat terblokir benda-benda yang tersebut banjir.

 
Lima Tewas Disapu Banjir Bandang PDF Cetak Surel
Senin, 24 November 2014 01:48

MEDAN,  HALUAN— Lima orang tewas akibat banjir bandang di Kabupaten Tapanuli Te­ngah, Sumatera Utara. Para korban meru­pakan kerabat dekat. Saat ini tim SAR, TNI dan aparat kepolisian masih mencarikorban lain.

Kepala Badan Penang­gulangan Bencana Daerha (BPBD) Tapanuli Tengah, Bonaparte Manurung, Sabtu (22/11), kepada wartawan, mengatakan kelima korban merupakan dua keluarga yang rumahnya berada tak jauh dari Sungai Garoga di Desa Sibio-bio, Kecamatan Siba­bangun. “Rumah kedua keluar­ga tersapu air. Diduga masih ada satu korban lagi,”katanya.

 
BPBD Padang Minta Warga Waspada PDF Cetak Surel
Senin, 24 November 2014 01:47

PADANG, HALUAN — Memasuki akhir tahun dengan cuaca yang ekstrim membuat Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mengingatkan agar warga Kota Padang siaga dengan berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam.

Kepala BPBD Kota Padang Dedi Henidal mengatakan bahwa akhir tahun yang indentik dengan curah hujan yang tinggi, akan menim­bulkan berbagai kemungkinan penyakit seperti malaria, DBD, diare dan virus lainnya yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat. Dengan demikian ia mengingatkan pada masyarakat Kota Padang supaya tetap menjaga kebersihan, dan menjaga asupan makanannya untuk memperkuat anti body menangkis berbagai virus.

 
Sumatera Barat Siaga Banjir PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 01:58

PADANG, HALUAN – Hujan dengan intensitas se­dang hingga tinggi sampai akhir bulan Desember nanti masih akan mengguyur Sumatera Barat. Ba­dan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Padang memprediksi hujan akan merata mengguyur Sumbar.

Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar mengimbau warga yang berada di kawasan rawan banjir dan longsor ekstra waspada untuk menghadapi kondisi cuaca saat ini. Kepala  Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Yazid Fadhli melalui Kepala Bidang Keda­ruratan Pagar Negara ditemui Haluan Jumat (22/11) siang mengatakan, warga yang berada di kawasan yang rawan banjir dan longsor untuk ekstra waspada mengingat curah hujan sedang hingga tinggi merata di Sumbar.

 
Banjir Batang Pangian, 138 KK Mengungsi PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 01:58

SOLSEL, HALUAN— Se­banyak  138 KK   mengungsi  pasca  banjir  meluapnya  Sungai Batang Pangian,  Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan (Solse).   Mereka   meng­ungsi ke tempat yang aman karena rumah mereka digenangi banjir disertai lumpur.   Mereka  terdiri dari 492 jiwa itu terdapat di Jorong Pasa Sungai Sungkai dan Jorong Taratak. 82 KK di antaranya merupakan warga setempat, sedangkan 56 KK adalah karyawan PTPN VI.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsos­nakertrans) Solsel, Zulkarnaini mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan berupa bahan makanan seperti beras, mi instan, kemudian peralatan dapur seperti kompor, kuali, lalu pakain untuk anak-anak sekolah. Porsi bantuan yang diberikan, tergantung kebutuhan warga. Warga akan menerima bantuan sesuai apa yang belum dimili­kinya berdasarkan jenis bantuan yang diberikan.

 
Banjir di Sei Kunyit Terbesar Sejak 1978 PDF Cetak Surel
Jumat, 21 November 2014 03:09

SOLOK, HALUAN — Banjir bercampur lumpur yang melanda Nagari Sei Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, merupakan yang terbesar sejak 1978.

Salah satu menyebab banjir karena hulu Sungai Batang Pangean telah dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit.

 
Lagi, Jakarta Direndam Banjir PDF Cetak Surel
Jumat, 21 November 2014 03:09

JAKARTA, HALUAN — Kota Jakarta kem,bali diterjang banjir besar. Akibatnya, sekitar 17.569 orang warga DKI Jakarta, Kamis (20/11,) berada di tempat pengungsian akibat banjir yang menggenangi sebagian wilayah ibu kota sejak Kamis dini hari.

Para pengungsi ini berasal dari lima kelurahan yang palinmg parah diterjang banjir yaitu u Rawajati, Pejaten Timur (Jakarta Selatan), Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu (Jakarta Timur). “Posko kesehatan dan dapur umum juga telah didirikan di tempat-tempat pengungsian,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Musyawardana, di Balaikota Jakarta, Kamis.

 
Indonesia Siaga Banjir PDF Cetak Surel
Rabu, 19 November 2014 02:51

JAKARTA, HALUAN — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan sejumlah wilayah di Indonesia rawan banjir dan tanah longsor hingga awal tahun depan. Warga pun diminta waspada memasuki musim hujan ini.

Berdasarkan data BNPB, sejum­lah provinsi yang rawan banjir dan tanah longsor ialah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, dan Ka­limantan Tengah. “Banjir diper­kirakan terjadi pada Desember 2014 hingga Februari 2015,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dilansir  CNN Indonesia, Selasa (18/11).

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL