Selasa, 03 Maret 2015
Sigab
Ratusan Hektare Lahan Pertanian Rusak PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:40

PAINAN,HALUAN — Setidaknya sekitar 700 hektar lahan pertanian masyarakat yang terkena musibah banjir pada lima kenagarian di kecamatan IV jurai mengalami kerusakan, akibat tertimbun material pasir dan kerikil, bahkan sawah yang berisi tanaman seperti padi , cabay dan lainnya terancam gagal panen.

Ke lima nagari yang terkena dampak banjir tersebut yaitu,nagari Bungo Pasang 1, Bungo Pasang II, Nagari Tambang,nagari Koto Rawang dan nagari Salido Saribulan, kandisi saat ini daerah tersebut membutuhkan pembersihan, sedangkan warga yang mengungsi, kini sudah kembali membersihkan rumah mereka dari tanah bercampur material

 
BNPB Harus Segera Kucurkan Bantuan PDF Cetak Surel
Kamis, 29 Januari 2015 02:06

PANTAI PESSEL RAWAN ABRASI

PAINAN, HALUAN — Separuh dari pantai di Pesisir Selatan adalah kawasan rawan abrasi dan diantaranya sudah masuk pada kondisi yang mengkhawatirkan. Untuk itu diharapkan bantuan sesegera mungkin dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BPBD Pessel mengimbau warga yang tinggal di zona berbahaya untuk berhati hati.

Kepala BPBD Pessel Pri Nurdin Rabu (28/1) menye­butkan, kawasan pantai di Pessel umumnya berpasir dan tidak berapa persen yang ber­karang atau ditumbuhi mang­rove. “Separuh dari kawasan pantai itu rawan bencana ab­rasi. Kondisi geografis daerah ini menjadi tantangan ter­sendiri bagi rakyat untuk mem­­bangun kehidupannya. Bahkan mayoritas penduduk Pessel senang bermukim di­ping­gir pantai, ini kemudian menjadi ancaman bagi mere­ka,” katanya.

 
Darizal Basir: Rp87 Miliar Sudah Masuk RAPBN Perubahan PDF Cetak Surel
Kamis, 29 Januari 2015 02:06

REHAB REKON PASCA BANJIR

PAINAN, HALUAN — Ang­gota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Pesisir Selatan Darizal Basir usulkan dana rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab - re­kon) pasca bencana banjir bandang untuk kawasan Salido Kecamatan IV Jurai melalui Fraksi Demokrat dalam Ren­ca­na Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) tahun 2015.Usu­lan sebesar Rp87 milyar terse­but telah diterima dan masuk pada RAPBNP tahun 2015.

Darizal Basir Selasa (27/1) kepada Haluan menyebutkan, banjir bandang yang terjadi di kawasan Salido dan sekitarnya merupakan kejadian yang ti­dak pernah diduga sebe­lumnya. Bahkan jika ditelislik pada masa lalu, kawasan itu tidak pernah mengalami banjir sedahsyat sekarang dengan mengakibatkan nyawa dan harta benda masyarakat mela­yang. Ada persoalan mendasar yang harus segera dituntaskan di kawasan Salido tersebut.

 
Warga di Sepanjang DAS Diimbau Waspada PDF Cetak Surel
Selasa, 27 Januari 2015 01:42

CUACA EKSTRIM TERJANG SUMBAR

PADANG, HALUAN — Cuaca ekstrim kembali menyelimuti Sumatera Barat. Perubahan cuaca bisa terjadi sewaktu-waktu, se­hingga warga Sumbar kembali diimbau untuk meningkatkan ke­waspadaan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Pagar Nega­ra mengimbau, pemerintah kabupaten/kota agar selalu melakukan so­sialisasi dan penyuluhan kepada masya­rakat agar terus meningkatkan ke­was­­padaan tekait kondisi cua­ca saat ini.

 
Ratusan KK Zona Merah Agam Bersedia Direlokasi PDF Cetak Surel
Selasa, 27 Januari 2015 01:41

AGAM, HALUAN — Sekitar 217 Kepala Keluarga (KK) empat jorong yang masuk zona merah di Kenagarian Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Ra­ya sudah bersedia untuk dire­lokasi, dari kampung mereka ke tempat yang lebih aman. Kesedian tersebut ditandai penyerahan berkas oleh per­wakilan masyarakat zona me­rah kepada BPBD Agam, Se­nin (26/1).

Dari jumlah tersebut, se­banyak 32 KK telah mem­bangun rumah sendiri di luar zona merah. Sebanyak 57 KK belum mempunyai rumah te­tapi memiliki tanah di lokasi lain yang bakal dibangunkan rumah. Sementara 128 KK sudah bersedia direlokasi ke Dama Gadang yang saat ini masih menunggu pembebasan tanah.

 
Langit Bandung Menggelegar Hingga Maret PDF Cetak Surel
Senin, 26 Januari 2015 01:58

CURAH HUJAN BENTUK CUMMULONIMBUS

BANDUNG, HALUAN — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Bandung memprediksi hujan dengan disertai angin kencang dan petir akan melanda wilayah Kota Bandung, hingga Maret mendatang.

“Potensi hujan setiap hari ada, awan akan makin mem­bentuk awan Cum­mu­lonim­bus yang menyebabkan hujan disertai petir dan angin ken­cang,” ujar prakirawan BMKG Kota Bandung Susiana saat dihubungi di Bandung, Ming­gu (25/1).

 
Tiga Desa di Langkat Direndam Banjir PDF Cetak Surel
Senin, 26 Januari 2015 01:58

LANGKAT, HALUAN — Tiga Desa di Kecamatan Tanjung­pura, Kabupaten Langkat, Su­ma­tera Utara, masih teren­dam banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 cm. “Banjir masih merendam tiga desa yang ada di Keca­matan Tanjungpura,” kata Ca­mat Tanjungpura, Surianto di Tanjungpura, Langkat, Minggu (25/1).

Desa yang masih terendam banjir setinggi sekitar 50 cm itu adalah Desa Pekubuan, Desa Lalang dan Desa Pantai Cermin. “Air belum juga surut di desa tersebut sehingga ma­sih ada warga yang mengungsi karena pemukiman mereka terendam banjir,” katanya.

 
Kota Painan Dikepung Banjir PDF Cetak Surel
Sabtu, 24 Januari 2015 02:37

PAINAN, HALUAN—Kota Painan,  Kabupaten Pesisir Selatan dan nagari sekitarnya direndam banjir pada Jumat (23/1) malam. Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Pesisir Selatan semenjak siang menyebabkan ratusan rumah warga di Kota Painan dan Kecamatan IV Jurai umumnya terendam banjir.

Pri Nurdin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dae­­rah (BPBD) Pesisir Sela­tan di Painan mengatakan banjir terjadi akibat meluapnya Batang Salido yang terletak di kecamatan itu setelah hujan mengguyur kawasan itu dari siang hingga malam.

 
Pencari Batu Akik Merusak Lingkungan PDF Cetak Surel
Sabtu, 24 Januari 2015 02:36

PADANG, HALUAN — Ke­pala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kabupaten Garut Uu Sae­pudin membantah pihak­nya tak menaruh perhatian atas adanya aktivitas tambang liar, dan perdagangan gelap batu akik di wilayah Kabupaten Garut.

Akan tetapi Uu mengakui pihaknya mengalami kesulitan mengatur dan mengendalikan aktivitas penambangan batu akik di sejumlah tempat di wilayah selatan Kabupaten Garut yang belakangan kian marak. Hal itu terutama ter­ben­tur sejumlah kendala. Teru­tama menyangkut Un­dang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mine­ral yang dinilai tak meng­akomodir para pengusaha ke­cil. “Memang dilematis. Kita tak mungkin mengeluarkan izin usaha tambang batu akik karena terbentur kepemilikan modal dan lahan para pengu­saha batu akik sendiri tak memenuhi ketentuan Undang Undang (UU) Nomor 4 tahun 2009. Salah satunya, izin tam­bang hanya diberikan pada pertambangan dengan lahan di atas 5 hektare. Sedangkan di kita kebanyakan lahannya tak seluas itu, kata Uu  kemarin.

 
Jakarta Dikepung Banjir PDF Cetak Surel
Jumat, 23 Januari 2015 02:29

JAKARTA, HALUAN — Kota Jakareta kembali digenangi banjir. Sejak Kamis pagi saat ini hujan masih mengguyur sebagian wilayah di Ibu Kota. Sebagian wilayah di Jakarta juga tampak terendam banjir, dengan ketinggian bervariasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TMC Polda Metro Jaya, genangan air sekitar 40 cm merendam Jalan Lodan Jakarta Utara. Sementara di Jalan RE Mar­tadinata, Jakarta Utara, tepat­nya di depan Alexis dan SP­BU arah Barat tergenang air 30 cm. Genangan air men­capai jarak 600 meter, Kamis (22/1).

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL