Kamis, 02 April 2015
Sigab
11 Kecamatan Rawan Tsunami PDF Cetak Surel
Senin, 16 Februari 2015 02:07

DEKAT DENGAN PANTAI

PADANG, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) memetakan sebelas dari 15 kecamatan di kabupaten tersebut yang berada di daerah rawan tsunami. 11 Kecamatan tersebut hanya berjarak dua sampai empat kilometer dari garis pantai.

“Dari 15 kecamatan tersebut hanya empat kecamatan yang bebas dari ancaman tsunami, sebelas berada di sepanjang garis pantai dan rawan tsunami,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan Pri Nurdin di Painan, Ahad (15/2). 11 Kecamatan tersebut masuk dalam zona merah. Warga yang tinggal di kecamatan tersebut berjumlah sekitar 212 ribu jiwa dari 99.978 kepala keluarga.

 
Muara Sungai Mendesak Dikeruk PDF Cetak Surel
Sabtu, 31 Januari 2015 02:22

PASCA BANJIR BANDANG PESSEL

PAINAN, HALUAN — Seluruh muara sungai di kawasan bekas banjir bandang Pessel perlu segera di keruk. Ditengarai penyebab banjir bandang di Pessel pekan lalu pintu muara alami pendangkalan, penyempitan dan tersumbat. Sementara sungai yang mengancam pemukiman penduduk dan areal pertanian perlu di normalisasi.

Kepala Dinas PSDA Pessel Yusdi Jumat (30/1) menye­butkan ada beberapa muara sungai yang perlu penanganan cepat di kawasan bekas banjir bandang agar kejadian serupa dapat dicegah. Misalnya mua­ra Batang Salido, Muara Ba­tang Painan, Muara Batang Jelamu, Muara Batang Lumpo dan Muara Bayang. “Kita ti­dak menampik jika banjir bandang kemarin salah satu pemicunya adalah sempitnya pintu muara. Maka terkait adanya pengu­sulan Anggota DPR RI Darizal Basir memasukkan pembia­yaan normalisasi pintu muara kami dukung penuh,” katanya.

 
Banjir Bandang Terjang Subang PDF Cetak Surel
Sabtu, 31 Januari 2015 02:21

SUBANG, HALUAN— Banjir bandang melanda beberapa desa di wilayah Kecamatan Pabuaran dan Patokbuesi akibat meluapnya Sungai Cikareo di Pabuaran Kabupaten Subang. Kejadian tersebut menyebabkan ratusan rumah tersebar di beberapa kampung dan desa tergenang, dan puluhan hektar sawah terendam. Bersamaan dengan tingginya curah hujan yang melanda wilayah Subang, Kamis  debit air sejumlah aliran irigasi maupun sungai mengalami kenaikan.

Malahan Kamis Sore hujan deras kembali mengguyur Kabupaten Subang, selain menyebabkan genangan air cukup tinggi di jalan raya. Sejumlah saluran irigasi juga airnya meluap hingga menutupi jalan yang berada disamping saluran irigasi.

 
Batang Salido dan Lumpo Sering Meluap PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:41

PENAMBANGAN SIRTU

PAINAN,HALUAN — Dua Sungai besar yang terletak di dua keca­matan di Pessel yaitu, sungai Batang Salido di kecamatan IV Jurai dan sungai Batang Lumpo di kecamatan Bayang, kondisinya saat ini semakin kritis. Kedua sungai ini bahkan sering me­ngun­dang bencana banjir yang me­ngancam kehidupan ma­syarakat.

Musibah banjir salah satu faktor yang membuat pertumbuhan ekonomi ma­sya­rakat menjadi lamban, pasalnya lahan mereka berupa sawah dan kebun tidak luput dilanyau banjir, bahkan tanaman yang ada diareal lahan pertanian tidak lagi menikmati hasil produksinya.

 
Ratusan Hektare Lahan Pertanian Rusak PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:40

PAINAN,HALUAN — Setidaknya sekitar 700 hektar lahan pertanian masyarakat yang terkena musibah banjir pada lima kenagarian di kecamatan IV jurai mengalami kerusakan, akibat tertimbun material pasir dan kerikil, bahkan sawah yang berisi tanaman seperti padi , cabay dan lainnya terancam gagal panen.

Ke lima nagari yang terkena dampak banjir tersebut yaitu,nagari Bungo Pasang 1, Bungo Pasang II, Nagari Tambang,nagari Koto Rawang dan nagari Salido Saribulan, kandisi saat ini daerah tersebut membutuhkan pembersihan, sedangkan warga yang mengungsi, kini sudah kembali membersihkan rumah mereka dari tanah bercampur material

 
BNPB Harus Segera Kucurkan Bantuan PDF Cetak Surel
Kamis, 29 Januari 2015 02:06

PANTAI PESSEL RAWAN ABRASI

PAINAN, HALUAN — Separuh dari pantai di Pesisir Selatan adalah kawasan rawan abrasi dan diantaranya sudah masuk pada kondisi yang mengkhawatirkan. Untuk itu diharapkan bantuan sesegera mungkin dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BPBD Pessel mengimbau warga yang tinggal di zona berbahaya untuk berhati hati.

Kepala BPBD Pessel Pri Nurdin Rabu (28/1) menye­butkan, kawasan pantai di Pessel umumnya berpasir dan tidak berapa persen yang ber­karang atau ditumbuhi mang­rove. “Separuh dari kawasan pantai itu rawan bencana ab­rasi. Kondisi geografis daerah ini menjadi tantangan ter­sendiri bagi rakyat untuk mem­­bangun kehidupannya. Bahkan mayoritas penduduk Pessel senang bermukim di­ping­gir pantai, ini kemudian menjadi ancaman bagi mere­ka,” katanya.

 
Darizal Basir: Rp87 Miliar Sudah Masuk RAPBN Perubahan PDF Cetak Surel
Kamis, 29 Januari 2015 02:06

REHAB REKON PASCA BANJIR

PAINAN, HALUAN — Ang­gota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Pesisir Selatan Darizal Basir usulkan dana rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab - re­kon) pasca bencana banjir bandang untuk kawasan Salido Kecamatan IV Jurai melalui Fraksi Demokrat dalam Ren­ca­na Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) tahun 2015.Usu­lan sebesar Rp87 milyar terse­but telah diterima dan masuk pada RAPBNP tahun 2015.

Darizal Basir Selasa (27/1) kepada Haluan menyebutkan, banjir bandang yang terjadi di kawasan Salido dan sekitarnya merupakan kejadian yang ti­dak pernah diduga sebe­lumnya. Bahkan jika ditelislik pada masa lalu, kawasan itu tidak pernah mengalami banjir sedahsyat sekarang dengan mengakibatkan nyawa dan harta benda masyarakat mela­yang. Ada persoalan mendasar yang harus segera dituntaskan di kawasan Salido tersebut.

 
Warga di Sepanjang DAS Diimbau Waspada PDF Cetak Surel
Selasa, 27 Januari 2015 01:42

CUACA EKSTRIM TERJANG SUMBAR

PADANG, HALUAN — Cuaca ekstrim kembali menyelimuti Sumatera Barat. Perubahan cuaca bisa terjadi sewaktu-waktu, se­hingga warga Sumbar kembali diimbau untuk meningkatkan ke­waspadaan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Pagar Nega­ra mengimbau, pemerintah kabupaten/kota agar selalu melakukan so­sialisasi dan penyuluhan kepada masya­rakat agar terus meningkatkan ke­was­­padaan tekait kondisi cua­ca saat ini.

 
Ratusan KK Zona Merah Agam Bersedia Direlokasi PDF Cetak Surel
Selasa, 27 Januari 2015 01:41

AGAM, HALUAN — Sekitar 217 Kepala Keluarga (KK) empat jorong yang masuk zona merah di Kenagarian Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Ra­ya sudah bersedia untuk dire­lokasi, dari kampung mereka ke tempat yang lebih aman. Kesedian tersebut ditandai penyerahan berkas oleh per­wakilan masyarakat zona me­rah kepada BPBD Agam, Se­nin (26/1).

Dari jumlah tersebut, se­banyak 32 KK telah mem­bangun rumah sendiri di luar zona merah. Sebanyak 57 KK belum mempunyai rumah te­tapi memiliki tanah di lokasi lain yang bakal dibangunkan rumah. Sementara 128 KK sudah bersedia direlokasi ke Dama Gadang yang saat ini masih menunggu pembebasan tanah.

 
Langit Bandung Menggelegar Hingga Maret PDF Cetak Surel
Senin, 26 Januari 2015 01:58

CURAH HUJAN BENTUK CUMMULONIMBUS

BANDUNG, HALUAN — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Bandung memprediksi hujan dengan disertai angin kencang dan petir akan melanda wilayah Kota Bandung, hingga Maret mendatang.

“Potensi hujan setiap hari ada, awan akan makin mem­bentuk awan Cum­mu­lonim­bus yang menyebabkan hujan disertai petir dan angin ken­cang,” ujar prakirawan BMKG Kota Bandung Susiana saat dihubungi di Bandung, Ming­gu (25/1).

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL