Kamis, 18 September 2014
Sigab
Simulasi Sigab di SMA Pembangunan Laboraturium PDF Cetak Surel
Jumat, 22 Agustus 2014 02:27

PADANG, HALUAN — Relawan RZ (Rumah Zakat) Kota Padang adakan simulasi sekolah siaga bencana (Sigab) di SMA Pem­bangunan Laboraturium. 750 orang komponen sekolah yang terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII, dewan guru, penjaga sekolah, serta pihak keamanan sekolah terlibat dalam simulasi ini.

Skenario simulasi yang dilak­sanakan disusun berdasarkan draft Prosedur Peringatan Dini Dan Penanganan Darurat Kota Padang. Beberapa keterbatasan seperti kesanggupan dan kemampuan pemerintah menjadi pertimbangan dalam penyusunan skenario.

 
Longsor Terjang Hirosima PDF Cetak Surel
Kamis, 21 Agustus 2014 01:40

PULUHAN ORANG TEWAS

TOKYO, HALUAN — Seti­daknya sebanyak 36 orang dilaporkan tewas dan tujuh lainnya hilang akibat bencana longsor menimpa wilayah Hirosima, Jepang.

Longsor ini dipicu akibat skala hujan yang cukup besar di wilayah Jepang dan sekitarnya. Seperti dilansir  daily news, Rabu (20/8), pihak Badan Penang­gula­ngan Bencana setempat mengatakan sebanyak 36 orang dikonfirmasi telah tewas dan 7 lainnya hilang.

 
PU Kesulitan Atasi Banjir PDF Cetak Surel
Kamis, 21 Agustus 2014 01:39

JAKARTA, HALUAN — Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengaku sulit mengatasi banjir kiriman yang terjadi di Jakarta. Kendati demikian PU berhasil menurunkan banjir seperti di Muara Karang setiap tahun 10 cm penurunannya.

“Dengan kondisi yang ada tadi, kita perbaki tanggul yang ada di utara Jakarta. Perbaiki tanggul termasuk bangun tanggul laut,” ujar Hermanto di Jakarta, Selasa (19/8). Hermanto memaparkan di tahun 2025 Jakarta perlu wilayah 50 kilometer persegi di luar fungsinya termasuk jalan lingkar luar dan tanggul.

 
Korban Tewas Hampir 200 Orang PDF Cetak Surel
Rabu, 20 Agustus 2014 01:27

BANJIR DAN LONGSOR DI NEPAL

KHATMANDU, HALUAN —Korban  akibat bencana banjir dan tanah longsor di negara Nepal masih terus bertambah. Sementara  bantuan darurat  disalurkan ke kawasan bencana yang masih terisolasi.

Para pejabat di Nepal  seperti dilansir voaindonesia pada Selasa mengatakan Banjir tiga hari di kawasan Nepal dan India utara menewaskan hampir 200 orang, sementara lebih dari 120 orang lainnya masih hilang.

 
Bekas Banjir Jadi Objek Wisata PDF Cetak Surel
Rabu, 20 Agustus 2014 01:26

PAINAN,HALUAN — Lokasi bekas banjir bandang di Pasir Putih kecamatan Lengayang kabupaten Pesisir Selatan saat ini berobah manjadi taman wisata dan daerah pusat perbelanjaan berbagai jenis makanan,daerah ini semakin hari terjadi lonjakan pengunjung, terutama pada hari libur cukup padat dikun­jungi oleh wisatawan

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Erman menilai , sejak adanya pembangunan pengaman bibir pantai kini daerah bekas banjir bandang yang banyak menelan korban tersebut menjadi lahan bisnis bagi masyarakat, terbukti disepanjang jalan yang putus akibat hantaman banjir bandang yang sudah dibangun kembali dengan jalan beton serta pada daerah pingir pantai yang berada disisi jalan tersebut dilakukan penimbunan, nampak sangat mengun­tungkan kepada masyarakat dalam peningkatan ekonomi terutama bagi para pedagang makanan.

 
5 Kecamatan Rawan Bencana di Sijunjung PDF Cetak Surel
Selasa, 19 Agustus 2014 01:45

BPBD HIMBAU WARGA  WASPADA

SIJUNJUNG, HALUAN — Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung, menghimbau masyarakat  agar mewaspadai  kawasan  rawan bencana di seluruh wilayah kabupaten Sijunjung.

Pasalnya, saat ini sudah memasuki puncak dari cuaca ektrim. Kawasan  rawan bencana banjir dan  longsor  meliputi lima Kecamatan   yakni Kupitan, Sumpur Kudus, Sijunjung, Tanjung Gadang dan Ka­mang Baru.

 
Slamet Semburkan Lava Pijar PDF Cetak Surel
Selasa, 19 Agustus 2014 01:43

JAKARTA, HALUAN — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan aktivitas Gunung Slamet yang berada di perbatasan Kabupaten Pemalang dan Banyumas masih memun­tahkan 52 kali lontaran material pijar dengan ketinggian sekitar 50 meter hingga 400 meter, Senin pagi.

“Selain itu, aktivitas Gunung Slamet juga mengeluarkan dua kali letusan abu berwarna kecokelatan dengan ketinggian sekitar 300 meter hingga 400 meter yang cenderung mengarah ke bagian barat,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet PVMBG di Gambuhan, Sudrajat di Pemalang, Senin.

 
Gunung Marapi Masih Gempa Tremor PDF Cetak Surel
Senin, 18 Agustus 2014 02:41

BUKITTINGGI, HALUAN — Gunung Marapi Sumbar masih ditutupi awan dan kabut, sehingga tidak bisa dipantau secara visual.

Namun dari hasil rekaman kegem­paan di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi Sumbar, masih terdeteksi adanya gempa tremor yang terjadi di Marapi. “Ya, hari ini Gunung Marapi masih mengalami gempa tremor secara terus menerus,” ujar Warseno, Petugas Pos PGA Marapi Sumbar, kemarin. .

 
Banjir dan Longsor Landa Nepal PDF Cetak Surel
Senin, 18 Agustus 2014 02:40

84 TEWAS DAN 156 HILANG

KATHMANDU, HALUAN — Sedikitnya 84 orang tewas di Nepal setelah tanah longsor dan banjir terjadi di seluruh negeri itu akibat hujan lebat yang terus-menerus mengguyur, kata beberapa pejabat di Kathmandu, Minggu (17/8).

Jumlah korban jiwa mencapai 84 setelah 33 mayat ditemukan pada Sabtu (16/8).

 
Akibat Bencana Penduduk Haiti Miskin PDF Cetak Surel
Senin, 18 Agustus 2014 02:40

HAITI, HALUAN — Haiti adalah salah satu negara yang merupakan bekas koloni Prancis. Haiti adalah satu-satunya negara di Benua Amerika, serta yang berada di Pulau Karibia yang masuk daftar paling rentan atas pengaruh climate change atau perubahan iklim yang disusun Malpecroft.

Secara geografi, lokasi Haiti memang sangat rentan terhadap gempa bumi dan angin topan. Negara ini pun telah mengalami sejumlah bencana alam. Di Haiti, penduduk sangat rentan terhadap kemiskinan yang ekstrem, begitu juga permasalahan buruknya kesehatan dasar dan akses ke perawatan kesehatan. Ditambah lagi dengan infrastruktur yang tidak memadai dan sebagian besar penduduknya bergantung pada per­tanian,” kata Maplecroft dalam laporannya dilansir cnbc kemarin.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL