TARIF LISTRIK TIDAK NAIK

Subsidi Dialihkan untuk Warga Kurang Mampu


Sabtu,18 Februari 2017 - 06:28:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Subsidi Dialihkan untuk Warga Kurang Mampu Tim PLN Wilayah Sumbar saat menggelar Sosialisasi Subsidi Listrik Tepat Sasaran bekerjasama dengan Bappeda Tanah Datar, Jumat (17/2). HUMAS PLN

TANAH DATAR, HALUAN – PLN Wilayah Sumatera Barat kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Subsidi Listrik Tepat Sasaran. Sosialisasi kali ini diadakan oleh Bappeda Kabupaten Tanah Datar di Aula kantor tersebut, Jum'at (17/02).

 

Sosialisasi yang beragendakan pemberian pemahaman serta mekanisme pengaduan subsidi listrik tersebut dihadiri oleh seluruh camat dan wali nagari di lingkungan Kabupaten Tanah Datar.

 

Kepala Bappeda Tanah Datar, Drs. Alfian Jamrah, M.Si membuka acara dengan memberikan pengarahan kepada para camat, lurah, serta wali nagari mengenai subsidi listrik. Menurutnya, pemerintah selaku regulator melalui Bappeda menyadari pentingnya pemahaman sepenuhnya mengenai subsidi listrik.

 

"Kegiatan ini merupakan program yang terpusat. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama menyukseskan program sosialisasi subsidi listrik tepat sasaran, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar Alfian saat kegiatan sosiasliasi yang dihadiri Manager PLN Area Payakumbuh, Faisal Risa, Deputy Manager Mekanisme Niaga PLN Wilayah Sumatera Barat, Wahyu Bagus Novianto, Manager PLN Rayon Batusangkar, Kasman, serta Manager PLN Rayon Lintau, Kurnia Putra.

 

Manajer PLN Area Payakumbuh pada kesempatan itu mengatakan, per Januari 2017 Pemerintah telah mencanangkan kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran. Artinya, akan ada penyesuaian tarif listrik bagi pelanggan 900 VA yang tergolong rumah tangga mampu.

 

“Tidak ada kenaikan tarif listrik, melainkan pengalihan subsidi dari masyarakat dengan kategori mampu untuk membangun infrastruktur kelistrikan,” jelas Faisal Risa.

 

"Pemerintah melalui Kemensos, TNP2K, dan PLN tidak serta merta menghapus subsidi pelanggan, melainkan telah melakukan pencocokan data terlebih dahulu, guna mengecek ketidaktepatan dalam pemberian subsidi listrik,” jelasnya lagi.

 

Pada kesempatan tersebut dijelaskan pula mengenai alur pengaduan subsidi bagi masyarakat yang ingin mengadu perihal subsidi. Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengaduan dipersilahkan mengisi formulir pengaduan yang telah disiapkan di Nagari atau Kelurahan setempat. Data dari nagari akan diserahkan kepada kecamatan untuk diupload di aplikasi pengaduan. Setelah itu akan diproses dan verifikasi oleh tim verifikasi yang terdiri dari TNP2K, Kementrian ESDM, dan PLN.

 

Kebijakan Subsidi Tepat Sasaran berlaku karena pemerintah melihat adanya ketidakcocokan data antara jumlah masyarakat tidak mampu dengan jumlah pelanggan yang menerima listrik bersubsidi. Selama ini banyak masyarakat mampu yang menikmati listrik. Untuk itulah kemudian dilakukan pembenahan, agar subsidi hanya diberikan bagi masyarakat yang tidak mampu. (h/adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM