Senin, 26 Januari 2015
Sigab
Gamalama Meletus Lagi PDF Cetak Surel
Selasa, 23 Desember 2014 00:58

TERNATE, HALUAN — Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, Senin sore (22/12) kembali meletus. Letusan di gunung berketinggian 1.715 mdpl itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIT. Letusan juga disertai hem­busan abu vulkanik dan asap tebal dengan jarak semburan mencapai 100 meter dari puncak Gamalama.

Kepala Pusat Data Infor­masi dan Humas dari Badan Nasional Penang­gulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertu­lisnya menyebutkan, dari pantauan petugas di Pos Pengamatan Gunung Gamalama, letusan kali ini muncul dari retakan yang tercipta pada erupsi tahun 2011 lalu.

 
BNPB: Januari Puncak Bencana PDF Cetak Surel
Selasa, 23 Desember 2014 00:57

JAKARTA, HALUAN — Sesuai dengan pola kejadian bencana di Indonesia, Januari adalah puncak kejadian bencana. Sebab, lebih dari 90 persen bencana di Indonesia adalah bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, puting beliung, kekeringan, cuaca ekstrem, dan kebakaran hutan lahan.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kemarin, bencana hidrometeorologi berkorelasi positif dengan pola curah hujan. Dan hampir sebagian besar wilayah Indonesia, puncak hujan terjadi pada Januari. “Selama Desember-Maret, hujan akan tinggi, sehingga pada bulan ini banyak banjir, longsor, dan puting beliung,” kata Sutopo.

 
Korban Mininggal Jadi 93 Orang PDF Cetak Surel
Sabtu, 20 Desember 2014 02:20

LONGSOR BANJARNEGARA

BANJARNEGARA, HALUAN — Jumlah korban meninggal dunia akibat bencana longsor di Du­sun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Ka­rang­kobar, Jawa Tengah terus tertambah. Pada Jumat (19/12) tim Gabungan berhasil meng­evakuasi 7 korban dari timbunan material long­sor.

Koordinator penanggulangan bencana longsor Dandim 0704 Banjarnegara Letkol inf Edy R mengatakan, Tim Gabungan hari Jumat (19/12) berhasil mengevakuasi 7 jenazah yang terdiri dari enam jenazah perempuan dan satu jenazah laki-laki.

 
Gunung Gamalama Meletus PDF Cetak Surel
Sabtu, 20 Desember 2014 02:20

PENDAKI TERJEBAK

TERNATE, HALUAN— Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), pada Kamis malam , pukul 21.41 WIT, meletus dengan menyemburkan abu vulka­nik setinggi 200 meter dari puncak itu. Kepala Pos Pengamatan Gu­nung Api Gamalama, Darno Lamane, mengatakan, letusan pertama pada pukul 21.41 WIT tersebut diikuti lagi dengan letusan kedua pada pukul 22.45 WIT dengan ketinggian semburan abu vulkanik 200 meter.

Abu vulkanik yang disemburkan gunung api setinggi 1.700 meter lebih dari permukaan laut itu menyebar ke sejumlah wilayah di Kota Ternate, seperti di Kecamatan Pulau Ternate, Ternate Selatan, Ternate Tengah, dan Ternate Utara.

 
Puting Beliung Terjang Bandung PDF Cetak Surel
Sabtu, 20 Desember 2014 02:20

BANDUNG, HALUAN— Rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung di kawasan Bandung Timur, masih bertahan dirumahnya masing-masing dan sebagian mengungsi di rumah tetang­ga. Sampai saat ini belum ada tempat pengungsian.

Hingga Jumat (19/12) dinihari, aliran listrik mati akibat kabel listrik yang melintasi kawasan tersebut putus tertimpa pohon yang tumbang. Sementara itu, warga dan polisi tetap berjaga-jaga di sekitar lokasi. Tercatat rumah yang rusak akibat angin puting beliung tersebut mencapai 500 ru­mah.

 
Transmigrasi Zona Merah Gagal PDF Cetak Surel
Selasa, 16 Desember 2014 01:55

PEMKAB TAWARKAN ALTERNATIF

MANINJAU, HALUAN — Karena gagal melakukan transmigrasi, Pemerintah Kabupaten Agam mena­warkan sejumlah alternatif jalan keluar bagi korban bencana alam di zona merah nagari Tanjung Sani, kecamatan Tanjung Raya. Diantaranya dengan mem­berikan bantuan terhadap warga yang akan  mem­bangun rumah di tanah milik sendiri di luar zona merah, bantuan untuk yang sudah membangun ru­mah dan relokasi ke jorong Dama Gadang, Nagari Tanjung Sani.

Menurut Kepala Badan Pe­nang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Bambang Warsito kemarin, sebanyak 107 Kepala Keluarga telah terinventarisir sebagai warga yang menerima alternatif itu, dengan rincian 51 KK akan membangun rumah di tanah milik sendiri, sebanyak 23 KK telah membangun rumah dan yang menerima untuk direlokasi ke Dama Gadang 13 KK. Bantuan yang akan diberi­kan untuk yang membangun rumah sendiri Rp 56 juta.

 
57 Korban Masih Dicari PDF Cetak Surel
Selasa, 16 Desember 2014 01:54

LONGSOR BANJARNEGARA

JAKARTA, HALUAN — Dari operasi pencarian korban longsor Banjanegara hingga Senin (15/12) sore sudah ditemukan 51 korban meninggal dan masih ada 57 jiwa korban yang masih dicari. Sementara pencarian korban sore kemarin terpaksa dihentikan karena hujan dan kondisi cuaca yang tidak mendukung.

"Pada hari ini tim gabungan berhasil menemukan 12 jenazah. Namun operasi pencarian korban dihentikan sementara pada pukul 15.30 Wib kemarin karena kondisi cuaca yang tidak me­mung­kinkan," Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB kepada Haluan, kemarin.

 
BPBD Pasbar Siaga Banjir dan Longsor PDF Cetak Surel
Sabtu, 29 November 2014 02:37

PASBAR, HALUAN — Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, terus me­man­tau dan melakukan pen­ja­gaan 24 jam terhadap dae­rah-daerah yang rawan bencana.

Musim hujan ini, tidak hanya banjir yang dipantau, tetapi juga kemungkinan longsor serta bencana lain. Kepala BPBD Pasaman Barat, Asgiarman kepada Haluan kemarin mengatakan, akibat hujan yang tiada henti mengakibatkan banjir disejumlah wilayah Pasaman Barat. Beberapa wilayah di empat kecamatan terendam banjir. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materil ratusan juta.

 
BMKG: Puncak Musim Hujan Januari PDF Cetak Surel
Sabtu, 29 November 2014 02:36

JAKARTA, HALUAN — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mem­prakirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari 2015, meski selama Novem­ber dan Desember 2014 curah hujan sudah tinggi. “Puncak curah hujan tinggi dipra­kirakan terjadi pada Januari 2015, tapi selama November dan Desember juga sudah tinggi,” kata Kepala Bidang Informasi Iklim BMKG, Evi Lutfiati, di Jakarta, Kamis.

Saat lokakarya pening­katan kapasistas penang­gulangan bencana bagi rela­wan di Provinsi DKI yang digelar Badan Penang­gu­langan Bencana Daerah (BPBD), dia mengatakan, musim hujan mulai terjadi pada November 2014.

 
Luapan Batang Hari Rendam Ratusan Rumah PDF Cetak Surel
Kamis, 27 November 2014 01:33

PADANG, HALUAN — Ratusan kepala keluarga (KK) warga Desa Muaralimun dan Pulaupandan, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi masih bertahan di rumah mereka yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batang Hari yang berhulu di wilayah Sumar dan Kerinci . Hingga Rabu kemarin, wWarga belum mau mengungsi karena khawatir harta benda mereka hilang dicuri orang lain.

Supaya bisa bertahan, warga membuat panggung atau balai-balai di dalam rumah. Namun demikian Badan Penanggulangan Ben­cana Darah (BPBD) Kabu­paten Sarolangon telah mengerahkan petugas dan peralatan evakuasi warga ke dua desa itu. Tenda-tenda pengungsi juga sudah di­dirikan di beberapa lokasi aman dari banjir.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL