Senin, 27 April 2015
Sigab
Ratusan Hektare Lahan Terbakar PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:42

KABUT ASAP MENYEBAR

JAKARTA, HALUAN — Polda Riau mencatat jumlah lahan yang terbakar sejak Januari hingga Februari 2015 sudah mencapai 242 Hektare. 173 Hektar diantaranya terdapat di Kabupaten Bengkalis.

Kepala Bidang Humas Pol­­da Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, di ruangan kerjanya,  menyatakan  dam­pak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau kian memburuk. Jika dilihat ber­dasarkan data luas lahan yang terbakar, tercatat adanya pe­ning­katan setiap bulannya, sejak Januari sampai Februari 2015. “Dari total luas lahan yang terbakar semuanya sudah berhasil dipadamkan. Pema­daman dilakukan Kepolisian, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), masyarakat setempat dan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

 
BPBD Agam Ujicoba Sirine Tsunami PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Februari 2015 02:37

AGAM, HALUAN — Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam, Bambang Warsito, mengatakan, sirine tsunami yang berada di dekat kantor Camat Tanjung Mutiara, kembali di ujicoba secara outomatis.  “Ujicoba sirene ini dilakukan setiap tanggal 26 sekitar pukul 10.00 WIB. Ini sebagai pertanda terjadinya gempa yang mengarah pada tsunami. “ kata Bambang Wasito di Lubuk Basung.

Sirine ini sebagai alaram saat gempa terjadi dan masyarakat sekitar untuk bersiap-siap dan waspada, menghadapi bencana yang akan menimpanya.

 
Penambangan Liar Undang Bencana PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:11

PADANG,HALUAN — Di manapun,   aktivitas penambangan liar bisa  berakibat  bencana,  baik bagi pelakukanya  berupa kecel;kaan  kerja, maupun  bagi  warga dalam bentuk  bencana  alam.  Karena itulah,  tambang ilegal  harus ditindak  tegas.

Aktivitas  galian c di kawa­san Jalan Baru, Nagari IV koto Hilir, kecamatan Batang Ka­pas, kabupaten Pesisir Selatan, membahayakan ketahanan infrastruktur bangunan fisik yang berada di sekitar lokasi.  Selain  itu  juga bisa  me­ngundang  bencana.

 
Korban Jalan Rusak Agar Gugat Kepala Daerah PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Februari 2015 02:10

JAKARTA, HALUAN — Anda   korban  jalan yang  dibiarkan rusak.  Silahkan  menggugat Kepala Daerah bersang­kutan  karena dijamin oleh hukum.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Herya­wan dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi akhirnya digugat oleh warga ke Pengadilan Negeri Bekasi, akibat tidak melakukan pemeliharaan jalan dan pemasangan rambu lalu lintas atas jalan rusak di Jalan Raya Siliwangi, Bantargebang, Bekasi.

 
BNPB Prediksi Bencana Sampai Bulan Maret PDF Cetak Surel
Kamis, 26 Februari 2015 02:44

ALOKASI ANGGARAN RP2,5 TRILIUN

JAKARTA, HALUAN — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat mewaspadai ancaman bencana baik banjir, tanah longsor, ataupun angin puting beliung yang diprediksi sampai Maret.

“Masih perlu diantisipasi sampai Maret, terjadi banjir, tanah longsor, puting beliung. Saat ini, puting beliung juga sering terjadi, ini karena hujan yang ekstrem,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penang­gu­langan Bencana (BNPB), Suto­po Purwo Nugroho ke­marin di Kediri. Ia mengatakan, kondisi itu merata di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Jawa Timur. Bah­kan, di Jatim sudah darurat siaga sejak Desember dan masih ber­langsung sampai sekarang.

 
Walhi: Data Kualitas Udara Kementerian LHK Aneh PDF Cetak Surel
Kamis, 26 Februari 2015 02:44

JAKARTA, HALUAN — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mempertanyakan hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) yang dilaksanakan di 44 kota di Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hasil pemantauan KLHK terhadap kualitas udara ambien jalan raya terdiri atas 13 Kota Metropolitan, 15 Kota Besar, dan 16 Kota Sedang/Kecil yang menetapkan lima kota dengan kualitas udara terbaik antara lain Palembang untuk kategori Kota Metropolitan. Kota Besar, Tangerang Selatan. Kota Sedang/Kecil, Ambon. “Yang kami pertanyakan, indikator penilaian yang digunakan KLHK itu apa? Misalnya Kota Palembang jadi kota metropolitan dengan kualitas udara terbaik, padahal kualitas udara di sana pada tahun 2014 itu buruk sekali. Sampai penyakit ISPA di sana meningkat, bagaimana bisa jadi yang terbaik,” kata Kepala Departemen Kajian WALHI Nasional, Khalisah Khalid dilansir antara.com kemarin.

 
Jokowi Harus Perpanjang Moratorium Hutan PDF Cetak Surel
Kamis, 26 Februari 2015 02:42

CEGAH BENCANA ALAM

JAKARTA, HALUAN — Beberapa Lembaga Swa­daya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang lingkungan mendesak Pre­siden Joko Widodo mem­perpanjang mora­torium penerbitan izin pengelolaan hutan primer dan lahan gambut yang akan berakhir Mei 2015. “Setelah me­lakukan kunjungan ke Riau November lalu, Presiden Joko Widodo seharusnya sudah sangat paham dengan kondisi yang ada.

Ke­data­ngannya itu menunjukkan komitmen Presiden Joko Widodo menjadikan penyelesaian bencana ekologis tersebut sebagai prioritas dan agenda utama pemerintahannya,” kata Juru Kampanye Politik Hutan Greenpeace Indonesia, Teguh Surya, di Jakarta, Rabu (26/2)

 
13 Kelurahan Langganan Banjir PDF Cetak Surel
Rabu, 25 Februari 2015 02:33

BATANG PULAU BERMASALAH

PAYAKUMBUH, HALUAN — Masyarakat di 13 Kelurahan yang tersebar pada 3 kecamatan di Payakumbuh,  merasa was-was akan datangnya banjir musiman. Musim banjir itu hadir maksimal 4 kali dalam setahun, yang telah berlangsung selama 30 tahun sejak tahun 1985.

Anggota Fraksi  PBB DP­RD Paya­kumbuh Syafrizal, yang dihubungi Se­lasa  ke­marin me­nutur­kan, banjir itu awalnya hanya me­ren­dam sa­wah, se­karang sudah me­nga­n­­cam pe­mu­ki­man penduduk, ru­mah ibadah, sarana pen­didikan dan fa­silitas umum lainnya.

 
Sepuluh Titik Api Muncul di Sumbar PDF Cetak Surel
Rabu, 25 Februari 2015 02:33

KABUT ASAP DARI RIAU

PADANG, HALUAN — Jum­lah titik api (hotspot) di Sum­bar hingga Senin (23/2) lalu terlihat sebanyak 10 titik panas yang tersebar di beberapa daerah di Sumbar. 10 titik ini terdapat di Kabupaten Pasa­man Barat enam titik panas dan beberapa titik panas lain­nya berada di Mentawai dua titik dan  Dharmasraya satu titik, Pasaman satu titik dan Sawahlunto satu titik panas. Jumlah ini menurun dibanding jumlah hotspot pada Januri lalu yang mencapai 26.

Kepala Bidang PPH Dinas Kehutanan Sumbar, Faridil Afrasy kepada Haluan Selasa (23/2) kemarin mengatakan, sejumlah titik api (hotspot) yang ada di Sumbar, belum menyebabkan kabut asap hing­ga saat ini. “Walaupun begitu, kita prediksi sepanjang tahun 2015 ini Sumbar masih akan diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dari kiriman provinsi tetangga,” terangnya.

 
Bendungan Irigasi Bobol PDF Cetak Surel
Selasa, 24 Februari 2015 01:43

ANCAM RATUSAN HA SAWAH

PAINAN-HALUAN — Bobolnya bendungan irigasi batang jalamu di kecamatan Batang Kapas sepanjang 20 meter memberikan imbas setidaknya sekitar 400 hektar lahan pertanian sawah terancam kekeringan, pasalnya irigasi tersebut salah satu sumber air sawah kebutuhan tanaman bagi para petani.

Syafril 47  warga Lubuk Nyiur kecamatan Batang Ka­pas kemarin mengakui, bo­bolnya irigasi batang jalamu membuat masyarakat petani merasa risih karena khuwatir gagal hasil produksi panen padi, untuk mengatasi keru­sakan irigasi tersebut masya­rakat terpaksa melakukan goro dan dibantu oleh alat dari proyek pembangunan PLTMH di nagari tersebut

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL