PJ BUPATI BUKA MTQ NASIONAL VI MENTAWAI

Syafrizal: Jaga Kerukunan Beragama di Bumi Sikerei


Jumat,23 Desember 2016 - 01:44:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Syafrizal: Jaga Kerukunan Beragama di Bumi Sikerei Pj BUPATI Mentawai H. Syafrizal memukul tabu sebagai tanda pembukaan MTQ Nasional Ke VI Tingkat Kabupaten Mentawai.

MENTAWAI, HALUAN — Pj Bupati  Mentawai H. Sya­frizal secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke VI tahun 2016 tingkat Kabupaten. Acara diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Men­tawai, Rabu (21/12).

Dalam sambutannya Sya­frizal mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan anak didik dalam memahami isi kan­dungan Alquran. Selain itu juga,  kegiatan MTQ ini jangan hanya dimaknai sebagai perlombaan semata, te­tapi harus dijadikan sebagai upaya untuk proses regenerasi, selain upaya untuk meningkatkan kua­litas seni membaca atau menu­liskan Alquran.

“Kegiatan ini bukan hanya dimaknai dengan lomba saja tetapi juga harus mengetahui dan mema­hami isi kandungan Alqur’­an serta diimplementasikan, sehingga keha­kikian nilai-nilai sejati  islam yang benar bisa diinternalisasikan dalam kehi­dupan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kehadiran MTQ ini senantiasa menjadi daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan mas­yarakat. Iven keagamaan ini selain menjadi media keagamaan juga menjadi media silaturahmi semua masyarakat Bumi Sikerei yang tersebar di 10 Kecamatan.

Ia juga mengajak seluruh ele­men untuk selalu menjaga keru­kunan dan toleransi antar umat beragama. Hal ini penting sebagai modal utama kelancaran proses pembangunan di Bumi Sikerei.

“Saya juga mengajak semua elemen tetap menjaga kehar­monisan antar umat beragama, agar proses pembangunan di Bumi Sikerei lancar” tuturnya.

Syafrizal berharap, keme­ria­han MTQ dapat terus terjaga mulai pembukaan sampai pada penutupan, sehingga akan me­motivasi para peserta MTQ untuk dapat memberikan yang terbaik kepada Kecamatan yang diwa­kilinya. Juga diharapkan adanya kerjasama yang baik dari peme­rintah dan masyarakat agar pelak­sanaan MTQ dapat terus dijaga dan terus ditingkatkan kuali­tasnya di masa datang.

Dalam kesempatan itu Ka­kanwil Kemenag Provinsi Sumbar H. Salman Melalui Kabid Uraian dan Binsyar H. Damri Tanjung memberikan apresiasi kepada penyelenggara yang sudah mem­persiapkan kegiatan tersebut, sehingga kegiatan tersebut ber­jalan dengan baik.

“Kegiatan MTQ ini bukan hanya sekedar seremonial dan mencari juara, tetapi, MTQ ini kita jadikan momentum untuk mema­hami secara kolektif  isi kan­dungan Alquran dan meng­apli­kasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik pribadi, keluarga, Masyarakat dan bernegara,” Katanya

Hal senada juga disampaikan wakil ketua II DPRD Mentawai Nikanor Saguruk kegiatan ter­sebut merupakan agenda tahunan yang dianggarkan oleh peme­rintah dan menjadikan hal itu untuk memperkokoh dan mem­pererat hubungan bauk antara umat beragama.

“Melalui kegiatan ini mari kita bangun kebersamaan dan kera­gaman, kita ini warga Negara Indo­nesia, tidak ada hitam dan putih,” ujarnya. Kegiatan tersebut akan dilak­sanakan empat hari, mulai dari Rabu-Sabtu (21-24/2016) yang diikuti 10 kafilah dari 10 keca­matan yang tersebar di pulau mentawai.

Adapun 8 cabang perlombaan yang akan diikuti diantaranya, Tilawah dewasa, remaja dan anak-anak, tilawah TK, tartil dasar, menengah dan umum. Selain itu, khutbah jumat dan azan, bintang qasidah, fahmil quran, tahfiz 1 juz tilawah dan tahfiz non tilawah, musabaqah syahril quran dan sholat berjemaah.

Dari 10 kecamatan yang di­ikutkan masing-masing kafilah terdiri 32 orang peserta dan 5 orang official. Dalam acara pem­bukaan MTQ tersebut dihadiri oleh seluruh unsur forkopinda, muspika kecamatan, muspida, kepala SKPD, tokoh agama dan warga setempat. (adv/ina)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM