Jumat, 24 Oktober 2014
Sigab
Gempa Kepung Megathrust Siberut PDF Cetak Surel
Rabu, 17 September 2014 01:42

PADANG, HALUAN — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, selama empat hari terhitung mulai 11 September 2014 hingga 14 September 2014, telah terjadi delapan kali gempa bumi yang mengguncang Pulau Sumatera, baik yang berpusat di darat, maupun laut.

Jumlah tersebut belum tercatat gempa kecil yang tidak dirAsakan warga, karena BMKG hanya mempublikasikan gempa yang dirasakan warga.

 
Muara Ampiang Parak Mengkhawatirkan PDF Cetak Surel
Rabu, 03 September 2014 02:27

PAINAN, HALUAN — Muara Ampiang Parak, Kecamatan Sutera makin mengkha­watir­kan. Lebih dari separuh pintu muara tertutup pasir dan terus alami pendangkalan. Kini tidak satupun perahu motor yang bisa melewati muara tersebut karena telah dangkal.

Udin (58) nelayan setempat Minggu (31/8) di Ampiang Parak menyebutkan, pekan lalu perahu motor masih bisa keluar masuk dengan menunggu pasang besar tiba. “Tapi sekarang pasang besarpun perahu dengan mesin 20 PK ke atas tidak lagi bisa masuk. Muara didah terlalu dangkal paling tinggi air saat pasang hingga pinggang orang dewasa,” katanya.

 
Sasak Butuh Pembangunan Batu Grib PDF Cetak Surel
Rabu, 03 September 2014 02:26

SASAK, HALUAN – Bencana abrasi pantai berkepanjangan di Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia tidak ada cara lain, kecuali membangun batu grib di sepanjang Pantai.

“Kita sudah duduk ber­sama dengan seluruh perang­kat nagari dan tokoh masya­rakat. Kami menilai satu-satunya jalan yang bisa menyelamatkan pantai sasak dari bencana abrasi, hanya dengan cara membangun batu grib pada 20 titik di sepanjang pantai kita ini kata Walin­agari Sasak, Arman kemarin.

 
Awal Musim Hujan Oktober PDF Cetak Surel
Sabtu, 30 Agustus 2014 02:18

PREDIKSI BMKG

JAKARTA,  HALUAN— Badan Meteorologi Klima­tologi dan Geofisika (BM­KG) memprakirakan seba­gian besar wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim hujan pada Oktober 2014.

Dibandingkan karakteristik iklimnya selama 30 tahun, awal musim hujan 2014/2015 diper­kirakan mundur.

 
Magma Gunung Slamet Dangkal PDF Cetak Surel
Sabtu, 30 Agustus 2014 02:18

JAKARTA,  HALUAN— Pusat Vulka­nologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperkirakan magma Gunung Slamet yang meliputi Kabu­paten Banyumas, Purbalingga, Pema­lang, Tegal, dan Brebes, Jawa Tengah, sudah mendekati permukaan kawah. “Dapur magma Gunung Slamet cukup dangkal atau kurang dari 2 kilometer. Oleh karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik, maka magmanya terangkat dan kini diperkirakan berada pada kisaran 1 kilometer dari bibir kawah,” kata Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Slamet PVMBG Imam Santosa saat dihubungi dari Purwo­kerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Menurut dia, tremor menerus yang terjadi selama tiga hari terakhir di Gunung Slamet meru­pakan pelepasan gas-gas dari magma yang sudah berada di permukaan.

 
Menteri Kehutanan Serahkan 4 SK PAK Hutan Nagari PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Agustus 2014 02:20

CEGAH KERUSAKAN DAN BENCANA

PADANG, HALUAN — Men­teri Kehutanan Zulkifli menye­rahkan empat SK Penetapan Areal Kerja (PAK) Hutan Nagari. Hal ini  bermanfaat untuk mencegah kerusakan hutan dan bencana alam.

Menteri menyerahkan SK 701/Menhut/II/2014 seluas 3.398 Ha untuk Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki, Nagari Sungai Abu Kecamatan Hiliran Gumanti dengan SK No. 702/Menhut/II/2014 seluas 6.787 Ha, Nagari Sarik Alahan Tigo SK No. 703/Menhut/II/2014 seluas 4.300 ha, serta Nagari Paru Kecamatan Sijunjuang dengan SK No. 704/Menhut/II/2014 seluas 4.500 ha.

 
Paus Meledak, 35 Penumpang Terbakar PDF Cetak Surel
Jumat, 29 Agustus 2014 02:19

JAKARTA, HALUAN — Penyidik Polres Kepulauan Seribu memeriksa Abdullah, Nahkoda Kapal Motor (KM) Paus terkait musibah ledakan di sekitar laut Pulau Pari. Kapal tersebut mengangkut 11 orang ABK dan 62 orang penumpang. Korban terbakar mencapai 35 orang.

“Penyidik telah memeriksa nah­koda kapal bernama Ab­dullah, hasilnya masih dalam penyelidikan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Jakarta Kamis (28/8).

 
Gunung Slamet Siaga Merah PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:09

GEMPA TREMOR TERLAMA

JAKARTA,  HALUAN — Gunung Slamet yang meliputi Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes Rabu (27/8), mengalami gempa tremor terlama. Gunung  api  ini  berstatus Siaga Merah  dan  sangat  berbahaya.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Pusat Vul­kanologi dan Mitigasi Ben­cana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabu­paten Pe­malang, terekam adanya gempa tremor mene­rus yang terjadi pada pukul 00.00-06.00 WIB atau selama enam jam.

 
Tagana Disiapkan Hadapi Bencana PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:08

JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 1.256 relawan taruna siaga bencana (tagana) disiapkan untuk menganti­sipasi bencana di berbagai wilayah di Jawa Tengah. Para tagana tersebut tengah disiapkan untuk menjalani program pelatihan beserta pembinaan menghadapi kebencanaan.

“Kami sedang membahas kon­solidasi dan tambahan pelaksanaan tugas tagana yang tersebar di seluruh Jateng. Kami mempersiapkan mereka saat terlatih saat terjadi bencana,” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Budi Wibowo.

 
Longsor Hiroshima Tewaskan 63 Korban PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:16

OSAKA, HAALUAN — Jumlah korban jiwa akibat lumpur longsor yang disebabkan oleh hujan lebat di Prefektur Hiroshima, Jepang Barat, menjadi 63 korban. Sedangkan 25 orang lagi masih belum ditemukan.

Operasi pencarian dan pertolongan memasuki hari ketujuh pada Selasa. Tiga orang dikonfirmasi tewas pada Selasa, sehingga jumlah korban jiwa jadi 63, kata media setempat, yang mengutip polisi Prefektuf Hiroshima.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL