Jumat, 30 Januari 2015
Sigab
Jakarta Dikepung Banjir PDF Cetak Surel
Jumat, 23 Januari 2015 02:29

JAKARTA, HALUAN — Kota Jakareta kembali digenangi banjir. Sejak Kamis pagi saat ini hujan masih mengguyur sebagian wilayah di Ibu Kota. Sebagian wilayah di Jakarta juga tampak terendam banjir, dengan ketinggian bervariasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TMC Polda Metro Jaya, genangan air sekitar 40 cm merendam Jalan Lodan Jakarta Utara. Sementara di Jalan RE Mar­tadinata, Jakarta Utara, tepat­nya di depan Alexis dan SP­BU arah Barat tergenang air 30 cm. Genangan air men­capai jarak 600 meter, Kamis (22/1).

 
Cegah Kematian Ikan Perhatikan Tanda-tanda Alam PDF Cetak Surel
Jumat, 23 Januari 2015 02:28

PADANG, HALUAN — Petani keramba yang memiliki tambak di Danau Singkarak agar dapat membaca tanda-tanda alam, agar kematian ikan secara mendadak tidak terjadi lagi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat, Yosmeri dihubungi Haluan, Kamis (22/1) kemarin mengatakan, pihaknya telah melakukan tinjauan langsung ke kawasan Danau Singkarak terkait ikan mati diduga karena tubo belerang dari dasar Danau Singkarak.

 
Bendungan Ambruk, Petani Gagal Panen PDF Cetak Surel
Kamis, 22 Januari 2015 02:13

LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Dampak  hujan yang selalu melanda Nagari Duriantinggi, Kecamatan Kapur IX, semenjak beberapa hari yang lalu, bendungan Labu Ompong Jorong Ronah ambruk. Akibatnya, tidak kurang 10 hektare lahan sawah terancam kekeringan di kala musim kemarau datang.

Pantauan Haluan, Selasa , saluran yang ambruk se­pan­jang empat belas meter lebih. Akibat kejadian itu, pasokan air untuk Jorong Ronah Pem­bangunan, Kenagarian Du­rian­tinggi berkurang. Padahl, saat ini petani mulai mengolah tanah mereka untuk bercocok tanam.

 
Banjir Kiriman dari Malaysia Rendam Nunukan PDF Cetak Surel
Kamis, 22 Januari 2015 02:13

JAKARTA, HALUAN — Sembilan sekolah di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kaltara, ter­paksa diliburkan karena seluruh fasilitas belajarnya tenggelam akibat banjir kiriman dari Malaysia.

Camat Sembakung, Iskandar, Rabu, menyatakan banjir yang m­e­lan­da empat desa di wilayahnya akibat Sungai Sembakung yang berhulu di Pensianan Negeri Sabah, Malaysia, meluap hingga meneng­gelamkan sejumlah fasilitas umum.

 
Warga Masih Dihantui Ketakutan PDF Cetak Surel
Kamis, 22 Januari 2015 02:12

ABRASI MUARO KANDIS

PAINAN, HALUAN — Untuk pe­nanganan darurat, warga di kawasan yang terkena abrasi di Pesisir Selatan membutuhkan puluhan ribu karung untuk membuat benteng penahan ombak. Sementra itu, di Muara kandis Linggo Sari Baganti sekitar 60 KK dihantui ketakutan akibat cepat­nya abrasi mengikis per­kam­pungan.

Kawasan yang butuh penanganan darurat dengan membuat benteng karung berisi pasir tersebut adalah Muara Kandis Linggo Sari Baganti, pantai Sumedang Ranah Pesisir, Per­batasan Kecamatan Lengayang Sutera. Hingga kini Pemkab belum bisa meng­hitung total kerugian akibat abrasi.

 
30 Ribu Hektar Kawasan Hutan Sangat Kritis PDF Cetak Surel
Selasa, 20 Januari 2015 02:31

BENCANA MENGANCAM SOLSEL

PADANG,  HALUAN-Seluas 30.558,9 hektare kawasan hutan yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), tergolong sangat Kritis dan perlu dihijaukan kembali.

Sekretaris Dinas Kehuta­nan dan Perkebunan Solok Selatan Hamdani didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penge­lolaan Hutan Mardiana di Padang Aro, Senin, menga­takan, selain hutan yang sangat kritis juga terdapat kategori yang kritis yaitu seluas 21.959,9 hektare yang juga tersebar di tujuh kecamatan. “Untuk la­han kritis tahun ini akan dila­ku­kan penghijauan kembali seluas 150 hektare dan seka­rang sudah mulai dilakukan survei lokasi,” katanya.

 
Risma Tolak Monumen AirAsia PDF Cetak Surel
Selasa, 20 Januari 2015 02:31

HANYA SIMBOL BELAKA

SURABAYA,  HALUAN — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menolak membangun monumen atau tugu peringatan  untuk korban pesawat AirAsia QZ8501. Menurut Wali Kota Perempuan ini, upaya tersebut tidak penting karena monu­men  itu hanya simbol belaka.

Kata Risma, pembangunan mo­nu­men tersebut tidak akan berimbas apa-apa bagi keluarga korban Air Asia. Yang terpenting adalah mem­berikan perhatian kepada keluarga korban setelah insiden maut itu. “Yang penting itu perhatian setelah kejadian ini. Buat apa simbol-simbol itu. Nggak penting,” kata Risma   kemarin usai mengunjungi keluarga korban di Posko Crisis Center Polda Jatim.

 
Jembatan Putus, Jorong Terisolir PDF Cetak Surel
Sabtu, 17 Januari 2015 03:21

DITERJANG AIR BAH

LIMAPULUH KOTA, HALUAN —  Hujan  deras   yang  mengguyur mengakibatkan 3 kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, dilanda air bah pada Rabu  dinihari. Tiga kecamatan, yakni Kecamatan Harau, Kecamatan Kapur IX dan Kecamatan Bukit Barisan,   turut jadi korban akibat air bah tersebut.

“Air sungai meluap secara tiba-tiba setelah hujan yang melanda semenjak Selasa sore . Seperti Sungai Batang Sina­mar, Sungai Batang Maek dan Sungai Batang Lamposi  tak mampu menampung debit air yang begitu besar,”ujar Firman Kepala Bidang Darurat BPBD Kabupaten Limapuluh Kota usai meninjau lokasi air bah,   Kamis.

 
566 Orang Meninggal Akibat Bencana PDF Cetak Surel
Sabtu, 17 Januari 2015 03:20

JAKARTA, HALUAN — Sela­ma tahun 2014, telah terjadi 1.525 bencana alam di Indo­nesia de­ngan menimbulkan korban jiwa 566 orang. Berda­sarkan data yang disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada meida ini, Kamis, dari 1.525 kejadian bencana, telah menyebabkan 566 orang tewas, 2,66 juta jiwa mengungsi dan menderita, lebih dari 51 ribu rusam rusak, dan ratusan bangu­nan umum rusak.

Kerugian ekonomi menca­pai puluhan trilyun rupiah, se­per­ti dampak kebakaran hutan dan lahan Rp 20 triyun, banjir Jakarta Rp 5 triyun, banjir di Pantura Jawa Rp 6 triyun, banjir bandang di Sulawesi Utara Rp 1,4 trilyun, banjir dan longsor di 16 kab/kota di Jawa Tengah Rp 2,1 triyun, dan sebagainya.

 
Pendaki Gunung Kerinci Belum Ditemukan PDF Cetak Surel
Sabtu, 17 Januari 2015 03:20

JAMBI, HALUAN — Tim SAR hingga kini belum ber­ha­sil menemukan Setiawan Maulana asal Bekasi, Jabar, yang hilang sejak 27 Desember 2014 saat mendaki Gunung Kerinci di Kabupaten Kerin­ci. Pencarian yang sudah dila­ku­kan tim SAR selama ham­pir tiga minggu hasilnya masih nihil, padahal tim sudah menyisir hampir seluruh loka­si yang diperkirakan tempat hilangnnya Setiawan, mulai dari pintu Rimbo di kaki gunung hingga ke puncak, kata pemandu pendakian Gu­nung Kerinci dari komunitas Jelajah Kerinci yang terlibat sebagai anggota tim SAR pa­da pencarian itu, Yuda Kar­sana di Jambi, Jumat.

Ia menjelaskan, dalam upaya pencarian tersebut telah melibatkan sedikitnya 31 orang dari tim SAR dan sukarelawan dari warga desa-desa setempat, namun masih belum mendapatkan hasil.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL